Cara Membuat Brownies Kukus Sederhana ala Rumahan, Enak dan Lembut Tiap Gigitan

Oleh Rizky Mandasari pada 02 Nov 2018, 11:45 WIB
Diperbarui 02 Nov 2018, 11:45 WIB
cara membuat brownies
Perbesar
(sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Brownies kukus kini sudah menjadi salah satu kue basah favorit banyak orang. Baik itu brownies kukus sederhana ataupun brownies kukus premium dengan citarasa lumeran dark chocolate cooking yang super enak dan menggiurkan. Bahkan tak heran jika saat ini kue brownies juga dijual secara online karena banyaknya peminat.

Brownies sendiri memiliki dua macam, yakni yang kukus dan panggang. Namun keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula. Ya, kalau cara membuat brownies kukus teksturnya lebih lembut dan sedikit basah hingga tidak bikin seret ketika dimakan. Sementara itu, brownies panggang yang diolah dengan oven tekturnya lebih garing karena tampilannya yang kering.

Baik brownies kukus dan panggang memiliki citarasa yang menggoda. Namun semuanya tergantung selera setiap orang, ada yang suka lembut dan ada yang garing. Berbicara kue brownies kukus, ternyata kue cokelat basah yang satu ini memiliki beberapa kreasi rasa dan bentuk yang menggoda.

Untuk menambah rasa brownies, bisa juga dikreasikan dengan toping pilihan seperti kacang mete, almond, keju, Nutella dan buah stroberi. Bahan utama yang digunakan untuk bikin brownies juga berpengaruh sangat besar ke rasa.

Selain toping yang digunakan, untuk menambah inovasi rasa di setiap potongan kue brownies dengan menambahkan selai di tengah-tengah kue brownies. Mulai dari selai stroberi, selai nanas, selai blueberry, selai cokelat, kacang, selai apel bahkan Nutella manis. Kue brownies yang dasarnya memiliki rasa cokelat sehingga mudah dikreasikan dengan apa saja. Dan rasanya pun tetap enak dan menggoda.

Banyaknya peminat olahan brownies aneka rasa, kini brownies pun seringkali dijadikan salah satu menu andalan di sebuah toko kue. Beberapa brand tenama brownies ini seolah berlomba-lomba menciptakan inovasi baru di setiap olahan brownies kukus, brownies panggang dan brownies bakar dengan macam bahan dan bentuk agar menarik pembeli.

Saking banyaknya pencinta brownies, kini banyak bermunculan resep brownies yang bermacam-macam. Mulai dari resep brownies tanpa mixer, brownies majic com, brownies tanpa oven (kukus), brownies kukus sederhana, brownies tanpa telur dan masih banyak lainnya. Yah terlepas dari itu semua, kekurangan utama dari kue brownis ini adalah harganya yang relatif mahal dan mending bikin sendiri saja di rumah.

Tak perlu khawatir ribet, ada cara membuat brownies kukus yang mudah dan sederhana kok. Berikut cara membuat brownies kukus sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (02/11/2018).

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat brownies kukus:

200 gram tepung terigu, ayak

300 gram coklat batang

75 gram coklat bubuk, ayak

200 ml susu segar

300 gram mentega

6 butir telur ayam

250 gram gula pasir

1 sdt garam

1 sdt baking powder

3 dari 4 halaman

Cara membuat brownies kukus:

1. Tim cokelat batang dan mentega pada panci yang sama. Setelah leleh tambahkan garam. Aduk sampai rata.

2. Siapkan wadah untuk mengocok telur. Kocok telur dengan gula pasir hingga berbusa.

3. Masukkan cokelat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan dengan susu. Aduk sampai rata.

4. Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam 2 loyang. Sebelumnya olesi dulu loyang dengan mentega.

6. Kukus selama 20 menit atau sampai matang.

7. Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk.

8. Brownies siap disajikan.

4 dari 4 halaman

Teknik cara mengukus brownies agar tidak bantat

1. Memilih kukusan

Dalam memilih alat untuk mengukus kue, sesuaikan besar kukusan dengan loyang yang digunakan. Sebabnya, kalau kukusan terlalu besar dibanding besar loyang, uap akan terlalu banyak. Kue bisa menjadi bantat karena terlalu basah.

Tidak hanya besar alat pengukusnya. Besar lubang kukusan pun turut mempengaruhi. Pilih kukusan dengan lubang yang tidak terlalu besar. Tujuannya masih sama, yaitu menjaga agar uap tidak keluar berlebihan sehingga brownies tidak terlalu basah.

Kemudian, pilihlah kukusan yang berpenutup kaca atau berbentuk kerucut. Fungsinya adalah menjaga agar uap yang telah mengembun tidak turun ke dalam adonan brownies.

2. Menyiapkan pengukus sebelum digunakan

Panaskan kukusan minimal 10 menit sebelum digunakan. Jika kukusan datar atau tidak terbuat dari kaca, alasi tutup kukusan agar air tidak menetes. Sebelum adonan brownies masuk ke dalam pengukus, pastikan air kukusan cukup untuk mengukus dan dalam keadaan mendidih.

3. Mengatur suhu saat brownies tengah dikukus

Selama mengukus, setelah air mendidih, kecilkan api dan gunakan api dengan panas sedang agar brownies tidak mengempis. Dengan api yang tidak terlalu besar dan suhu yang tidak setinggi sebelumnya, brownies bisa matang merata.

4. Pasca mengukus brownies

Jika brownies sudah matang, jangan abaikan cara membuka tutup pengukus. Salah-salah, brownies yang sudah matang sempurna jadi basah karena air menetes ke dalam kue. Caranya adalah sebagai berikut. Angkat tutup kukusan dengan cepat dalam posisi terbalik ke atas, agar air tidak menetes ke brownis. Begitu ditutup kembali, lap dulu panci pengukus.

Lanjutkan Membaca ↓