Sukses

Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana, Lembut dan Lezat Menggoda

Bahan isinya bisa disesuaikan dengan kesukaan kita masing-masing, seperti isi daging, mie, kornet, rogout ayam atau sayuran

Liputan6.com, Jakarta Kalau kamu pecinta olahan kentang, tentu sudah nggak asing lagi dong dengan kroket kentang? Ya, cara membuat kroket kentang ini masuk ke negara kita saat penjajahan Belanda dan saat ini sudah menjadi satu makanan kesukaan masyarakat kita.

Pada zaman dahulu, yang bisa menikmati makanan yang bentuk fisiknya menyerupai lumpia dan risoles ini adalah orang-orang tertentu. Kini cara membuat kroket kentang ini sudah menjadi kegemaraan banyak orang, terutama anak-anak yang suka dengan tekstur luarnya yang renyah tapi lembut di bagian dalamnya. Nah, cara membuat kroket kentang ini juga cukup mudah dan sederhana. Bahan isinya bisa disesuaikan dengan kesukaan kita masing-masing, seperti isi daging, mie, kornet, rogout ayam atau sayuran.

Meskipun cara membuat kroket kentang ini kelihatannya sudah jadul dan kalah populer dibandingkan dengan resep cemilan modern, tetapi kalau masalah citarasa dan kelezatan tidak kalah enaknya lho. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya penjual kue kroket ini yang mudah di jumpai di mal ataupun pasar dadakan. Bahkan di beberapa acara penting seperti arisan ataupun pertemuan bisnis, kroket daging ataupun mie kroket menjadi salah satu kue cemilan yang disajikan.

Untuk hasil yang lembut dan enak, banyak restoran atau penjual kroket yang menggunakan kentang dari luar negeri. Tetapi kita bisa juga menggunakan kentang dari lokal, asalkan kualitasnya bagus dan masih baru. Selain itu pilih kentang yang bagian luarnya mulus dan tidak busuk supaya nanti rasanya enak dan tidak ada rasa pahit di kroket yang kita buat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips cara membuat kroket kentang

Tips cara membuat kroket kentang supaya hasilnya memuaskan adalah saat membentuk adonanannya. Tekan dan bentuk adonan dengan lembut supaya bentuknya nanti cantik. Kentang untuk membuat kulit kroketnya harus digoreng sebelum dihaluskan atau digoreng. Kalau direbus, biasanya kandungan airnya masih cukup banyak walau sudah ditiriskan.

Nah sudah nggak sabar kan ingin membuat kroket kentang di rumah? Berikut cara membuat kroket kentang sederhana yang lembut dan lezat menggoda seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/11/2018).

3 dari 4 halaman

1. Cara Membuat Kroket Kentang Ayam Spesial

Bahan cara membuat kroket kentang ayam spesial:

1 butir telur ayam, kocok lepas untuk bahan celupan

Tepung panir atau tepung roti secukupnya untuk melapi kulit kroketnya.

Margarin secukupnya untuk menumis bumbu isian kroket kentangnya

100 gram daging ayam, rebus dahulu sampai agak matang kemudian cincang kasar atau potong dadu kecil kecil.

1/2 sdm tepung maizena, campur dengan air sebanyak 1/4 gelas dan aduk sampai rata

1/2 buah bawang bombay, cincang halus

4 siung bawang putih, cincang halus

4 siung bawang merah, cincang halus

2 batang daun bawang, iris kecil-kecil

1/2 batang jagung manis

1 buah wortel, potong dadu kecil

1/2 sdt pala bubuk

Kecap manis secukupnya

Saus tiram secukupnya

Kecap asin secukupnya

Gula pasir secukupnya

Merica halus secukupnya

100 ml susu cair

 

Kulit cara membuat kroket kentang:

Kentang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 500 gram saja.

Kupas kulit luarnya kemudian cuci bersih supaya getahnya hilang dan potong potong kotak supaya mudah dan cepat matang saat akan digoreng nantinya.

Susu bubuk kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja. Bisa diganti juga dengan susu kental manis sebanyak 2-3 sendok makan saja (hilangkan gula pasir kalau pakai SKM).

Telur ayam diambil bagian kuningnya saja sebanyak 1 butir.

Pala halus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.

Merica halus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2-1 sendok kecil. Bisa dihilangkan kalau anak anak benar benar tidak suka pedas.

Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.

