Sukses

Kisah Sukses Pengusaha Sepatu Muda Asal Yogyakarta

Bisnis sepatu yang dijalankan pengusaha muda asal Kota Gudeg berkembang lewat di platform digital.

Liputan6.com, Yogyakarta - Geliat ekonomi digital turut digerakkan oleh para generasi muda Indonesia. Salah satunya adalah Uma Hapsari, seorang pengusaha berusia 27 tahun asal Yogyakarta yang merintis usaha sepatu dengan brand Amazara.

Brand yang diambil dari nama sang buah hatinya ini dimulai Uma Hapsari pada 2015 lalu. Kisah sukses turut mengantarkannya sebagai salah satu mitra Shopee yang ambil bagian dalam kampanye bertajuk Kreasi Nusantara: Koleksi Karya Muda dalam eksibisi yang digelar di Kota Gudeg beberapa waktu lalu.

Petualangan Uma menjadi pebisnis dimulai ketika ia menjalankan supermarket yang jadi usaha keluarga di daerah Bantul dan Wonosari. Kala itu, ada beberapa channel supplier sepatu yang coba untuk dijual. Kemudian, tercetus ide untuk membuat merek sendiri.

Pertama-tama, produk sepatu Amazara dijual melalui media sosial, Instagram. Perlahan namun pasti, merambah dengan membuat website dan bergabung di e-commerce Shopee dan bertambah besar hingga memiliki toko sendiri.

"Bergabung sama Shopee sudah lebih dari setahun. Sebelumnya di website saja. Tokonya baru buka April tahun ini dan baru hanya di Yogyakarta. Kemarin sudah mencari rekanan paling dekat waktunya buka store di Maldives, supaya bisa ekspor," jelas Satria Ganeza selaku Head of Finance Amazara di Yogyakarta, baru-baru ini.

Soal desain, Amazara memiliki tim research and development yang datanya diambil per kategori mulai dari high heels, sneakers, flat shoes. Database website Amazara pun sudah memiliki cukup banyak user.

"Dari sana kita bisa lihat mana yang customer lebih pengen yang mana. Produksi based on keinginan customer. Dari chat-chat yang masuk juga kita ambil," kata Satria.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.