Sukses

Cara Menumbuhkan Jiwa Sosial Menurut Chiki Fawzi

Ternyata tak sebegitu sulit, coba deh cara menumbuhkan jiwa sosial ala Chiki Fawzi.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu sudah sering mendengar kalau manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Berangkat dari ide itu, maka jiwa sosial untuk lapang dada menolong orang lain tentunya penting untuk ditumbuhkan.

Menurut Chiki Fawzi, sebenarnya ada beberapa cara sederhana untuk melatih kepedulian pada orang lain. "Bergaul dengan orang baik," tuturnya usai mengisi talkshow di Indonesia Halal Expo (Indhex) di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 1 November 2018.

Chiki percaya, dengan circle yang baik, secara tak langsung seseorang akan mengadopsi kebiasaan orang-orang di sekitarnya. "Tukar pikiran dengan mereka jadi membuat kita menyadari banyak hal, termasuk soal membantu saudara-saudara kita," sambungnya.

Hal ini dilakukan, menurut Chiki, dengan tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya. "Dunia nyata itu sebenarnya lebih asyik. Makanya kita harus sering melibatkan diri secara langsung," sambung dara 29 tahun tersebut.

Kendati demikian, Chiki juga tak menampik kalau dunia maya, terutama media sosial, memiliki peran dalam menyebarkan informasi, bahkan memberi isnirasi. "Aku kan juga pakai (media sosial). Biasanya di sana aku berbagi cerita. Tapi, ya aku memang lebih suka terlibat di dunia nyata," tandasnya.

Chiki Fawzi sendiri dikenal cukup sering mendidikasikan diri sebagai sukarelawan dengan menyambangi desa-desa di wilayah terluar Indonesia demi memajukan pendidikan, juga memberantas buta aksara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.