Sukses

Cara Buat Bakso Ayam Enak dan Sederhana di Rumah, Kenyal Banget

Bosan dengan bakso sapi? Kamu bisa coba buat bakso ayam

Liputan6.com, Jakarta Bakso merupakan salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Cara buat bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Cara buat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat Tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni 'daging giling'. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Cara buat bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya. Cara buat bakso pun juga beraneka ragam dari cara membuat bakso urat hingga cara membuat bakso telur.

Sering kita jumpai pedagang kaki lima yang menjajakan bakso. Dikarenakan semakin ketatnya persaingan di antara pedagang, maka mereka pun berlomba-lomba mendapatkan profit tinggi. Demi mendapatkan pendapatan lebih, tidak sedikit yang kemudian memakai cara nakal. Berikut hal-hal nakal yang dilakukan oleh pedagang bakso.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bahaya bakso dicampur boraks

Sempat geger adanya bakso yang dicampur dengan boraks dengan dalih agar lebih awet. Padahal boraks sendiri dapat menyebabkan kanker hati. Cara mengenali bakso yang menggunakan boraks mudah saja :Bakso boraks mempunyai tekstur yang lebih kenyal. Bahkan jika kamu melemparkan bakso tersebut bisa memantul dan tidak menempel pada lantai.

Jika kamu membeli bakso, biarkan pada tempat terbuka selama 3 hari, maka bakso tersebut masih awet, bahkan tidak ada lalat atau serangga lainnya yang hinggap atau bahkan hanya lewat di atasnya.

Bakso boraks akan memiliki aroma yang tidak alami seperti bakso alami yang memiliki aroma daging yang khas.

Tidak hanya dengan dalih awet dengan menggunakan boraks, muncul juga bakso berbahan daging tikus dengan dalih agar mendapat untung yang lebih besar. Bakso tikus ini cenderung mudah pecah jika dibelah atau ditusuk dengan pisau. Baunya pun lebih amis. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati jika membeli bakso. Jika harganya murah atau miring, kamu patut curiga bahwa daging yang digunakan adalah daging tikus.

Nah, mengerikan bukan jika ternyata bakso yang dijual di pinggir-pinggir jalan bahkan restoran ternyata menggunakan bahan yang membahayakan dan sudah pasti memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Daripada mengambil risiko memakan bakso yang tidak jelas asal-usul pembuatannya, lebih baik membuat sendiri. Berikut cara buat bakso ayam yang kenyal dan enak seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (11/11/2018).

3 dari 6 halaman

Bahan cara buat bakso ayam:

1 kg daging ayam, tanpa tulang, giling

50 gram tepung kanji

1 butir telur

1 sdt lada bubuk

1 sdt garam

4 siung bawang putih, haluskan

2 sdm bawang merah goreng

40 gram es batu, hancurkan

2 L air

4 dari 6 halaman

Cara buat bakso ayam:

1. Masukkan daging ayam yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang telah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

2. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.

4. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.

5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.

6. Lanjutkan hingga semua adonan habis.

7. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat

5 dari 6 halaman

Bahan cara buat kuah bakso:

1/2 kg tulang sapi atau tetelan sapi

12 siung bawang putih, sampai halus untuk ditumis nantinya.

1 bungkus kaldu sapi instan

Merica halus secukupnya

Garam secukupnya

1 liter air bersih

6 dari 6 halaman

Cara buat kuah bakso:

1. Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.

2. Masukkan tetelan dan tulang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik ke atas.

3. Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.

4. Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.

5. Masukkan tumisan bawang putih bersama dengan kaldu sapi, garam dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.

6. Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.