Sukses

13 Cara Make Up Natural dan Tahan Lama Meski Kulit Wajah Berminyak

Cara make up simpel tapi lebih aman dan terlihat cantik.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kaum Hawa seakan 'diharuskan' selalu memakai make up ke manapun dan di manapun. Bahkan sebagian besar wanita merasa tidak percaya diri ketika tidak menggunakan make up. Menggunakan make up memang menjadi salah satu usaha wanita untuk mempercantik diri. Make up pun bukan lagi diaplikasikan ketika ada acara-acara khusus saja, namun menjadi ritual wajib setiap hari untuk wanita. 

Cara make up pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya untuk pergi hangout maka cukup menggunakan make up natural. Selain tekniknya lebih mudah, kelebihan menggunakan make up natural ini akan membuat wajah terlihat alami dan tidak terlihat menor. Soalnya make up natural ini akan menyesuaikan warna kulitmu. Saking pentingnya penggunaan make up, semua orang menginginkan make up yang tahan lama. 

Sayangnya, tidak semua kulit wajah bisa diaplikasikan make up dan bisa tahan lama. Terutama kulit wajah yang berminyak. Pasalnya, produksi minyak yang berlebih pada wajah dapat menyebabkan makeup tidak tahan lama, sehingga mengharuskanmu untuk sering touch up.

Nah, khusus untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (3/11/2018) cara make up natural dan tahan lama meski kulit wajah berminyak. 

Berikut langkah cara make up natural dan tahan lama:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Bersihkan wajah

Sebelum menggunakan kosmetik apapun, hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara make up adalah mencuci wajah dengan pembersih wajah dan air yang tidak dingin atau juga tidak panas karena berpotensi merusak kulitmu.

Membersihkan wajah berarti membersihkan kotoran pada permukaan kulit dan memungkinkan make upmu merata ke seluruh kulit wajah. Lakukan hal ini setiap sebelum dan sesudah mengenakan make up karena jika tidak, sisa make up dan kotoran akan menempel dan memicu masalah pada wajah. Lakukan usapan menggunakan tangan di wajah secara lembut. Kamu juga bisa menggunakan kain pembersih khusus untuk wajah.

3 dari 14 halaman

2. Gunakan pelembap

Penggunaan pelembap adalah salah satu cara make up natural dan tahan lama karena membantu menyempurnakan make-up dan melindungi kulit. Meskipun wajahmu berminyak, kamu tetap harus menggunakan pelembap. Tapi jangan lupa, sebelum membeli pelembap, pastikan sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti membeli pelembap khusus untuk kulit berminyak atau memiliki efek mattifying. Sedangkan buat kamu yang berkulit normal, sebaiknya gunakan pelembap yang ringan.

Kamu bisa percayakan OLAY Regenerist Whip UV untuk melembapkan kulit mu. Selain berfungsi untuk melembapkan, hasil akhirnya yang matte dan tidak berminyak juga membuatnya bisa menjadi primer makeup, sehingga make up terlihat jauh lebih baik. Menggunakan pelembap secara rutin juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah, sehingga hasil make up pun menjadi lebih baik.

 

Formula dan teknologi pada OLAY Regenerist Whip UV juga dapat membantu melawan 7 tanda penuaan kulit, serta membantu meratakan warna kulit wajah. Dapatkan di sini, dan gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal.

Pastikan untuk mengusapkan pelembap pada seluruh wajah serta leher dan mendiamkannya sekitar - 3 menit sebelum menggunakan bedak.

4 dari 14 halaman

3. Kurangi bedak

Cara make up natural dan tahan lama selanjutanya adalah dengan mengurangi bedak. Jika pelembap yang kamu gunakan telah disapukan merata dan meresap, maka gunakanlah bedak. Nah, agar terlihat menggunakan make up natural, pemakaian bedak harus diminimalisir. Untuk hasil yang bagus, gunakan bedak tabur. Kamu bisa menggunakan  brush untuk meratakan bedak. Aplikasikan  bedak dengan cara horizontal bolak balik agar bedak tersebut tidak menumpuk dan terlihat tebal. Jika kamu menggunakan bedak tebal, maka pori-pori kulit wajah akan mengeluarkan lebih banyak minyak.

5 dari 14 halaman

4. Gunakan make up bebas minyak

Untuk cara make up natural dan tahan lama, gunakan make up bebas minyak. Pasalnya, make up yang mengandung minyak justru akan membuatnya cepat luntur, maka dari itu gunakan make up yang bebas minyak. Untuk jenis kulit berminyak, sebaiknya gunakan make up yang mengandung non-comedogonic sehingga pori-pori tidak tersumbat.

Jika sedang tidak menggunakan make-up, maka sebaiknya kamu menggunakan masker berbahan dasar clay secara rutin di rumah, untuk menyerap semua minyak dan membersihkan kotoran.

6 dari 14 halaman

5. Jauhkan tangan

Meskipun tidak disadari, salah satu penyebab make-up tidak tahan lama adalah tangan yang keseringan menyentuh wajah. Selain itu ada banyak masalah yang ditimbulkan oleh tangan yang mengandung banyak bakteri tersebut. Antara lain menyebabkan iritasi, penyebaran bakteri ke wajah akan meluas, serta minyak di wajah juga akan meningkat. Maka dari itu, menjauhkan tangan dari wajah adalah salah satu cara make up natural dan tahan lama.

7 dari 14 halaman

6. Menggunakan produk makeup yang tahan lama

Memiliki wajah yang berminyak memang mengharuskan untuk melakukan 'investasi' lebih pada produk yang digunakan. Tidak apa sedikit mahal, tapi carilah produk berkualitas yang berlabel waterproof, water-resistant, atau long wear, terutama untuk riasan mata. Penggunaan produk tersebut sebagai cara make up natural dan tahan lama.

Setelah mengetahui tips dan trik cara make up natural dan tahan lama, maka langkah selanjutnya adalah mempraktikkan cara make up natural dan tahan lama.

Berikut ini cara make up natural dan tahan lama:

8 dari 14 halaman

7. Face Primer

Menggunakan primer sangat penting dilakukan saat memulai cara make up natural dan tahan lama. Setelah mengaplikasikan pelembab, lanjutkanlah dengan mengoleskan face primer pada area T-zone wajah kamu untuk mengecilkan pori-pori dan menahan minyak berlebih pada wajah. Primer juga bisa membuat foundation menempel dengan sempurna dan tahan lama pada kulit.

9 dari 14 halaman

8. Foundation

Untuk hasil make-up yang natural, pilihlah foundation dengan tekstur yang lebih cair atau bisa juga menggunakan BB cushion. Dengan begitu kulit kamu akan terlihat lebih glowy namun tetap dengan coverage yang baik, sehingga riasan kamu akan terlihat sempurna saat hari raya nanti. Sebagai cara make up natural dan tahan lama jangan lupa set foundation kamu dengan bedak tabur matte untuk menahan minyak pada wajah.

10 dari 14 halaman

9. Concealer

Penggunaan concealer juga penting sebagai cara make up natural dan tahan lama, terutama bagi kamu yang punya beberapa imperfections pada kulit, seperti bekas jerawat, bintik hitam, dan kantung mata. Pada area kantung mata, sebaiknya pilihlah concealer dengan warna yang sedikit lebih terang dari foundation kamu, sedangkan untuk menutupi bekas jerawat dan bintik hitam, kamu bisa menggunakan concealer dengan warna yang sama dengan foundation.

11 dari 14 halaman

10. Riasan mata

Cara make up natural dan tahan lama pada bagian mata bisa dimulai dari merapikan alis, kemudian menggunakan pensil alis berwarna coklat muda untuk membuat alis kamu menonjol namun tetap terkesan natural. Setelah itu, gunakan eye shadow dengan warna bernuansa nude, seperti pink, peach, dan light brown pada kelopak mata kamu. Kamu juga bisa menambahkan eyeliner dan maskara waterproof untuk melengkapi riasan mata.

12 dari 14 halaman

11. Bronzer dan Blush On

Daripada menggunakan contour yang memberi kesan tegas pada wajah, sebagai cara make up natural dan tahan lama kamu bisa memilih bronzer untuk menonjolkan tulang pipi dengan lebih natural. Tidak perlu berlebihan, kamu cukup menggunakan sedikit bronzer, kemudian padukan dengan blush on berwarna peach atau pink muda agar wajah terlihat lebih fresh.

13 dari 14 halaman

12. Lipstick

Sebagai sentuhan dalam cara make up natural dan tahan lama, gunakan lipstik agar wajahmu tidak terlihat pucat. Kamu bisa menggunakan lipstik warna pink, nude, atau peach, sebagai pelengkap bagi make up natural.

14 dari 14 halaman

13. Setting Spray

Terakhir, setelah menyelesaikan make-up, kamu bisa menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah kemudian tunggu hingga air menyerap pada kulit. Setting spray berfungsi untuk menjaga agar make-up kamu tetap stay. Jadi, kamu nggak perlu khawatir make-up akan terlihat cakey setelah seharian beraktivitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.