Cara Membuat Jus Jeruk Peras yang Super Segar dan Nikmat, Pas Diminum Saat Panas Terik

Oleh Septika Shidqiyyah pada 16 Nov 2018, 10:30 WIB
Diperbarui 16 Nov 2018, 10:30 WIB
Jus Jeruk Peras
Perbesar
Ilustrasi Jus Jeruk Peras (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Saat cuaca sedang panas terik, jus jeruk terasa lebih nikmat dan membuat segar seketika. Ya, tentu kamu sudah mengerti jika buah-buahan yang dijadikan sebagai bahan utama olahan minuman jus mempunyai kandungan vitamin, gizi, nutrisi serta enzim. 

Itulah yang menjadi alasan utama olahan jus jeruk menjadi salah satu minuman kesehatan yang disukai banyak orang. Selain cita rasa yang nikmat, cara membuatnya juga tidak sulit, hanya perlu menyediakan sebuah blender atau food processor. 

Tapi kamu tahu nggak sih, minuman jus yang diolah menggunakan mesin blender sebenarnya termasuk dalam kategori smoothies?

Ciri-ciri smoothies:

- Jus alias smoothies teksturnya kental, membuat kenyang dan berbentuk seperti bubur buah. Sedangkan minuman jus (juice) yang sebenarnya ialah sari buah, biasanya diolah menggunakan mesin bernama juice extractor.

- Meskipun begitu, dua-duanya mempunyai khasiat kesehatan yang sama, hanya beda dari segi tampilan dan bentuk. Tidak mengapa apabila kamu menamai smoothies dengan minuman jus, karena penduduk Indonesia lebih familiar dengan nama tersebut.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tips mudah Mengolah Minuman Jus Jeruk Supaya Memiliki Rasa Segar

- Usahakan menggunakan komposisi buah-buahan yang masih segar supaya rasa dan kandungan vitaminnya bisa diperoleh secara sempurna.

- Hindari mencampur dua bahan atau lebih dengan bau yang keduanya sama kuat atau tajam.

- Agar tampilan jus lebih menarik, gunakan macam-macam variasi bahan yang beraneka warna. Contohnya jus (nama judul) campur jambu merah (buah jenis lain).

- Jangan ragu untuk memasukan air perasan jeruk nipis pada jus bikinan karena air tersebut dapat memperkaya cita rasa sekaligus menghilangkan bau tidak sedap terhadap bahan tertentu.

- Air perasan jeruk nipis bisa membuat minuman jus menjadi lebih enak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3 Pilihan supaya minuman jus menjadi lebih segar:

1. Campurkan es serut ke dalam blender bersama bahan yang lain.

2. Gunakan air es dingin bukan air putih biasa.

3. Gunakan air putih lalu masukan beberapa potongan es batu di atas jus yang siap saji. 

Apabila memungkinkan, jangan masukkan pemanis, susu kental manis ataupun sirup karena dapat menghambat penyerapan zat vitamin oleh tubuh. Namun bila mengharuskan, buatlah sirup gula. Caranya didihkan gula pasir menggunakan air dengan komparasi 1:1. Pemanis gula lebih mudah larut dan menyatu dengan minuman jus dibanding gula pasir biasa.

Setelah selesai, sebaiknya jus segera diminum karena bila terlalu lama dibiarkan maka vitamin dalam minuman jus akan dirusak oleh oksigen dan ultraviolet, akibatnya cita rasanya tidak enak dan juga manfaatnya tidak maksimal.

Waktu terbaik untuk mengkonsumsi minuman jus ialah sebelum makan supaya penyerapan berbagai zat gizi di dalamnya bisa maksimal. Ukuran jus bagi anak berumur 6 bulan ke bawah baiknya tidak melebihi dari 177 ml atau kurang dari 1 gelas standar per hari.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tips Cara Membuat Jus Jeruk

Jika memakai juicer, gunakanlah hanya buahnya saja sedangkan bahan pendukung semisal susu, air putih, sirup gula, madu disisihkan. Kamu bisa menambahkan es batu setelah sari buah keluar atau memasukkannya ke dalam kulkas agar minuman jus lebih segar.

Kembali ke penjelasan awal, jus adalah sari buah yang diolah dengan cara memeras kandungan air dalam buah tersebut. Oleh sebab itu yang dihasilkan ialah sari buah, perut akan terhindar dari rasa tidak nyaman atau mual. Berbeda apabila memakai mesin blender, di mana yang diperoleh ialah bubur buah dengan tekstur kental dan mengenyangkan perut tentu akan jenuh jika terus meminumnya setiap hari. 

Solusi mudahnya, pakailah kain tipis (kasa) atau menggunakan saringan khusus untuk memisahkan jus dengan buih maupun serat-serat buah yang tidak hancur dengan sempurna. 

Berikut cara membuat jus jeruk peras yang mudah seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/11/2018).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Membuat Jus Jeruk

jus jeruk peras
Perbesar
Ilustrasi jus jeruk peras (Sumber: Unsplash)

Bahan cara membuat jus jeruk:

- Dua buah jeruk yang sudah matang

- 80 ml gula cair, air mineral secukupnya

- Es batu seperlunya

- Mesin blender

Cara Membuat Jus Jeruk:

1. Cuci semua bahan dan kupas kulitnya.

2. Campurkan semua ke dalam blender dan proses sampai halus.

3. Saring berikutnya tuangkan ke dalam gelas.. Sajikan dengan segera.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Membuat Jus Jeruk Peras

Bahan cara membuat jus jeruk peras:

- 5 buah jeruk peras segar

- Es batu secukupnya

- Air matang secukupnya

- 35 ml gula cair

- 25 ml susu kental manis putih

Cara membuat jus jeruk peras:

1. Sebelum mengolah jeruk menjadi jus jeruk, pastikan dahulu bahwa jeruk yang kamu pilih adalah jeruk yang matang serta memiliki rasa manis.  Jeruk matang ditandai dengan warna kulit jeruk yang kuning dan permukaan kulit yang mengilat.  Bau jeruk juga sangat harum serta tekstur jeruk yang sedikit lebih lunak. 

2. Belah jeruk tersebut hingga menjadi 2 bagian yang sama besar.

3. Ambil blender dan peras jeruk tadi hingga airnya keluar dan tampung dalam gelas blender.

4. Gunakan saringan untuk memisahkan antara air jeruk serta biji jeruk.  Biji jeruk yang ikut terolah akan memberikan rasa pahit yang tentu saja akan merusak rasa dari jus jeruk nantinya.

5. Di dalam gelas blender tadi masukan bahan-bahan lain seperti air matang dan gula cair. Hidupkan blender dan haluskan bahan-bahan tersebut hingga menyatu dan lembut.

6. Tuangkan air jeruk yang sudah di blender tadi pada gelas saji. Tambahkan susu kental manis putih dan es batu secukupnya.  jus jeruk peras siap untuk dinikmati.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya