Sukses

6 Tips Agar Tak Tertipu Jasa Open Trip

Jasa open trip makin ramai belakangan ini. Berikut 6 tips agar tak tertipu agen open trip.

Liputan6.com, Jakarta - Jasa open trip mulai banyak dikenal orang akhir-akhir ini, terlebih generasi milenial. Jasa ini menyediakan kegiatan traveling dengan mengumpulkan beberapa orang dan mengikuti kesepakatan yang dibuat pihak penyelenggara.

Sebelumnya, sempat beredar seseorang yang tertipu dengan agen jasa open trip. Seperti dilansir merdeka.com, Sabtu, 17 November 2018, ia bersama enam temannya tertarik mengikuti open trip pendakian Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat karena harganya murah yang dilengkapi fasilitas pendukungnya.

Namun, setelah pembayaran dilakukan, admin tersebut mengirimkan pesan perjalanan dibatalkan dan mengganti ke tanggal lain. Belakangan diketahui, admin tersebut tak bisa dihubungi.

Kasus tersebut bisa jadi pelajaran bahwa jasa open trip tak lepas dari penipuan. Beberapa hal berikut bisa dijadikan pegangan jika Anda ingin mengikuti open trip.

Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya dengan penawaran-penawaran jasa open trip. Apalagi, jika sumbernya tak jelas. Hal tersebut bisa berakibat fatal bagi peserta.

Open Trip Tepercaya

Wajib untuk memilih agen open trip tepercaya. Salah satu caranya dengan mengecek akun media sosial agen travel tersebut. Misalnya, sudah berapa lama akun media sosial tersebut dibuat. Jika semakin baru, maka kemungkinan tertipu lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Testimoni Peserta

Dari akun media sosial akan diketahui apakah ada peserta yang memberikan testimoni atau tidak terhadap jasa open trip yang dilakukan. Berapa banyak peserta yang memberikan testimoni dan berapa banyak lokasi yang sempat dikunjungi.

Cek Agen Travel

Selain akun media sosialnya, hal yang juga penting adalah mengecek agen travel tersebut. Misalnya, tentang badan hukum agen open travel tersebut. Bisa jadi agen travel open trip tak punya badan hukum. Kalau bisa, Anda bisa datangi kantor agen tersebut.

Tanya Teman

Usahakan tanya teman yang pernah melakukan open trip. Biasanya, mereka akan memberi masukan agen-agen open trip tepercaya.

Selalu Hati-Hati

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah selalu hati-hati. Bisa jadi referensi teman tak sesuai dengan yang Anda harapkan. Setidaknya, dengan memperhatikan hal-hal tersebut akan meminimalisir penipuan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.