 

Cara membuat kroket kentang ayam spesial:

1. Langkah pertama membuat adonan kulit kroketnya, siapkan wajan dengan api sedang dan goreng kentang yang sudah dipotong sampai empuk dan matang. Jangan terlalu gosong ataupun kering supaya nanti mudah saat dihaluskan. Tiriskan dan biarkan sampai dingin sebelum diolah lebih lanjut.

2. Setelah kentang yang digoreng dingin, haluskan kentang sampai benar-benar halus. Bisa menggunakan tumbukan dari kayu atau kalau punya bisa menggunakan food processor supaya lebih cepat.

3. Ambil satu wadah lalu tuang kentang yang sudah dihaluskan dan masukkan bahan kulit lainnya, seperti susu bubuk, pala halus, merica halus, gula pasir, merica halus, garam dapur dan telurnya.

4. Aduk semua bahan sampai benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur kalau dirasa perlu lalu sisihkan.

5. Membuat bahan isian kroket kentangnya, siapkan wajan dengan api sedang kecil dan beri margarin secukupnya.

6. Masukkan potongan bawang bombay, bawang merah dan bawang putihnya lalu tumis dan aduk aduk sampai tercium bau harum tumisan bumbunya.

7. Masukkan potongan daging ayam atau daging cincang atau kroket ke dalam wajan lalu aduk kembali sebentar sampai semua bahan tercampur rata dan ayam berubah warnanya.

8. Masukkan potongan wortel dan jagung manisnya lalu aduk dan masak sampai ayam dan bahan lainnya matang.

9. Tuang kecap manis, kecap asin, saus tiram, gula pasir, merica dan pala bubuknya kemudian aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.

10. Tuang susu cairnya dan tepung maizenanya kemudian aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

11. Masak dan aduk sampai menyusut dan mengental. Tambahkan garam dapur, gula pasir atau bahan lain kalau rasanya kurang pas di lidah.

12. Langkah ketiga membuat kroketnya, ambil adonan kulitnya secukupnya lalu pipihkan di tangan dengan rapi.

13. Ambil bahan isianya secukupnya (kurang lebih 1/2 sampai 1 sendok makan) dan tuang kedalam tangan yang berisi adonan kulitnya.

14. Tutup dan bentuk adonan dengan rapi kemudian sisihkan. Ulangi sampai habis.

15. Ambil kroket di atas dan celupkan ke dalam kocokan telur sampai merata kemudian gulingkan di wadah yang berisi tepung panir sampai rata dan semua bagian tertutup rata.

16. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya.

17. Masukkan kroket diatas dan goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Jangan lupa dibolak balik supaya matangnya merata dan tidak gosong.

18. Ulangi sampai habis kemudian tiriskan.

4 dari 4 halaman

2. Cara Membuat Kroket Kentang Daging Sapi

Bahan cara membuat kroket kentang:

1/2 sdt garam

1 sdm susu bubuk

1/4 sdt merica bubuk

500 gram kentang, kukus, kupas lalu haluskan

1/4 sdt pala bubuk

1 kuning telur

Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:

100 gr tepung panko / panir

2 butir telur

 

Bahan Isi:

1 batang daun bawang

2 siung bawang putih (haluskan)

3 siung bawang merah (haluskan)

1 buah wortel, potong dadu kecil

200 gram daging sapi cincang/ayam

1/4 sdt merica bubuk

3 sdm mentega untuk menumis

1 sdm terigu, beri air (untuk pengental)

Gula pasir & garam secukupnya

 

Cara membuat kroket kentang:

1. Cuci bersih kentang, lalu kukus hingga matang, angkat, kupas kulitnya lalu haluskan.

2. Campur kentang, dengan susu bubuk, garam, merica, telur aduk hingga rata. Sisihkan.

3. Untuk adonan isi, panaskan margarin lalu tumis bawang putih, bawang merah hingga harum. Masukkan daging, wotel, aduk rata. Tambahkan air, garam, dan merica halus. Aduk hingga rata, masukkan terigu yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Angkat, dan dinginkan.

4. Ambil 2 sdm adonan kentang, pipihkan di atas plastik atau tangan yang sudah diolesi minyak lalu beri adonan isi, tutup.

5. Ambil kroket, gulingkan ke dalam tepung panko atau panir, kemudian celupkan ke dalam telur kocok, gulingkan lagi dalam tepung roti.

6. Panaskan minyak sampai panas, lalu goreng hingga kecokelatan (kroket harus terendam minyak, minyak yang sedikit bisa membuat kroket mudah pecah.

7. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan teh hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini