Sukses

12 Fungsi Musik Secara Umum, Nggak Cuma Buat Hiburan Doang

Ternyata musik memiliki banyak manfaat dari berbagai aspek.

Liputan6.com, Jakarta Musik merupakan kawan setia dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dibilang fungsi musik menjadi suatu bagian yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan. Bahkan buat beberapa orang musik adalah salah satu bagian terpenting dalam hidup. Rasanya hampa kalau sehari saja tanpa mendengarkan musik.

Tengok saja tiap pusat perbelanjaan atau tempat nongkrong, setiap harinya pasti memutar musik untuk menemani aktivitasmu. Di kafe, department store, bahkan kendaraan umum pun banyak orang yang mendengarkan musik. Selain itu, beberapa dari kamu pasti pernah belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik. Salah satu jenis seni ini selalu bisa untuk refreshing. Bahkan musik disebut-sebut sebagai bahasa yang universal. Tapi ternyata fungsi musik lebih dari sekadar untuk hiburan lho.

Tanpa disadari, nada-nada yang diatur indah dalam sebuah musik memiliki efek yang besar bagi kehidupan manusia lho. Harmoni suara ini bisa menjadi media untuk mengusir kecemasan atau memberi efek menenangkan, hingga mendongkrak semangat dan membuatmu jadi makin produktif.

Menurut filsuf Plato asal Athena – Yunani, bahwa fungsi musik mempunyai peran cukup dalam kehidupan manusia. Selain itu ia juga menyinggung, jika fungsi musik memiliki pengaruh cukup kuat di bidang politik. Musik bisa untuk kekuatan, kebaikan maupun kejahatan. Bahkan disebutkan kejayaan atau keruntuhan suatu negara dapat disebabkan musik.

Penasaran fungsi musik lainnya? Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/11) beberapa fungsi musik secara umum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sarana berekspresi

1. Fungsi musik untuk mengungkapkan emosi

Bagi seseorang, musik dapat berperan menjadi salah satu media untuk mengungkap perasaan atau emosinya. Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan emosi seseorang. Mereka lebih ekspresif dan efusif dalam mengutarakan pendapat.

 

2. Fungsi musik sebagai sarana komunikasi

Fungsi musik selanjutnya adalah berperan sebagai sarana komunikasi dalam hubungan sosial bermasyarakat. Musik merupakan bahasa universal yang mampu menciptakan perdamaian, solidaritas kemanusiaan, serta dapat memadukan adanya perbedaan-perbedaan. Hal ini akan dapat mendukung terciptanya suatu media komunikasi di antara sesama manusia. Musik telah menjadi bahasa pergaulan serta media komunikasi dalam kehidupan manusia, meskipun mereka berasal dari bangsa yang berbeda-beda. Musik merupakan media komunikasi yang bisa lebih mudah dipahami, meskipun kamu tidak memahami bahasa dari musik yang kamu dengarkan. Contoh nyata yang bisa kamu dapatkan dari fungsi musik sebagai media komunikasi adalah musik mampu mewakili perasaan yang ingin kamu sampaikan kepada orang lain, misalnya ungkapan rasa rindu, rasa cinta, rasa kecewa, dan lain sebagainya.

3 dari 7 halaman

Baik untuk kesehatan

3. Mengurangi tekanan darah

Mengurangi tekanan darah merupakan salah satu fungsi musik. Dengan mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darahnya. Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit dan musik Celtic setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan.

 

4. Bikin berenergi

Selain bisa mendengar suara merdu musisi favoritmu, tanpa disadari mendengarkan musik ternyata bisa membantu meningkatkan energi secara instan lho. Untuk mendapatkan fungsi musik ini genre musik yang cocok didengarkan adalah pop atau techno. Dentuman bass yang menonjol bisa membuat lebih berenergi. Musik jenis ini bakal membuatmu lebih bertenaga dan bergerak lebih cepat. Jadi, jika butuh tambahan energi secara instan ketika sedang bekerja, tak ada salahnya mendengarkan musik.

