6 Kuliner Asli Boyolali yang Bisa Goyang Lidah Anda

Oleh Asnida Riani pada 05 Nov 2018, 16:15 WIB
Boyolali

Liputan6.com, Jakarta - Boyolali tak hanya soal gardu pandang yang menawarkan lanskap menawan. Terselip di antara sudut-sudut menawannya, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga bisa jadi tujuan wisata kuliner yang menggoda.

Sajiannya sangat beragam dan sanggup memberi 'ledakan' rasa yang begitu menyenangkan sejak suapan pertama. Mulai dari beberapa makanan ikonis, sampai yang mungkin belum pernah Anda dengar, berikut sederet kuliner asli Boyolali.

Soto Seger Mbok Giyem

Siapa yang tak tahu kuliner satu ini? Sudah begitu populer, rasa kuah Soto Seger Mbok Giyem dijamin jadi salah satu alasan Anda ogah move on dari kunjungan ke Boyolali. Ya, kuah bening dengan sedikit minyak ini sudah lama mencuri hati banyak foodies.

Ditambah taoge segar, irisan daging tipis nan empuk, dan taburan bawang goreng yang membuat harumnya begitu semerbak, semangkuk soto seger ini sangat mungkin jadi mood boster. Dengan harga mulai dari Rp 14 ribu, Anda sudah bisa menikmati sajian satu ini. Jangan lupa pakai berbagai lauk dengan harga mulai dari Rp 1.500 saja.

Boyolali
Bebek Goreng Pak Pinggir, kuliner khas Boyolali, Jawa Tengah. (dok. Instagram @fajarsatritama/https://www.instagram.com/p/BitbVCiAQta/?utm_source=ig_web_copy_link/Asnida Riani)

Bebek Goreng Pak Pinggir

Daging bebek gurih nan empuk di sini sudah pasti jadi jawaranya. Ditambah sambal bawang maupun sambal rawit, semua enak. Burung dara gorengnya juga mantab. Yang khas di sini adalah sayur daun pepaya dengan bumbu rahasia.

Lokasi kedai sederhana Bebek Goreng Pak Pinggir berada di Jalan Boyolali-Solo KM 5, Randusari, Boyolali. Ada juga cabangnya di Jalan Perintis Kemerdekaan no. 7. Jadi, pastikan mempir kalau pergi ke Boyolali ya!

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 of 2

Kudapan yang Jangan Dilewatkan

[Bintang] Jawa Tengah
Jadah bakar, kuliner Boyolali, Jawa Tengah. (Sumber Foto: ceciliarexel/Instagram)

Jadah Bakar

Biasanya, kuliner yang terbuat dari beras ketan dan kelapa ini dibakar di atas tungku arang. Ditemani secangkir teh manis, memakannya saat masih panas akan terasa begitu nikmat. Sangat terjangkau, rata-rata jadah bakar dijual Rp 2 ribu per potong.

Tahu Susu

Jika ingin mencoba kuliner unik di Boyolali, maka tahu susu kiranya tak boleh luput dari radar Anda. Tahu ini dibuat dari susu sapi segar yang punya gizi tinggi. Tak menggunakan campuran senyawa lain, tahu susu jadi kuliner sehat sekaligus enak yang bisa dicicip di Boyolali. Biasanya Anda bisa mendapati kuliner ini di sekitar Jalan Panandaran.

Sego Jagung

Ingin bernostalgia dengan Boyolali di masa lampau? Maka jangan sampai melewatkan kuliner ini. Sesuai namanya, sajian ini berbahan dasar jagung yang direbus dengan beras. Penyajiannya ditambah beberapa sayuran, juga lauk. Sensasi manis dan gurih bisa Anda harapkan dari kuliner yang satu ini.

Keju Susu

Sebagai salah satu penghasil susu segar, wajar saja kalau susu tersebut kemudian dijadikan bahan baku membuat keju. Katanya, keju susu Boyolali awalnya tercipta karena panenan susu yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Siapa sangka kalau kuliner ini sekarang bisa jadi oleh-oleh khas Boyolali yang menggoda.

Lanjutkan Membaca ↓