Sukses

Cara Membuat Brownies Kukus Sederhana ala Rumahan, Enak dan Lembut Tiap Gigitan

Langsung coba bikin brownies kukus yuk!

Liputan6.com, Jakarta Brownies kukus kini sudah menjadi salah satu kue basah favorit banyak orang. Baik itu brownies kukus sederhana ataupun brownies kukus premium dengan citarasa lumeran dark chocolate cooking yang super enak dan menggiurkan. Bahkan tak heran jika saat ini kue brownies juga dijual secara online karena banyaknya peminat.

Brownies sendiri memiliki dua macam, yakni yang kukus dan panggang. Namun keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula. Ya, kalau cara membuat brownies kukus teksturnya lebih lembut dan sedikit basah hingga tidak bikin seret ketika dimakan. Sementara itu, brownies panggang yang diolah dengan oven tekturnya lebih garing karena tampilannya yang kering. 

Baik brownies kukus dan panggang memiliki citarasa yang menggoda. Namun semuanya tergantung selera setiap orang, ada yang suka lembut dan ada yang garing. Berbicara kue brownies kukus, ternyata kue cokelat basah yang satu ini memiliki beberapa kreasi rasa dan bentuk yang menggoda.

Untuk menambah rasa brownies, bisa juga dikreasikan dengan toping pilihan seperti kacang mete, almond, keju, nutella dan buah stroberry. Bahan utama yang digunakan untuk bikin brownies juga berpengaruh sangat besar ke rasa.

Selain toping yang digunakan, untuk menambah inovasi rasa di setiap potongan kue brownies dengan menambahkan selai di tengah-tengah kue brownies. Mulai dari selai stroberry, selai nanas, selai blueberry, selai cokelat, kacang, selai apel bahkan nutella manis. Kue brownies yang dasarnya memiliki rasa cokelat sehingga mudah dikreasikan dengan apa saja. Dan rasanya pun tetap enak dan menggoda.

Banyaknya peminat olahan brownies aneka rasa, kini brownies pun seringkali dijadikan salah satu menu andalan di sebuah toko kue. Beberapa brand tenama brownies ini seolah berlomba-lomba menciptakan inovasi baru disetiap olahan brownies kukus, brownies panggang dan brownies bakar dengan macam bahan dan bentuk agar menarik pembeli.

Saking banyaknya pencinta brownies, kini banyak bermunculan resep brownies yang bermacam-macam. Mulai dari resep brownies tanpa mixer, brownies majic com, brownies tanpa oven (kukus), brownies kukus sederhana, brownies tanpa telur dan masih banyak lainnya. Yah terlepas dari itu semua, kekurangan utama dari kue brownis ini adalah harganya yang relatif mahal dan mending bikin sendiri saja di rumah.

Tak perlu khawatir ribet, ada cara membuat brownies kukus yang mudah dan sederhana kok. Berikut cara membuat brownies kukus sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan cara membuat brownies kukus:

- 200 gram tepung terigu, ayak

- 300 gram coklat batang

- 75 gram coklat bubuk, ayak

- 200 ml susu segar

- 300 gram mentega

- 6 butir telur ayam

- 250 gram gula pasir

- 1 sdt garam

- 1 sdt baking powder

3 dari 3 halaman

Cara membuat brownies kukus:

1. Tim coklat batang dan mentega pada panci yang sama. Setelah leleh tambahkan garam. Aduk sampai rata.

2. Siapkan wadah untuk mengocok telur. Kocok telur dengan gula pasir hingga berbusa.

3. Masukkan coklat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan dengan susu. Aduk sampai rata.

4. Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.. Tuang adonan ke dalam 2 loyang. Sebelumnya olesi dulu loyang dengan mentega.

6. Kukus selama 20 menit atau sampai matang.

7. Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk.8. Brownies siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini