Sukses

Cara Membuat Cake Pisang Keju, Lembut dan Lezat Menggoda

Tidak hanya dipanggang, saat ini banyak juga aneka variasi cake pisang kukus

Liputan6.com, Jakarta Cake pisang termasuk salah satu jajanan yang paling populer untuk dibuat di rumah. kue yang satu ini bisa menjadi kreasi olahan yang pas saat kita memiliki sisa buah pisang yang sudah terlalu matang untuk disantap. Proses pembuatannya pun mudah dan relatif sederhana.

Cake pisang merupakan kue basah modern yang terbuat dari pisang dengan tekstur yang lembut. Cara membuat cake pisang ini sebenarnya bukan merupakan asli Indonesia, tetapi memang sudah lama kue bolu panggang ataupun bolu kukus menjadi kesukaan masyarakat kita. Teksturnya yang lembut dengan aroma dan citarasa pisang memang enak dan lezat. Karena kuatnya aromanya, banyak yang menyebutnya juga cake pisang.

Cara membuat cake pisang panggang ini memang sebenarnya bukan merupakan resep kue asli negara kita. Di luar negeri dikenal dengan sebutan banana cake. Maka banyak juga di antara warga kita yang juga mengenalnya dengan kue pisang. Pertama kali mungkin dibawa penjajah Belanda dan menjadi sajian hidangan khusus buat kalangan mereka.

Itu dulu, tetapi saat ini cake pisang ini sudah menjadi primadona baru buat penikmat kue di nusantara. Banyak sekali variasi cake pisang ini yang sudah dimodifikasi sesuai selera. Tidak hanya dipanggang, saat ini banyak juga aneka variasi cake pisang kukus yang tidak kalah enak dan empuk.

Salah satu variasi cake yang cukup terkenal adalah cake pisang kukus. Seperti namanya, cake pisang ini sebenarnya prosesnya sama seperti cara membuat kue yang biasa, tetapi ditambah dengan campuran bahan pisang yang membuat cake pisang lembut ini mempunyai citarasa yang khas dibandingkan dengan kue dan jenis kue pisang yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara membuat cake pisang bisa dengan dikukus atau pun dipanggang

Cara membuat cake pisang dengan cara dikukus ini mungkin memang kurang populer dibandingkan dengan panggang atau jenis bolu kukus yang lain. Soal rasa, cara membuat cake pisang ini tidak kalah lezat lho dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Selain cocok sekali untuk teman minum teh atau kopi, kue bolu juga biasanya sering digunakan untuk hidangan di saat ada acara penting, seperti pesta pernikahan, ulang tahun atau di saat ada acara rapat rapat di kantor.

Untuk hasil yang lezat, sebaiknya kamu bisa menggunakan pisang yang sudah masak betul dan rasa dasarnya juga manis, seperti pisang raja atau pisang ambon. Jenis pisang lain sebenarnya juga bisa digunakan dalam cara membuat kue bolu pisang ini, tetapi hasilnya nanti tidak selembut menggunakan kedua jenis pisang di atas. Sebelum digunakan, buah pisang yang akan digunakan untuk membuat cake pisang kukusnya tak harus benar-benar halus supaya teksturnya pisangnya terasa saat kue bolu kukusnya sudah jadi.

3 dari 5 halaman

Tips Membuat Cake Pisang Anti Bantat

Pisang yang digunakan harus benar benar matang supaya cake pisang ini lezat. Biasanya ini terlihat dari bintik bintik hitam yang muncul di kulit luar pisang.

Pastikan telur sudah dalam keadaan suhu ruangan. Kalau masih keluar dari kulkas sebaiknya tunggu sampai benar benar tidak dingin atau bisa direndam sebentar dengan air hangat. Putih telur dalam keadaan dingin lebih kental sehingga tidak bisa mengembang sempurna.

Saat mengocok telur dan gula harus dipastikan benar benar sampai mengental dan kelihatan pekat ya. Cirinya saat diangkat kocokan atau mixernya, sisa adonan yang jatuh tidak langsung hilang atau masih terlihat bekasnya.Untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan kelihatan moisty atau berminyak.

Sebaiknya menggunakan minyak sayur ya. Bisa juga menggunakan mentega atau margarin yang dicairkan. Tetapi harus pastikan dalam kondisi benar benar dingin sebelum dicampur dengan adonan cake pisang ini.

Pastikan saat mengocok minyak atau mentega cairnya benar benar tercampur rata. Bisa juga memisahkan sebagian adonan (1/4) lalu mencampurnya dengan minyak dahulu. Setelah rata baru dicampur dengan sisa adonan lainnya.

Suhu kompor atau oven sebaiknya diset di suhu rendah saja supaya matangnya merata. Waktu pemanggangan dan pengukusan harus benar benar diperhatikan. Tes dengan lidi supaya yakin kalau bagain tengah banana cake ini benar benar matang. Kalau memang kelihatan sudah agak gosong, bagian atas loyang bisa diberi tutup aluminum foil. Bisa juga memindah loyang kue nya ke bagian bawah supaya matangnya rata.

Penasaran cara membuat cake pisang keju kukus sederhana yang enak, lembut, tanpa menggunakan mixer? Berikut cara membuat cake pisang keju kukus tanpa mixer di rumah seperti Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Jumat (09/11/2018).

4 dari 5 halaman

Bahan cara membuat cake pisang keju:

4 Buah pisang ambon

200 Gram tepung terigu

7 sdm gula pasir

2 sdm susu bubuk

2 Butir telur

6 sdm margarin cair

1/2 Balok keju cheddar

1/2 sdt baking powder

5 dari 5 halaman

Cara membuat cake pisang keju:

1. Kocok telur dan gula sampai tercampur rata. Masukkan margarin yang sudah cairkan.

2. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu, kemudian aduk-aduk

3. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan, kemudian keju parut. Aduk hingga merata.

4. Panaskan kukusan. Bungkus tutupnya dengan kain lap.

5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Kukus selama 30 menit.

6. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian angkat dari kukusan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini