6 Pesohor yang Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional, Siapa Saja?

Oleh Henry Hens pada 10 Nov 2018, 08:29 WIB
6 Pesohor Ini Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia setiap 10 November selalu memperingati Hari Pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, begitu juga dengan Indonesia.

Hari Pahlawan terjadi karena pada 10 November 1945 telah terjadi pertempuran besar dan terberat pada masa awal Revolisi Nasional Indonesia yang dikenal dengan 'Pertempuran Surabaya'. Saat itu, semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri.

Namun, ultimatum tersebut dianggap sebagai penghinaan dan ditolak pihak Indonesia hingga akhirnya terjadi baku tembak. Bung Tomo, KH. Hasyim Asy'ari, dan KH Wahab Hasbullah menjadi beberapa tokoh yang ikut berjuang melawan gencatan yang berlangsung selama hampir tiga minggu.

Apa yang dilakukan dan diperjuangkan para pahlawan nasional kita tentunya diharapkan bisa menginspirasi banyak orang. Dan siapa sangka para pahlawan dan pejuang kemerdekaan itu memiliki generasi penerus yang berkiprah di dunia hiburan.

Lewat karyanya, para generasi penerus sang pahlawan, terbilang sukses menorehkan prestasi gemilang. Siapa saja mereka? Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada enam artis atau pesohor yang merupakan keturunan pahlawan nasional.

2 of 4

Dewi Yull

[Fimela] Dewi Yull
Dewi Yull (instagram/dewiyullofficial)

Aktris dan penyanyi Dewi Yull termasuk keturunan pahlawan nasional. Mantan istri Ray Sahetapy ini adalah cicit dari R.M. Tirto Adhisoerjo, yang merupakan Bapak Pers Nasional. Beliau adalah seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional yang berjuang mendirikan surat kabar 'Medan Prijaji' pada 1907 silam.

Surat kabar tersebut dijadikan sebagai alat propaganda dan pembentuk pendapat umum. Dewi Yull sendiri dikabarkan sering menghadiri acara silaturahmi keluarga besar Ikatan Keluarga Pahlawan Indonesia (IKPI).

Karina Salim

Menilik namanya, mungkin kita sudah bisa menebak kalau Karina Salim ada hubungannnya dengan pahlawan pergerakan nasional Indonesia, H. Agus Salim. Aktris dan penari ini memang cucu dari Agus Salim yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Indonesia.

Agus Salim juga termasuk tokoh pers Indonesia dan pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). Salah satu anak H. Agus Salim adalah Djohan Iskandar Salim, ayah dari Karina Salim.

3 of 4

Dian Sastrowardoyo

[Fimela] Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo (Deki Prayoga/Fimela.com)

Aktris cantik Dian Sastrowardoyo juga termasuk cucu dari salah satu pahlawan nasional. Pemeran Cinta dalam film AADC ini merupakan cucu dari Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo, seorang pahlawan pergerakan nasional. Salah seorang putra Sunario adalah Ariawan Rusdianto Sastrowardoyo, ayah dari Dian Sastrowadoyo.

Sunario juga pernah menjabat Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan, Duta Besar Indonesia untuk Inggris, serta Rektor Universitas Diponegoro (Semarang) pada 1963. Nah, sudah tak heran kan kalau Dian Sastrowardoyo termasuk artis yang cerdas.

Nia Dinata

Sutradara dan produser Nia Dinata juga memiliki darah pahlawan nasional. Pemilik nama asli Nurkurniati Aisyah Dewi ini merupakan putri dari Dicky Iskandar Dinata, anak Raden Otto Iskandar Dinata. Otto Iskandar Dinata yang dikenal dengan julukan si Jalak Harupat, merupakan anggota BPUPKI dan PPKI ini semakin populer pada awal kemerdekaan Indonesia.

Setelah kemerdekaan RI, Otto menjabat sebagai menteri negara di kabinet pertama Soekarno-Hatta. Nama Otto dikenal luas sebagai nama jalan Otista (singkatan nama Otto Iskandar Dinata) di kawasan Jakarta Timur dan kemudian sebagai nama stadion sepakbola di Soreang, kabupaten Bandung, Jawa Barat.

4 of 4

Maia Estianty

[Bintang] Maia Estianty
Maia Estianty (Instagram/maiaestiantyreal)

Rasanya sudah banyak yang tahu kalau Maia Estianty termasuk artis keturunan pahlawan. Wanita yang baru saja menikah dengan Irwan Mussry ini adalah cicit dari pahlawan nasional Indonesia, HOS Tjokroaminoto, yang merupakan seorang pemimpin salah satu organisasi pergerakan nasional, Sarekat Islam (SI).

Ibu tiga anak ini merasa bangga menjadi salah satu cicit dari HOS Tjokroaminoto yang diketahuinya sejak masih di bangku Sekolah Dasar (SD). Maia Estianty ikut bermain dalam film biopik tentang Tjokroaminoto yaitu Guru Bangsa: Tjokroaminoto di tahun 2015 lalu.

Ricky Harun

Aktor Ricky Harun sebenarnya bukan termasuk keluarga keturunan pahlawan nasional. Namun ini memiliki hubungan keluarga dengan Ir. Soekarno atau Bung Karno, yang merupakan presiden pertama Republik Indonesia dan salah satu tokoh terpenting di negeri ini bersama Bung Hatta.

Itu bisa terjadi karena ayah tirinya, Hendra Rahtomo, merupakan putra dari Rachmawati Soekarnoputri dan cucu dari Bung Karno. Ayah kandung Ricky adalah Ardy Gustav yang bercerai dari Donna Harun. Setelah itu, ibunda Ricky menikah dengan Hendra Rahtomo atau Rommy Soekarno. Meski bukan keturunan langsung, hubungan Ricky Harun dengan keluarga besar Bung Karno cukup dekat dan akrab.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