Sukses

Jangan Lupa Ya Datang ke CFD Danau Toba, Tempat Berkumpulnya Aneka Komunitas

Bagi Anda yang berkunjung ke Car Free Day jangan lupa mampir ke ajang Pesona Danau Toba. Dijamin seru karena ada sejumlah komunitas akan berkumpul. Catat lokasinya, Park and Ride JL. MH Thamrin No.10 Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Car Free Day (CFD) Jakarta tinggal beberapa hari lagi. Kalian yang berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke ajang Pesona Danau Toba. Dijamin seru. Karena, sejumlah komunitas akan berkumpul. Catat lokasinya, Park and Ride JL. MH Thamrin No.10 Jakarta Pusat. Tepatnya, samping Sari Pan Pacific Hotel.

Car Free Day Pesona Danau Toba akan digelar Minggu (4/11/2018). Tepatnya, mulai jam 07.00 hingga 11.00 WIB. Yang membuat event ini dijamin seru, adalah komunitas. Event ini akan menjadi tempat berkumpulnya para komunitas.

Komunitas yang masuk dalam daftar undangan adalah Komunitas Zumba, Indosweat Camp, Indorunner, Runhood, Backpacker Indonesia, dan Komunitas Food Truck Jakarta.

Ada juga Komunitas Jalan Pendaki, Hits Pemuda Batak, Bintaro Loop, Kompasiana, Kelas Pagi Jakarta, Historia, Komunitas Seni Budaya Batak, Kulinervidgram, dan Backpacker Medan.

Menurut Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib, keterlibatan lintas komunitas dalam kegiatan ini sangat positif.

“Agenda Car Free Day Pesona Danau Toba ini kan digelar untuk semakin memperkenalkan Danau Toba. Ini loh destinasi prioritas Indonesia. Dan komunitas bisa mengangkat dan memperkenalkannya,” tutur Hiram, Jumat (2/11).

Justru, Hiram berharap para komunitas bisa mengeksplorasi Danau Toba. Mengangkat Danau Toba sesuai minat mereka.

“Makanya komunitas yang kita libatkan sangat beragam. Ada pecinta alam, budaya, komunitas online dan lain-lain. Kita berharap mereka bisa memperlihatkan kepedulian dengan mengangkat destinasi ini dengan cara mereka,” katanya.

Kepala Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengungkapkan hal yang sama.

“Danau Toba memiliki banyak keindahan. Lewat Car Free Day, kita akan memanfaatkan itu. Kita kenalkan ke komunitas seperti apa Danau Toba,” tuturnya.

Destinasi Danau Toba paket lengkap berwisata. Nature, culture, dan kulinernya adalah yang terbaik. Bila ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan sudut terbaik, wisatawan bisa berkunjung ke Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan biruanya air danau jadi background foto terbaik.

Wisatawan bisa menikmati Museum Huta Bolon Simanindo. Memiliki nuansa tradisional kuat dengan benteng dan tanaman bambu, kawasan ini dahulu didiami oleh raja. Hingga kini, Pesta Adat Mangalahat Horbo masih dilestarikan. Wisatawan juga bisa menikmati Tarian Batak Tradisional setiap harinya.

Destinasi lainnya adalah Batu Kursi Siallagan. Destinasi ini menjadi gambaran bagaimana hukum adat ditegakan. Di sini, wisatawan juga diberikan simulasi proses eksekusi hukuman mati orang yang dinilai bersalah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Danau Toba terus dipromosikan.

“Sebagai destinasi prioritas, promosi harus terus dilakukan. Karena, kita berharap Danau Toba bisa menghadirkan lebih banyak wisatawan mancanegara dengan Bandara yang sudah standard internasional,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.