6 Rekomendasi Tempat Makan Bakmi Enak di Seputar Jakarta

Oleh Dinny Mutiah pada 19 Nov 2018, 18:30 WIB
Diperbarui 20 Nov 2018, 16:15 WIB
6 Rekomendasi Tempat Makan Bakmi Enak di Seputar Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim penghujan, perut biasanya akan lebih sering merasa keroncongan. Makanan berkuah bisa menjadi alternatif menghilangkan kelaparan yang melanda. Bila bosan dengan bakso, Anda bisa mencobanya dengan semangkuk bakmi.

Dengan mi kenyal dan kuah tidak sebanjir bakso membuat makanan ini bisa mengenyangkan tanpa terlalu menyesakkan perut. Apalagi, topping-nya bisa dipilih sesuai selera.

Liputan6.com merangkum enam tempat makan bakmi enak di Jakarta, mulai dari yang legendaris hingga kekinian, dari berbagai sumber. Sudah siap menjajalnya malam ini?

1. Bakmi Ayam Uban

Berlokasi di Jalan Muwardi 1 No 7, Grogol, Jakarta Barat, bakmi ayam Uban disebut-sebut salah satu bakmi terenak di Jakarta. Nama uban diambil dari yang pertama kali menjual bakmi tersebut, yakni seorang lelaki yang sudah beruban.

Meski bisa meminta porsi kecil, mi yang terhidang terbilang banyak. Mi tidak terlalu banyak bumbu, tetapi enak dan kenyal dengan rasa minyak ayam yang sedikit manis dan gurih.

Suwiran ayam kampungnya mantap. Anda juga bisa memilih topping ayam kecap dan bebek peking dengan harga berkisar Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu. Ada pula suikiaw (sejenis pangsit berisi udang) untuk memenuhi rasa lapar Anda seharga Rp 5 ribu/buah. Kedai bakmi ini buka mulai pukul 06.00 hingga tengah malam.

2. Bakmi Ayam Yunus

Bakmi ayam Yunus merupakan salah satu kedai bakmi legendaris yang berlokasi di sudut Pasar Tebet Barat, Jakarta Selatan. Buka dari pukul 09.00 WIB, pelanggan kedai yang juga sering didatangi artis-artis, termasuk Yuni Shara dan Krisdayanti ini tak pernah berhenti.

Nama kedai diambil dari nama pemiliknya, Haji Yunus. Tempatnya terdiri dari dua lantai. Bila ingin mencicipinya pada Sabtu-Minggu, Anda sebaiknya datang pagi karena saat makan siang, biasanya tak ada tempat kosong.

Kedai mi ayam itu dirintis sejak 1984. Menu favoritnya adalah mi ayam bakso spesial. Satu porsi seharga Rp 32 ribu itu terdiri dari satu bakso urat besar, tiga bakso halus kecil, mi ayam buatan sendiri, dan pangsit goreng.

 

 

 

2 dari 3 halaman

3. Bakmi Miawyam

Bakmi Jhon
Bakmi Jhon, tempat makan ayam enak di Jalan Sampit, Jakarta Selatan. (dok. Instagram @choclies/https://www.instagram.com/p/BlZ9IkiDj8z/Dinny Mutiah)

Masih berlokasi di sekitar Tebet, tepatnya di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, tidak jauh dari lapangan PSPT. Kedai bakmi yang cukup kekinian ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Bakmi ayam di sini seperti mi ayam Bangka. Daging ayamnya putih, pakai acar, selada, tetapi tanpa tauge. Penyajiannya pakai piring. Meski penyajiannya tak biasa, rasanya bikin nagih terutama disantap malam-malam yang dingin.

Topping yang dipilih beragam, mulai dari bakso, telur puyuh, hingga ceker. Kisaran harganya Rp 18 ribu hingga Rp 28 ribu.

4. Bakmi Jhon

Berlokasi di sudut parkiran BNI Melawai, tepatnya di Jalan Sampit, tak membuat pengunjung Bakmi Jhon menyusut. Bahkan, kedai yang buka mulai pukul 07.00 WIB tak pernah sepi.

Bakmi yang dipakai di sini agak gepeng dengan tingkat kematangan yang pas. Potongan ayam, jamur atau mau ditambah dengan bakso dan pangsit membuat Bakmi Jhon bisa memuaskan perut yang kelaparan.

Karyawan di tempat ini cukup banyak. Karena itu, pesanan bisa langsung datang dalam waktu lima menit saja. Dalam sehari, mereka bisa buat menyajikan sekitar 500 mangkok. Kisaran harga seporsi mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 35 ribu.

3 dari 3 halaman

5. Bakmi Keriting Dua Belibis

Bakmi Boy
Bakmi Boy, salah satu bakmi legendaris yang terletak di Pasar Santa, Jakarta Selatan. (dok. Instagram @cinta_vintage/https://www.instagram.com/p/BnXz5WDH-qB/Dinny Mutiah)

Mie Keriting Dua Belibis berada di Jalan A.A Kali Pasir, Jakarta Pusat, tak jauh dari Kantor Pos Cikini. Nama kedai terpampang pada spanduk berwarna hijau.

Lokasi kedai memang kurang nyaman, apalagi saat hari sedang panas-panasnya. Meski begitu, rasa bakmi di sini patut diacungi jempol. Kisaran harganya relatif terjangkau, mulai Rp 17 ribu hingga Rp 25 ribu.

Salah satu menu khasnya adalah mi keriting mangkok bakso pangsit. Mangkoknya terbuat dari pangsit kering dengan mi keriting dan bakso kenyal. Harganya Rp 25 ribu.

6. Bakmi Boy

Bakmi yang satu ini termasuk legenda. Ada beberapa cabang, salah satunya berlokasi di sekitar Senopati, Jakarta Selatan.

Salah satu yang ditawarkan adalah bakmi ayam jamur komplit reguler yang berisi bakso, pangsit rebus, dan pangsit goreng. Harganya Rp 57 ribu, lebih mahal dari sederet bakmi di atas.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