5 Tips Ini Wajib Diperhatikan Saat Ingin Diet, Apa Saja?

Oleh Putu Elmira pada 17 Nov 2018, 17:30 WIB
5 Tips Ini Wajib Diperhatikan Saat Ingin Diet, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang karena dapat mendukung penampilan. Kendati demikian, ada beragam hal yang harus dilakukan untuk mendapat bentuk tubuh serta berat badan yang diinginkan.

Diet pun menjadi solusi menurunkan berat badan yang diyakini dapat meningkatkan percaya diri seseorang. Namun sebelum diet, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Apa saja? Yuk, simak rangkuman lengkapnya seperti dilansir dari Cashbac berikut ini.

1. Hitung Kalori

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat melakukan diet adalah menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh. Agar mendapat berat badan ideal, Anda tidak boleh makan lebih dari 1500 kalori. Jagalah supaya kalori tetap stabil berada di 1300, sehingga saat anda melakukan cheat eating, kalori akan tetap terjaga.

Lalu bagaimana cara menghitung kalori? Anda bisa mencari daftar kalori sebuah makanan di internet. Perlu diingat, tidak semua angka di internet akurat. Lebihkan sedikit kalori agar asupan tidak terlalu berlebih.

2. Mengganti Asupan Nasi

Mengganti asupan nasi bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsinya. Kurangi nasi hingga setengah dari porsi biasanya. Jika ingin diet bekerja secara maksimal, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Lebih baik lagi jika anda mulai membiasakan diri untuk mengganti asupan karbohidrat dengan ubi-ubian yang direbus.

3. Makan Makanan yang Sehat

Menghitung kalori memang efektif, tapi Anda juga harus memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke tubuh. Misalnya Anda harus memilih satu buah tahu goreng yang memiliki seratus kalori atau satu mangkuk besar salad dengan ayam panggang yang memiliki 200 kalori, tentu saja lebih baik memilih salad. Makanan ini akan lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan tepung dan minyak yang ada pada tahu goreng.

4. Makan Lima Hari Sekali

Hasil dari penelitian mengatakan walaupun Anda makan dengan porsi normal namun dimakan sedikit demi sedikit bisa membuat pencernaan lancar dan makanan diproses secara efektif. Makan lima kali sehari juga bisa membantu Anda menunda lapar.

5. Berolahraga

Diet harus diimbangi dengan olahraga. Olahraga ringan di rumah sudah cukup seperti jump rope atau squat dan lakukan secara rutin. Jika telah terbiasa, badan akan mengencang sekaligus segar bugar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Live Streaming

Powered by