Sukses

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Jerawat membandel ini menimbulkan rasa sakit atau gatal.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat batu atau cystic acne adalah jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan serta meninggalkan bekas luka. Jerawat batu merupakan gangguan peradangan pada kulit di bagian kelenjar lemak. Peradangan ini disebabkan oleh sebum yang menyumbat pori-pori. 

Jerawat ini menimbulkan rasa sakit atau gatal. Jerawat batu terdapat pada wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Kondisi berjerawat ini sungguh terasa sangat menyiksa. Kehadiran jerawat batu juga membuat percaya diri menurun karena ukurannya lebih besar dari jenis jerawat lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat batu.

Hormon androgen dipercaya memiliki peranan penting dalam munculnya jerawat batu. Peningkatan hormon ini bisa memicu produksi minyak dan memperbesar risiko tersumbatnya pori-pori, penumpukan bakteri di kulit wajah, serta menimbulkan jerawat. Bakteri yang masuk ke pori-pori dapat menyebabkan area sekitar kulit menjadi meradang, merah dan bengkak. Kondisi ini lebih sering dialami oleh remaja hingga berusia sekitar 20 tahun. 

Selain obat, cara mengatasi jerawat batu juga bisa dilakukan dengan bahan alami yang mudah ditemukan lho. Menariknya lagi perawatan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut cara mengatasi jerawat batu secara alami di rumah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Baking soda dan masker madu

1. Baking soda

Cara mengatasi jerawat batu secara alami dengan menggunakan baking soda. Bahan dasar yang biasanya dipakai untuk membuat kue ini dinilai efektif sebagai cara mengatasi jerawat batu dan bekasnya. 

Cara mengatasi jerawat batu cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna. 

2. Masker Madu

Cara mengatasi jerawat batu secara alami selanjutnya adalah dengan masker dari madu. Masker madu terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.

3 dari 6 halaman

Lidah buaya dan bawang putih

3. Lidah buaya

Cara mengatasi jerawat batu secara alami lainnya adalah lidah buaya. Tumbuhan lidah buaya atau aloe vera umumnya dikenal sangat baik untuk perawatan rambut. Kandungan antioksidan, mineral, vitamin C, dan E dalam lidah buaya ternyata bermanfaat sebagai salah satu cara mengatasi jerawat batu. 

Cara mengatasi jerawat batu dengan lidah buaya yakni kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.

4. Bawang putih

Cara mengatasi jerawat batu selanjutnya adalah dengan hanya menggunakan bawang putih. Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi, dan bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Cara mengatasi jerawat batu dengan bawang putih, ada beberapa cara. Cara pertama, siapkan 3 siung bawang putih. Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus. Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air bersih. 

Cara kedua, ambil 2-4 siung bawang putih, kupas kulitnya. Blender bawang putih tersebut dan tambahkan sedikit air. Aplikasikan pasta tersebut tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-20 menit, lalu cuci muka dengan air bersih.

4 dari 6 halaman

Jeruk nipis dan putih telur

5. Jeruk nipis

Cara mengatasi jerawat batu lainnya bisa dengan jeruk nipis. Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Jeruk nipis memiliki kandungan untuk membunuh bakteri yang ada dikulit wajah, dipercaya jerawat yang membandel pun mampu dihilangkan memakai jeruk nipis. 

Cara mengatasi jerawat batu dengan bahan alami ini yaitu siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajahmu. Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

6. Putih telur

Cara mengatasi jerawat batu secara alami lainnya dengan putih telur. Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah. 

Cara mengatasi jerawat batu menggunakan putih telur, pertama siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

5 dari 6 halaman

Cuka apel dan lemon

7. Cuka apel

Cara mengatasi jerawat batu yang alami dan mudah adalah dengan cuka apel. Selain digunakan untuk bahan minuman. Cuka apel juga dapat digunakan untuk perawatan wajah dan cara mengatasi jerawat batu. Cuka apel ini mengandung asam sitrat yang dapat digunakan untuk perawatan kulit berjerawat. Cara mengatasi jerawat batu dengan cuka apel yakni bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

8. Lemon

Cara mengatasi jerawat batu secara alami yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan lemon. Selama ini, lemon sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya. Seperti yang telah diketahui, kandungan vitamin C mengandung anti bakteri yang dapat membantu membersihkan, mengangkat sel kulit mati, serta membantu menyamarkan bekas jerawat. Di balik manfaatnya, buah lemon juga tinggi akan kandungan atsiri yang tak jarang memicu kulit jadi kering. 

Untuk meminimalisir efek samping tersebut, kamu bisa mencampurkan lemon dengan madu atau air mawar sebelum diaplikasikan ke wajah. Potong lemon menjadi dua bagian, peras sehingga air perasan lemon keluar, kemudian tambahkan madu atau air mawar secukupnya.

Gunakan kapas atau cotton buds untuk mengoleskannya di bagian yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya gunakan lemon hanya untuk mencerahkan noda bekas jerawat, bukan untuk mengeringkan jerawat yang meradang.

6 dari 6 halaman

Kunyit dan kentang

9. Kunyit 

Cara mengatasi jerawat batu yang mudah dan alami bisa dengan kunyit. Kunyit atau Curcuma Longa merupakan salah satu jenis rempah atau bumbu dapur yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, salah satunya dalam mengatasi jerawat batu. Menurut Journal of American Chemical Society, kunyit mengandung berbagai macam sifat anti-oksidan, anti bakteri, anti jamur, dan anti inflamasi.

Cara mengatasi jerawat batu menggunakan kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen. Setelah itu, oleskan campuran kunyit dan minyak wijen tersebut ke seluruh bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin minimal dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Kentang

Cara mengatasi jerawat batu secara alami selanjutnya bisa dengan kentang. Bahan alami yang terakhir yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi jerawat batu adalah kentang. Kentang kaya akan vitamin seperti vitamin A, C B1, B2, dan B6 serta mineral lainnya yang bagus untuk kulit. Kandungan serat dalam kentang bisa menghilangkan semua bakteri dan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat. 

Vitamin A dan C pada kentang bersifat antioksidan dan anti inflamasi. Vitamin B1, B2, dan B6 di kentang dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Cara mengatasi jerawat batu  dengan kentang yakni kupas, potong kemudian haluskan kentang dengan blender. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.