Sukses

3 Cara Membuat Selai Nanas yang Legit dan Tahan Lama

Cocok banget untuk olesan roti atau isian kue.

Liputan6.com, Jakarta Selain diolah menjadi jus atau dimakan langsung, buah nanas juga bisa dimasak menjadi selai nanas. Selai nanas bisa dijadikan olesan roti atau isian kue seperti nastar. Selain membeli di toko, kamu juga bisa membuat sendiri selai nanas lho. Bahan dasar pembuatan selai ini tidak lain adalah buah nanas yang sangat segar atau nanas yang sudah matang agar selai yang dihasilkan manis dan legit. 

Selai nanas buatan sendiri tentunya lebih lezat sesuai selera dan bebas pengawet. Apalagi, cara membuat selai nanas pun terbilang mudah dan nggak ribet. Jika suka selai bertekstur, kamu bisa mencincang buah nanas jadi kasar. Sebaliknya jika suka selai lembut, kamu tinggal memarutnya hingga halus. Tanpa ribet dan mahal, kamu bisa membuat selai nanas yang legit dan aromanya menggugah selera. 

Untuk membuat selai nanas yang enak, pilih jenis nanas yang manis tetapi tidak terlalu banyak air. Seperti nanas Bogor, nanas madu atau nanas Palembang dan Blitar. Sebaiknya jangan memakai nanas Subang karena terlalu banyak mengandung air.

Setelah dikupas dan dibuang matanya hingga bersih. Lumuri sedikit garam seluruh nanas dan diamkan sebentar. Selanjutnya parut nanas dengan parutan kelapa dengan arah memanjang. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, cara membuat selai nanas yang legit dan tahan lama. Sebelum mengetahui cara membuat selai nanas, yuk perhatikan dulu tips dan trik cara membuat selai nanas berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips cara membuat selai nanas:

- Pilihlan nanas yang matang benar, berwarna kuning tua dan nampak ranum segar, agar aroma selainya semakin harum wangi nanas matang.

- Jika tidak punya parutan kelapa, kamu bisa memarut nanas dengan paritan keju yang tajam

- Jangan menghaluskan dengan blender karena seratnya akan hancur seperti bubur dan terlalu banyak air nanas yang keluar.

- Masak nanas terlebih dulu hingga mengental, baru kemudian masukkan gula belakangan. Cara ini akan membuat tekstur selai jadi lebih kesat dan kering.

- Jangan lupa tambahkan sedikit garam, agar rasa selai nanasnya makin enak.

- Jika ingin selai nanas yang semakin kesat dan kering, ratakan di loyang tipis-tipis, kemudian panggang sebentar di oven.

- Selai nanas yang terlalu keras kurang enak buat isian nastar. Karenanya selai nanas harus cukup lunak tetapi legit rasanya dan aromanya harum.

- Agar tahan lama, simpan selai nanas dalam wadah bersih kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas.

- Pastikan area penyimpanan selai nanas bersih dan tidak dekat dengan barang lain yang dapat mengubah rasa serta aroma selai nanas. Seperti, sabun atau kapur barus.

Nah, jika sudah mengetahui tips cara membuat selai nanas, saatnya kamu mempraktekkan cara membuat selai nanas dengan resep yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber berikut ini.

3 dari 5 halaman

1. Cara membuat selai nanas yang tahan lama

Bahan-bahan:

- 1 kg buah nanas

- 500 gr gula pasir

- 2 buah kayu manis

- 4 buah cengkeh

- 1/2 sdt vanili bubuk

- 1/4 sdt garam

Cara membuat selai nanas:

1. Parut nanas hingga halus.

2. Masak nanas dalam wadah hingga mendidih dan airnya agak menyusut.

3. Masukkan kayu manis, vanili dan cengkeh.

4. Masukkan gula dan garam, aduk rata hingga meleleh dan mengental. Masak terus hingga selai susut airnya atau hingga padat sambil diaduk-aduk.

5. Makin kering selai nanas, makin sedikit kadungan airnya, makan akan semakin tahan lama selai nanas yang kamu buat.

6. Selai nanas sudah jadi. Biarkan dingin dan simpan dalam wadah tertutup.

4 dari 5 halaman

2. Cara membuat selai nanas untuk olesan roti

Cara membuat selai nanas untuk olesan roti tawar berbeda dengan cara membuat selai nanas untuk kue nastar. Pasalnya, untuk olesan roti diperlukan selai yang lebih halus, creamy, lembut dan tidak terlalu kering.

Bahan-bahan:

- 1 buah nanas ukuran sedang, cincang kurang lebih hingga menjadi 2 cup

- 3/4 cup gula pasir

- 1/3 cup air

- 1 buah jeruk nipis, buang biji dan iris tipis

- 1/2 sdm butter

Cara membuat selai nanas untuk olesan roti:

- Masukkan nanas cincang, gula pasir, irisan jeruk nipis, air ke dalam panci masak. Aduk rata. Masak dengan api sedang sampai gula pasir larut.

- Biarkan mendidih sambil diaduk-aduk, kemudian tambahkan butter. Aduk rata.

- Masak selama lebih kurang 30 menit dengan api sedang sampai mengental sambil sesekali diaduk, sesuaikan lama memasak dengan kekentalan selai yang diinginkan. Angkat dan dinginkan.

- Jika sudah dingin tempatkan dalam wadah kedap udara atau botol selai kaca yang telah dipanaskan supaya steril, tutup rapat dan simpan dalam kulkas.

- Selai nanas buatanmu siap pakai.

5 dari 5 halaman

3. Cara membuat selai nanas untuk kue nastar

Bahan :

- 1 buah nanas ukuran sedang

- 100gr gula pasir (jumlah gula tergantung tingkat kemanisan nanas)

- 1 buah kayu manis

- 2 buah cengkeh 

Cara membuat selai nanas:

1. Kupas nanas, potong menjadi 4 bagian, lalu potong bagian inti nanas.

2. Parut nanas

3. Masak parutan nanas dengan api sedang, kemudian masukkan kayu manis dan cengkeh. Masak hingga air menyusut sambil terus diaduk

4. Kecilkan api, masukkan gula pasir, masak sampai selai kering dan lengket. Selai akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Selai harus kental, kering dan warnanya agak kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

5. Simpan selai yang sudah dingin di dalam kulkas sampai saatnya digunakan.

6. Jika akan dibuat isian kue, bentuk selai menjadi bola-bola kecil sehingga mudah dijadikan isian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.