Cara Membuat Donat JCo Lembut di Rumah, Empuk dan Bikin Ketagihan

Oleh Rizky Mandasari pada 16 Nov 2018, 13:11 WIB
Diperbarui 16 Nov 2018, 18:15 WIB
Donat

Liputan6.com, Jakarta Donat merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di dunia. Donat sendiri awalnya sudah ada di Amerika Serikat, Inggris, hingga Belanda pada tahun 1800-an. Saat itu, donat disebut dengan roti goreng yang identik dengan bentuk bulat yang memiliki lubang di tengahnya. Biasanya donat akan diberi toping berupa rasa yang manis seperti gula, jeli, maupun selai.

Di Indonesia, tak sedikit pengusaha kuliner yang berinovasi dengan membuat roti goreng berlubang ini. Mereka meramu sendiri camilan satu ini dan dijual dengan harga yang lumayan. Salah satu donat terkenal enak di Indonesia adalah JCo. Cara membuat donat JCo merupakan sebuah restoran yang menyajikan varian rasa donat, yogurt, hingga kopi. JCo sendiri mulanya didirikan seorang pengusaha donat di Lippo Karawaci pada tahun 2006 silam.

Siapa yang tidak mengetahui kelembutan dan kelezatan kue berbentuk roda dari JCo Donuts & Coffee. Ya, memang restaurant ini juga menjual kopi dan yogurt, tetapi memang yang paling dikenal orang adalah donat JCo-nya. Cara membuat donat JCo memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis donat lainnya. Untuk itu, kalau kita bisa membuat sendiri di rumah tentu lebih menyenangkan dan ekonomis.

Sebenarnya kita sudah mempunyai berbagai macam resep donat yang juga cukup enak dan lezat juga. Sebut saja resep donat kentang, donat madu, donat kampung atau donat goreng. Tetapi memang kalau dilihat, tekstur dan citarasa kue donat asli Indonesia dengan resep donat JCo sedikit berbeda. Walaupun keduanya sama sama enak dan empuk, tekstur donat dari JCo memang lebih lembut. Kalau kita perhatikan, ini disebabkan pori pori yang ada di kue donat JCo memang sedikit berbeda dan agak lebar lebar. Hal ini lah yang menyebabkan kue ini teksturnya kelihatan lebih lembut dan empuk.

2 of 4

Menggunakan tepung khusus

cara membuat donat
cara membuat donat (sumber: unsplash)

Untuk cara membuat donat JCo, memang ada tepung khusus yang biasa digunakan supaya hasilnya lembut dan empuk di dalamnya, yaitu tepung komachi atau tepung Jepang. Kalau masalah harga, tentu saja tepung spesial donat ini harganya lebih mahal daripada tepung yang biasa kita gunakan untuk membuat donat biasa. Tetapi kalau kamu susah mencari tepung komachi ini, kita bisa mengganti bahan tepung terigu kualitas bagus yang mempunyai kadar protein tinggi. Ingat, tepung yang digunakan untuk membuat donat empuk ala JCo ini harus mempunyai kadar protein tinggi karena kalau salah, hasilnya nanti akan bantet dan keras di dalamnya. Tepung juga harus benar benar bersih dan diayak dahulu supaya bersih dari segala kotoran yang mungkin menempel.

Untuk cara membuat donat Jco yang empuk dan lembut, bahan yang kita gunakan nanti akan dibagi menjadi 2 bagian tersendiri yang nantinya akan dicampur. Selain itu supaya donatnya nanti empuk dan mengembang sempurna, adonan pertama dan kedua harus didiamkan terlebih dahulu supaya mengembang sempurna.

Semakin penasaran kan? Berikut cara membuat donat JCo yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/11/2018).

3 of 4

Bahan pertama cara membuat donat JCo:

Donat
Ilustrasi Foto Donat (iStockphoto)

22 gram tepung terigu protein tinggi. Sebaiknya memakai tepung komachi / tepung Jepang, tetapi bisa diganti dengan tepung cakra supaya lebih ekonomis.

1/8 sdt garam halus

7 gram ragi instan

150 ml air bersih

 

Bahan kedua cara membuat donat Jco:

50 gram tepung terigu protein tinggi

1/2 butir telur ayam lalu kocok lepas 15 gram susu bubuk full cream

30 gram gula pasir

30 gram mentega putih yang tidak ada rasa

4 of 4

Cara membuat donat JCo yang empuk:

1. Langkah pertama ayak dan saring tepung di bahan pertama dan bahan kedua sampai benar-benar halus dan tidak ada kotoran yang menempel.

2. Siapkan wadah dan masukkan bahan-bahan donat di bahan pertama (tepung terigu, ragi, garam halus) lalu aduk sampai rata.

3. Masukkan air di bahan pertama dan aduk menggunakan mixer sampai semua adonan tercampur rata lalu tutup wadah dan diamkan adonan sekitar 80-90 menitan supaya mengembang sempurna.

4. Masukkan semua bahan kedua ke dalam wadah bahan pertama, seperti tepung, susu, mentega putih, gula pasir dan telurnya lalu aduk dan uleni adonan tersebut menggunakan tangan sampai kalis dan elastis.

5. Tutup wadah adonan kembali dan diamkan supaya tercampur dan mengembang kurang lebih selama 1/4 jam saja.

6. Ambil adonan secukupnya lalu bulatkan dan bentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Lebih baik kalau menggunakan cetakan donat supaya lebih rapi.

7. Ulangi sampai semua adonan selesai dibentuk lalu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit saja.

8. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak secukupnya sampai bagian bawah donat tidak menyentuh dasar penggorengan.

9. Tunggu minyak sampai panas lalu masukkan adonan donat JCo. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna.

Lanjutkan Membaca ↓