Sukses

Cara Membuat Kue Brownies Panggang Sederhana, Enak dan Menggugah Selera

Brownies panggang diolah dengan oven tekturnya lebih garing

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka dengan kue brownies? Cara membuat kue brownies ini memang memiliki banyak penggemar. Sayangnya banyak orang yang malas membuat kue ini. Banyak yang mengira jika brownies sulit dibuat dan memiliki bahan yang sukar ditemukan, padahal pembuatan brownies sangat mudah dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Kunci cara membuat kue brownies yang lezat ada pada bahan dan kelengkapan alat membuatnya.

Bagi penyuka kudapan manis, brownies kerap masuk dalam daftar makanan yang harus tersedia dalam daftar snack yang akan disantap. Apalagi, identik dengan cokelat yang gurih brownies belakangan juga banyak ditenteng sebagai buah tangan saat berkunjung ke rumah sanak family ataupun relasi.

 

Baca juga:

 

Cara membuat kue brownies kini sudah menjadi salah satu kue basah favorit banyak orang. Baik itu brownies kukus sederhana ataupun brownies kukus premium dengan citarasa lumeran dark chocolate yang super enak dan menggiurkan. Bahkan tak heran jika saat ini kue brownies juga dijual secara online karena banyaknya peminat.

Brownies sendiri memiliki dua macam, yakni yang kukus dan panggang. Namun keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula. Kalau cara membuat kue brownies kukus teksturnya lebih lembut dan sedikit basah hingga tidak bikin seret ketika dimakan. Sementara itu, cara membuat kue brownies panggang diolah dengan oven tekturnya lebih garing karena tampilannya yang kering dan lembut di dalam.

Baik brownies kukus dan panggang memiliki citarasa yang menggoda. Namun semuanya tergantung selera setiap orang, ada yang suka lembut dan ada yang garing. Berbicara cara membuat kue brownies, ternyata kue cokelat basah yang satu ini memiliki beberapa kreasi rasa dan bentuk yang menggoda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Topping pada brownies panggang juga menambah cita rasa

Untuk menambah rasa brownies, bisa juga dikreasikan dengan toping pilihan seperti kacang mete, almond, keju, nutella dan buah stroberry. Bahan utama yang digunakan untuk bikin brownies juga berpengaruh sangat besar ke rasa.

Selain toping yang digunakan, untuk menambah inovasi rasa di setiap potongan kue brownies dengan menambahkan selai di tengah-tengah kue brownies. Mulai dari selai stroberry, selai nanas, selai blueberry, selai cokelat, kacang, selai apel bahkan nutella manis. Cara membuat kue brownies yang dasarnya memiliki rasa cokelat sehingga mudah dikreasikan dengan apa saja. Dan rasanya pun tetap enak dan menggoda.

 

Baca juga:

 

Banyaknya peminat olahan brownies aneka rasa, kini brownies pun seringkali dijadikan salah satu menu andalan di sebuah toko kue. Beberapa brand tenama brownies ini seolah berlomba-lomba menciptakan inovasi baru disetiap olahan brownies kukus, brownies panggang dan brownies bakar dengan macam bahan dan bentuk agar menarik pembeli.

Saking banyaknya pencinta brownies, kini banyak bermunculan resep brownies yang bermacam-macam. Mulai dari cara membuat kue brownies tanpa mixer, brownies majic com, brownies tanpa oven (kukus), brownies kukus sederhana, brownies tanpa telur dan masih banyak lainnya. Yah terlepas dari itu semua, kekurangan utama dari kue brownis ini adalah harganya yang relatif mahal dan mending bikin sendiri saja di rumah.

Tak perlu khawatir ribet, ada cara membuat kue brownies panggang yang mudah dan sederhana kok. Berikut cara membuat kue brownies panggang sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/11/2018).

3 dari 4 halaman

Kue Brownies Panggang

Bahan cara membuat kue brownies panggang:

250 gram tepung terigu

400 gram margarin

6 butir telur, kocok sebentar

500 gram dark chocolate, cincang kasar

300 gram gula

1 sdt garam

 

Cara membuat kue brownies panggang:

1. Lelehkan margarin dengan api kecil.

2. Setelah margarin meleleh, matikan api lalu tambahkan dark chocolate yang telah dicincang, gula pasir, dan garam. Aduk hingga coklat meleleh. Angkat dan dinginkan.

3. Setelah itu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan telur yang telah dikocok. Aduk hingga rata.

4. Siapkan 2 loyang yang hendak dipakai. Olesi dengan margarin. Tuang adonan pada 2 loyang tersebut.

5. Panggang dalam oven pada suhu 170 selama 45 menit.

6. Usai dipanggang, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 4 halaman

Kue Brownies Keju

Bahan membuat kue brownies keju:

90 gram tepung terigu

4 butir telur

25 gram susu bubuk vanila

50 gram white chocolate, lelehkan

50 gram keju

30 gram mentega, lelehkan

120 gram gula

1 sdt garam

1 sdt baking powder

1 sdm cake emulsifier (SP/TBM)

 

Cara membuat kue brownies keju:

1. Tim keju dengan menggunakan 2 sdm air panas hingga meleleh. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu dengan baking powder dan susu bubuk. Sisihkan.

3. Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier sampai berbusa dan pucat.

4. Masukkan tepung terigu, baking powder dan susu bubuk yang telah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

5. Tambahkan keju yang telah dilelehkan, white chocolate, mentega, dan garam. Aduk hingga rata

6. Siapkan loyang yang hendak dipakai dan olesi dengan mentega.

7. Tuang adonan ke dalam loyang.

8. Panggang dalam oven pada suhu 170 selama 45 menit.

9. Usai dipanggang, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini