Sukses

Cara Membuat Spaghetti Bolognese Sederhana, Super Lezat dan Mudah Dimasak di Rumah

Apabila biasanya kamu membeli saus kemasaan praktis siap pakai, kini kamu bisa mencoba membuatnya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Makanan olahan asal Italia yang sangat populer di Indonesia adalah pasta. Pasta terbuat dari bahan utama tepung terigu yang dicampur dengan rempah dan bumbu. Sebelum disajikan pasta direbus terlebih dahulu kemudian disajikan dengan saus sesuai dengan selera.

Pasta memiliki banyak jenisnya, salah satu yang terkenal adalah spaghetti. Spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk panjang, tipis, silindris, dan padat, yang jika diperhatikan menyerupai mi pada umumnya. Ini adalah makanan pokok dalam masakan Italia tradisional. Karena berbentuk seperti mi, kebanyakan orang menyebutnya mi dari Italia meskipun banyak varian pasta lainnya yang berbentuk seperti mi. Seperti pasta pada umumnya, spaghetti terbuat dari gandum giling dan air. Spaghetti Italia terbuat dari semolina gandum durum, tetapi di tempat lain bisa dibuat dengan tepung jenis lain.

Awalnya ukuran spaghetti sangat panjang, tetapi kemudian yang berukuran lebih pendek semakin populer selama paruh kedua abad ke-20 dan sekarang spaghetti paling banyak tersedia dalam ukuran panjang 25–30 cm (10–12 in). Beberapa varian hidangan pasta berasal dari pasta jenis ini sebagai dasar.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pasta jenis spaghetti ini cukup mudah, anda dapat langsung ke supermarket atau pasar tradisional. Proses memasaknya hanya membutuhkan 9-12 menit di dalam air mendidih hingga menjadi al dente yang artinya tidak lengket di gigi ataupun terlalu matang. Kemudian ditambah dengan saus yang ditambahkan dengan daging cincang dan juga keju.

Aneka varian spaghetti dapat menjadi menu untuk disajikan pada anggota keluarga. Saus spaghetti yang terkenal adalah saus bolognese. Apabila biasanya kamu membeli saus kemasaan praktis siap pakai, kini kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah lho.

Penasaran caranya? Berikut cara membuat spaghetti bolognese yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat spaghetti bolognese:

200 gram spaghetti instan

1 sdt minyak goreng bisa minyak zaitun

200 gram daging ayam

1 buah bawang bombay

1 sdt merica

1 sdm mentega

500 ml air

garam secukupnya

3 dari 4 halaman

Bahan Saus:

3 buah tomat

3 buah cabe rawit

1 buah cabe merah

3 buah bawang putih

1/2 sdm mentega

1 sdt tepung maizena

1/2 sdt air jeruk nipis

200 ml air

garam secukupnya

gula secukupnya

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Saus Spaghetti:

1. Langkah pertama didihkan tomat dengan cabe hingga kulit mengelupas. 2. Kemudian siapkan blender dan tambahkan air. 3. Selanjutnya tumis bawang putih yang sudah dikeprek dan kemudian blender bersama dengan tomat. 4. Selanjutnya tambahkan larutan tepung maizena dengan air jeruk nipis dan tambahkan gula. Cara Membuat Spaghetti Bolognese: 1. Langkah pertama rebus air kurang lebih 500 ml hingga mendidih 2. Kemudian masukan spaghetti dengan minyak dan rebus hingga matang 3. Iris bawang bombay lalu tumis hingga harum 4. Masukan ayam dan aduk hingga merata 5. Kemudian tuang saus tomat kurang lebih 150 ml dan tambahkan air sebanyak 50 ml, lalu aduk hingga merata 6. Angkat dan siapkan dipiring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini