Sukses

Es Cendol, Minuman Favorit Pretty Asmara Semasa Hidup

Es cendol minuman manis dan gurih yang menyegarkan. Es cendol juga digemari Pretty Asmara semasa hidup. Bagaimana cara membuatnya?

Liputan6.com, Jakarta – Kepergian Pretty Asmara meninggalkan duka mendalam, tak hanya keluarga, sahabat, dan orang-orang di sekelilingnya. Semasa hidupnya, Pretty termasuk sosok yang suka wisata kuliner.

Salah satunya sempat ia unggah dalam akun Instagram pribadinya pada 11 Juli 2017 lalu. Selain ingin mencicipi duren, Pretty rupanya tertarik dengan cendol.

"Es cendol paling terkenal se Penang dibela2in deh jauh2 kesini," tulis Pretty.

Rupanya, cendol tak hanya populer di Malaysia, tapi juga di Indonesia. Merujuk wikipedia, cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya teerbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan-bahan dan Langkah Pembuatan Es Cendol

Dilansir dari cookpad.com, 5 November 2018, berikut bahan-bahan dan langkah-langkah untuk membuat es cendeol yang manis dan gurih yang menyegarkan.

1 bungkus cendol yg sudah jadi, 1/4 lengkong (cincau) potong dadu, 1 buah kueni matang potong dadu, 1/2 butir kelapa parut (santan kental), 1/4 gula aren, 5 sdm gula putih, 1/2 sdt garam, dan es batu.

Langkah Pembuatan:

Masak santan tambahkn garam aduk terus sampai mendidih dengan api kecil

Iris gula merah dalam rebusan air 350ml aduk sampai mendidih

Sediakan wadah cukup besar masukkan potongan cincau kueni dan cendol

Masukkan santan dan gula aren yg sudah matang aduk aduk

Siapkan 6 buah gelas isi dengan es kemudian siram dengan ramuan cendol yang telah di buat tadi

Cendol siap di sajikan. Selamat mencoba ya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.