Sukses

Cara Membuat Puding Susu Saus Karamel, Lezat dan Dijamin Bikin Ketagihan

Puding yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kudapan yang cocok dinikmati di saat cuaca terik adalah puding. Cara membuat puding memiliki tekstur yang lembut serta creamy, membuatnya cocok sebagai hidangan penutup untuk mengakhiri santap lezatmu.

Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti 'sosis darah', dari bahasa Latin, botellus yang berarti 'sosis kecil'. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus.

Tidak semua jenis puding rasanya manis, misalnya saja seperti suet pudding (puding lemak) yaitu jenis puding yang berisi daging sapi yang dibungkus adonan pai dari tepung terigu dengan campuran lemak domba atau lemak sapi. Di Inggris, istilah pudding sering digunakan untuk hidangan penutup yang terbuat dari telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Puding yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu

Cara membuat puding yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur. Umumnya dengan rasa cokelat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Jenis cara membuat puding ini dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Selain itu, juga ada puding agar-agar. Jenis ini adalah puding yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, tepung maizena, dan telur kocok. Cara membuat puding agar-agar ini juga biasanya dihidangkan dengan saus fla.

Di Indonesia, jenis puding sendiri banyak memanfaatkan bahan-bahan seperti kelapa muda, santan, tape ketan hitam, campuran daun suji, daun pandan dan gula merah. Cara membuat puding di Indonesia juga menggunakan buah-buahan seperti jeruk, nanas, sirsak, mangga, dan markisa. Tidak bisa dipungkiri lagi jika puding memang masih menjadi cemilan andalan keluarga. Selain suguhan rasanya yang enak juga teksturnya yang lembut dan baik bagi pencernaan. Selain enak dan lembut, kandungan serat kudapan ini bagus sekali untuk melancarkan metabolisme tubuh dan banyak mengandung antioksidan. Selain itu, cara membuat puding susu ini juga banyak mengandung protein, vitamin dan beberapa mineral penting lainnya. Karena kedua bahan dasar puding tersebut terbuat dari rumput laut yang banyak mengandung serat alami, maka pas juga buat teman-teman yang lagi program diet sehat.

Selain itu desert satu ini juga bisa digunakan untuk mengganjal lapar karena kandungan karbohidratnya cukup tinggi sehingga perlu waktu lama untuk mencernanya. Nah, banyaknya varian rasa dari puding, tentu yang saus karamel lebih mudah dibuat daripada varian lainnya.

Dikarenakan cara membuat puding susu saus karamel ini sederhana, jadi tidak memerlukan keahlian khusus dalam pembuatannya. Berikut cara membuat puding susu saus karamel yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/11/2018).

3 dari 5 halaman

Bahan cara membuat puding:

400 ml susu UHT plain

5 sdm gula pasir

1 butir telur

3 kuning telur

1/2 sdt vanilla bubuk

1/4 sdt garam

Bahan karamel cara membuat puding:

4 sdm gula pasir

100 ml air panas

4 dari 5 halaman

Cara membuat saus karamel:

1. Langkah pertama kali yang harus kamu lakukan yaitu, siapkan wajan di atas api kompor kecil.

2. Lalu, masukkan gula pasir yang sudah disiapkan untuk membuat karamel.

3. Tunggu sampai gula meleleh. Jika gula sudah meleleh, tuangkan air ke dalamnya.

4. Lalu aduk sampai gula larut. Saring gula tersebut, kemudian sisihkan terlebih dahulu.

5 dari 5 halaman

Cara membuat puding susu:

1. Kocok telur bersama gula hingga gula larut. Masukkan vanila bubuk dan garam, aduk rata.

2. Hangatkan susu jangan sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan ke dalam adonan telur sambil diaduk rata.

3. Tuang ke dalam cetakan, dan kukus selama kurang lebih 20-30 menit.

4. Jika sudah matang, sajikan dengan karamel di atasnya. Bisa juga diberi toping buah-buahan sesuai selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini