Sukses

Nepal, Menikmati Keindahan Negeri Seribu Kuil

Nepal bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta – Libur akhir tahun segera tiba. Berbagai persiapan untuk mengisi liburan pun sedang dipersiapkan, termasuk destinasi wisatanya, entah di dalam maupun di luar negeri.

Untuk tujuan wisata di luar negeri, Nepal bisa jadi salah satu pilihan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Nepal terletak di kawasan pegunungan Himalaya yang berbatasan dengan China di sebelah utara, serta India di barat, timur, dan selatan.

Jika Indonesia dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa karena posisinya berada di garis khatulistiwa, lain halnya dengan Nepal. Negara itu dijuluki sebagai Negara Seribu Kuil karena di sana banyak terdapat kuil.

Nepal memiliki tujuh situs warisan dunia Unesco. Empat dari tujuh situs tersebut sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang melanda negara tersebut pada 2015 lalu. Berikut kuil-kuil dengan arsitektur yang indah yang dimiliki Nepal.

Boudhanath

Boudhanath berlokasi di Kathmandu. Kuil ini termasuk paling besar yang ada di Nepal dan di Asia dan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1979. Berkunjung ke Kathmandu, kurang lengkap jika tak mengunjungi tempat yang dianggap sebagai pusat Buddhisme Tibet ini. 

Pashupatinath

Selain itu, perjalanan Anda juga kurang lengkap jika tak menyambangi kuil yang mempunyai pagoda dengan dua atap ini.Pada sisi pagoda terlihat adanya simbol yang menghiasinya yang terbuat dari tinta emas. Di kedua sisi pintunya di mana terdapat gambar sejumlah dewa-dewi, seperti Ashtha Bhairava dan Apsaras dan lain-lain. Fungsi dari kuil ini sebagai tempat membakar jenazah agama Hindu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Swayambhunath dan Durbar Square

Swayambhunath

Dari pusat kota Kathmandu, ada sebuah bangunan arsitektur kuno yang dinamakan Swayambhunath. Ada 365 buah anak tangga curam yang harus dinaiki. Sepanjang anak tangga Anda akan menemukan banyak batu yang terdapat mantra Tibet tertulis.

Durbar Square

Tempat ini merupakan obyek wisata yang dianggap sebagai ikon kota Kathmandu. Di Durbar Square ini, ada banyak air mancur, patung dewa dan dewi, serta kuil. Lokasi ini terbilang unik  karena banyak gedung megah yang seolah menunjukkan masa kejayaan kerajaan Kathmandu di masa lampau. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.