4 dari 7 halaman

Baik untuk otak

5. Meningkatkan konsentrasi

Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai saran untuk meningkatkan konsentrasi. Para peneliti menjelaskan bahwa setiap jenis musik tertentu bisa meningkatkan emosi positif yang bisa menstimulasi otak untuk meningkatkan konsentrasi. Dalam sebuah studi yang dilakukan Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London, terungkap anak-anak yang rutin mendengar musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

 

6. Fungsi musik untuk meningkatkan IQ dan proses belajar

Sebuah jurnal dari Nature yang berjudul "Musical and Spatial Task Performance" menjelaskan bahwa fungsi musik Mozart bisa membuat kecerdasan meningkat. Menurut hasil penelitian dari tiga peneliti yang bereksperimen dari University of California, Amerika Serikat juga menunjukkan hasil yang positif.

Dalam eksperimen tersebut mereka meminta sekelompok mahasiswa untuk mendengarkan musik klasik karya Wolfgang Amadeus Mozart selama 10 menit. Ternyata kemampuan spatial temporal mahasiswa tersebut meningkat 8-9 persen. Kemampuan spatial temporal adalah kemampuan untuk mengenali ruang, bentuk, dan arah.

5 dari 7 halaman

Musik juga bikin bahagia

7. Memperjelas memori

Mendengarkan musik ternyata bisa memperjelas memori. Dilansir dari University Health News, saraf-saraf otak menjadi lebih aktif saat kamu mendengarkan musik. Sinyal listrik tersebut secara bersamaan dapat merangsang hubungan antara kedua sisi otak, yakni otak kiri dan kanan serta mengaktifkan area otak yang terkait dengan proses emosional, kognitif, dan memori. Jadi, fungsi musik yang dilakukan ketika sedang belajar adalah bisa meningkatkan kemampuan fungsi kognitif otak.

 

8. Meningkatkan produksi dopamin agar bahagia

Mendengarkan musik favorit ternyata dapat meningkatkan produksi hormon dopamin lho. Hormon ini berperan dalam pusat kenikmatan otak. Dengan meningkatnya kadar dopamin, moodmu juga jadi ikut meningkat. Itu sebabnya segala macam gejala badmood yang menyertaimu saat belajar atau bekerja dapat mereda selama kamu mendengarkan musik. Jadi, fungsi musik bisa membuat orang merasa tenang dan bahagia.

6 dari 7 halaman

Mengurangi stres dan menambah daya tahan tubuh

9. Mengurangi stres

Fungsi musik secara umum lainnya adalah dapat memperbaiki suasana hati. Menurut para ilmuwan dari University of Missouri yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stres terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik.

 

10. Fungsi musik untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

7 dari 7 halaman

Dan yang penting adalah sebagai pemersatu bangsa

11. Sebagai simbol budaya

Dalam kehidupan masyarakat seperti masyarakat Indonesia yang memiliki berbagai macam unsur budaya, fungsi musik memiliki andil yang cukup besar dalam mewujudkan nilai-nilai tradisi dari kebudayaan tersebut. Pasalnya, dalam beberapa upacara adat menggunakan musik sebagai pengiring.

 

12. Sebagai salah satu alat pemersatu bangsa

Fungsi musik selanjutnya adalah sebagai salah satu alat pemersatu bangsa. Hal ini terlihat dari tiap-tiap negara yang memiliki lagu kebangsaan. Lagu kebangsaan tersebut dapat mewakili semangat kebangsaan, cita rasa estetik, maupun budaya dari masing-masing negara. Isi dari lagu-lagu tersebut pada intinya adalah untuk membakar semangat kebangsaan bagi warga negara. Salah satu contohnya adalah Indonesia, yang memiliki lagu kebangsaan berjudul Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.