Mengenal Opak, Kudapan Khas di Sinetron Keluarga Cemara

Oleh Putu Elmira pada 15 Nov 2018, 13:15 WIB
Diperbarui 15 Nov 2018, 14:18 WIB
Mengenal Opak, Kudapan Khas di Sinetron Keluarga Cemara

Liputan6.com, Jakarta - Sinetron yang terkenal di era 90-an, Keluarga Cemara belakangan jadi sorotan, lantaran bakal diangkat ke layar lebar. Rencananya, film yang disutradarai oleh Yandy Laurens tersebut bakal tayang di bioskop pada 3 Januari 2019.

Sedikit bernostalgia, sinetron Keluarga Cemara menampilkan karakter Abah yang mainkan Adi Kurdi dan Emah oleh Novia Kolopaking, sebelum diganti Aneke Putri dan Lia Waroka. Serta tiga orang putri, Euis (Ceria Hade), Agis (Anisa Pujianti), dan Ara (Pudji Lestari).

Kehidupan Abah, Emak, dan ketiga putrinya dikisahkan sebagai keluarga yang sederhana. Abah adalah seorang penarik becak, sedangkan Emak membuat opak yang akan dijual oleh putri sulungnya, Euis.

Selain soundtrack yang sangat ikonik, sulit rasanya untuk melepas peran opak dalam sisi lain Keluarga Cemara. Dikutip dari kbbi.kemdikbud.go.id, Kamis, (15/11/2018), opak merupakan penganan goreng yang dibuat dari ubi kayu.

Ubi kayu tersebut digiling dan dibumbui, lalu dibentuk bundar dan dipipihkan, kemudian dijemur hingga kering. Jika ingin menikmatinya, Anda dapat menggoreng ubi kayu bundar yang telah dijemur kering. Opak dapat Anda makan sebagai kudapan atau pendamping makanan berat lain sesuai selera.

Selain itu, opak dalam arti lain dapat berarti kerupuk yang terbuat dari ketan dan lainnya. Ada beragam macam opak saat ini. Mulai dari opak singkong, opak becak, opak gambir wijen, opak bawang, kerupuk opak, dan masih banyak lagi. Nah, itu dia opak, kudapan ikonik dari sinetron Keluarga Cemara. Lantas, mana opak yang menjadi favorit Anda dan keluarga?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: