Sukses

Cara Membuat Puding Buah Sederhana, Enak dan Menggugah Selera

Segar banget. Apalagi dinikmati di siang yang panas.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kudapan yang cocok dinikmati di saat cuaca terik adalah puding. Cara membuat puding buah memiliki tekstur yang lembut di mulut, membuatnya cocok sebagai hidangan penutup untuk mengakhiri santap lezatmu. 

Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti 'sosis darah', dari bahasa Latin, botellus yang berarti 'sosis kecil'. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. 

Tidak semua jenis puding rasanya manis, misalnya saja seperti suet pudding (puding lemak) yaitu jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu dengan campuran lemak domba atau lemak sapi. Di Inggris, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang terbuat dari telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang.

Cara membuat puding buah yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur. Umumnya dengan rasa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Jenis cara membuat puding ini dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Selain itu, juga ada puding agar-agar. Jenis ini adalah puding yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, tepung maizena, dan telur kocok. Cara membuat puding agar-agar ini juga biasanya dihidangkan dengan saus fla. 

Di Indonesia, jenis puding sendiri banyak memanfaatkan bahan-bahan seperti kelapa muda, santan, tape ketan hitam, campuran daun suji, daun pandan dan gula merah. Cara membuat puding buah di Indonesia juga menggunakan buah-buahan seperti jeruk, nanas, sirsak, mangga, dan markisa. 

Tidak bisa dipungkiri lagi jika puding memang masih menjadi cemilan andalan keluarga. Selain suguhan rasanya yang enak juga teksturnya yang lembut dan baik bagi pencernaan. Selain enak dan lembut, kandungan serat kudapan ini bagus sekali untuk melancarkan metabolisme tubuh dan banyak mengandung antioksidan. Selain itu, cara membuat puding buah susu ini juga banyak mengandung protein, vitamin dan beberapa mineral penting lainnya. Karena kedua bahan dasar puding tersebut terbuat dari rumput laut yang banyak mengandung serat alami, maka pas juga buat teman-teman yang lagi program diet sehat.

Selain itu desert satu ini juga bisa digunakan untuk mengganjal lapar karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi sehingga perlu waktu lama untuk mencernanya. Nah, banyaknya varian rasa dari puding, tentu yang saus karamel lebih mudah dibuat daripada varian lainnya. 

Dikarenakan cara membuat puding buah sederhana, jadi tidak memerlukan keahlian khusus dalam pembuatannya. Berikut cara membuat puding buah sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Puding Buah Naga

Salah satu olahan yang paling enak dan mudah dibuat yaitu puding buah naga. Dengan campuran buah, maka puding akan semakin nikmat untuk dimakan sebagai camilan sekaligus menyehatkan. Dan kandungannya yang memiliki banyak sekali manfaat sangat baik dalam pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh, cocok buat dikonsumsi secara rutin.

Bahan cara membuat puding buah naga:

- 1 bungkus agar

-agar swallow

- 3 gelas air

- 1 gelas gula

- 1/2 buah naga merah yang kecil

- 1/2 bungkus santan instan kecil

- Sejumput vanili dan garam, untuk dicampur ke panci kedua yang berisi agar-agar dan santan

Cara membuat puding buah naga:

1. Masukkan buah naga dengan ditambahkan segelas air ke dalam blender.

2. Lalu, siapkan panci kecil.

3. Masukkan dan campur bubuk agar-agar dengan gula pasir, aduk secara merata dengan sendok. Tips ini dilakukan agar puding tidak menggumpal dan cepat larut. Lalu tuangkan dua setengah gelas air.

4. Selanjutnya, masak adonan sampai mendidih lalu bagi menjadi dua bagian. Panci yang pertama dicampur jus buah naga dan panci kedua dicampur dengan santan, garam, dan vanili. Panaskan lagi dengan api yang kecil.

5. Setelah selesai, matikan kompor dan angkat panci. Lalu tunggu sampai tidak terlalu panas atau hangat.

6. Tuang agar-agar buah naga digelas setinggi setengah gelasnya saja dan tiriskan. Lalu tuang agar-agar santan dengan perlahan di atas agar-agar buah naga, menggunakan sendok makan, dan mulai dengan sedikit-sedikit saja agar warnanya tidak bercampur.

7. Terakhir, masukkan puding ke dalam kulkas agar terasa segar saat dihidangkan.

8. Setelah selesai, puding siap disajikan.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Puding Buah Lapis

Buat kamu yang menyukai buah mangga, puding buah ini cocok buat dicoba. Tampilannya yang menarik dan banyaknya buah mangga pada puding bikin kamu tak sabar untuk memakannya.

Bahan cara membuat puding buah lapis:

- 1 buah bit

- 1 buah mangga

- 2 bungkus agar-agar tanpa rasa

- 800 ml susu cair UHT

- 800 ml air putih

- 100 gram gula pasir

- 100 gram cincau hitam 

Cara membuat puding buah lapis:

1. Pertama, cuci bersih dan kupas kulit buah mangga dan bit lalu potong kecil berbentuk dadu dan juga cincau hitam, lalu sisihkan.

2. Selanjutnya, rebus buah bit dengan air 200 ml terlebih dahulu hingga air tercampur dengan sari dan menjadi berwarna merah lalu sisihkan buahnya, dan ambil sarinya.

3. Campur rebusan sari buah bit dengan tambahkan 700 ml air, 50 gr gula pasir, dan sebungkus agar-agar tanpa rasa. Lalu, rebus sampai mendidih, angkat dan diamkan sebentar hingga uapnya sudah tidak ada lagi.

4. Campurkan mangga yang sudah dipotong dadu dengan agar agar yang sudah direbus tadi, lalu masukan ke cetakan agar dan biarkan setengah dingin.

5. Sambil menunggu puding mangga setengah dingin, kamu bisa rebus air susu terlebih dahulu, dicampur dengan 50 gr gula pasir dan sebungkus agar-agar tanpa rasa hingga mendidih.

6. Lalu angkat dan biarkan uapnya keluar kemudian masukkan cincau hitam dadu.

7. Jika puding mangga lapisan pertama sudah terasa cukup dingin, timpa atas puding mangga dengan puding cincau hitam yang baru saja direbus dan tuang di atasnya. Biarkan puding hingga dingin secara menyeluruh.

8. Setelah cukup dingin dan memadat, potong puding dan sajikan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Puding Buah Susu

Siapa yang nggak suka minum susu? Minuman satu ini termasuk salah satu pedoman gizi seimbang ‘4 sehat 5 sempurna’. Oleh karena itu, susu merupakan minuman wajib buat kamu minum setiap harinya. Dan ternyata salah satu bahan ini dapat kamu jadikan campuran untuk membuat puding buah lho.

Bahan cara membuat puding buah susu:

- Aneka buah 3 warna sesuai selera (kiwi, stroberi, dan jeruk/mangga)

- Atau menggunakan opsi lain dengan 1 kaleng cocktail

- 1 kaleng susu kental manis putih

- 6 sdm gula pasir

- 1/2 sendok teh essence vanila bubuk

- 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih

- 1/4 sendok teh garam halus

- 5 kaleng air dari 1 kaleng SKM

Cara membuat puding buah susu:

1. Masukkan agar agar tanpa rasa, air, susu kental manis, garam, vanili bubuk dan gula pasir kedalam panci berukuran kecil.

2. Agar puding tidak menggumpal, sebelum direbus, aduk-aduk terlebih dahulu bahan yang sudah dicampur sampai merata.

3. Rebus puding dengan menggunakan api sedang sampai mendidih, jangan lupa sambil diaduk ya agar puding menjadi lembut.

4. Matikan api lalu masukkan susu kental manis sambil diaduk rata.

5. Tuang ke dalam cetakan lalu taburi dengan buah kiwi, jeruk, dan stroberi atau buah apapun yang kamu suka yang sudah dipotong-potong.

6. Tunggu sampai puding buah susu dingin dan menjadi padat.

7. Potong-potong dan puding siap kamu sajikan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.