Cara Membuat Macaroon Sederhana, Si Cantik Warna-warni yang Menggoda

Oleh Rizky Mandasari pada 01 Nov 2018, 11:36 WIB
Diperbarui 01 Nov 2018, 11:36 WIB
cara membuat macaroon
Perbesar
(sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pernah melihat kue yang banyak warna dan sangat cantik ini kan? Namanya adalah macaroon. Rasanya yang manis dan renyah menjadikan kue ini begitu banyak diburu oleh orang-orang.

Di Indonesia sendiri kue imut ini sedang booming sekali, padahal aslinya macaroon adalah kue asli Prancis. Kue yang imut dan berwarna cerah ini tengah naik daun di dunia pastry. Meski termasuk pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, macaroon sudah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya Prancis.

Cita rasanya sendiri didominasi oleh rasa gurih almond yang berpadu selaras dengan aneka rasa isi, seperti vanila, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, hingga green tea. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalam. Saat dimakan, langsung lumer di mulut. Banyak yang mempertanyakan dari mana sebetulnya macaron atau macaroon ini, menurut Larousse Gastronomique, kamus kuliner asal Prancis, resep orisinal macaroon datang dari Venesia, Italia.

Kata macaroon berasal dari bahasa Italia, maccarone, yang artinya bentuk bubuk halus. Namun, kepopuleran macaroon justru berawal di Prancis, macaroon versi tertua diyakini dibuat pada tahun 791 M di sebuah biara di Cormery. Membuat macaroon membutuhkan ekstra ketelitian dalam membaca dan mengikuti resep dan ketepatan dalam hal mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang.

Bahan, peralatan, dan cara membuat macaroon pada dasarnya sama dengan teknik membuat schuimpjes atau meringue (adonan putih telur). Bedanya, macaroon selalu menggunakan almond bubuk, dan adonan dipanggang tidak sampai sekering kue kering. Bentuknya pun bundar dengan permukaan yang sedikit naik seperti koin tebal (tidak meruncing ke atas seperti kebanyakan bentuk schuimpjes), dan bagian dasar kue datar.

Meski terlihat sulit cara membuatnya, kamu tetap bisa kok membuat kudapan satu ini di rumah dengan cara yang sederhana. Nah, sudah penasaran kan dengan cara membuatnya? Berikut cara membuat macaroon sederhana yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Kamis (01/11/2018).

2 dari 4 halaman

Bahan cara membuat macaroon:

120 gr tepung almond

3 butir putih telur

2 sdm gula

200 gr gula icing (gula bubuk)

2 sdm icing sugar (untuk taburan)

Pewarna makanan secukupnya (warna bisa sesuai selera)

 

Bahan olesan cara membuat macaroon:

100 gr cokelat putih, dipotong-potong

2 sdm krim kental

1 1/2 sdt vanila bubuk

3 dari 4 halaman

Cara membuat olesan macaroon:

1. Siapkan panci berisi air sedikit saja, lalu letakkan mangkuk ditengah panci (air jangan sampai melebihi tingginya mangkuk).

2. Masukkan cokelat putih dan krim kental kemudian masak menggunakan api kecil, pastikan adonan tersebut sudah tercampur dengan rata.

3. Kemudian setelah itu angkat dan diamkan hingga kental dan dingin. Bahan olesan pun siap digunakan.

4 dari 4 halaman

Cara membuat macaroon sederhana:

1. Siapkan loyang yang diolesi dengan mentega tipis, tutup dengan kertas roti lalu sisihkan.

2. Selanjutnya kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut kemudian tambahkan gula kastor lalu kocok terus hingga gula larut dan lembut. Matikan mixer, lalu tambahkan icing sugar dan juga tepung almond, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula.

3. Setelah itu pindahkan adonan ke dalam mangkuk yang lebih kecil, jika kamu ingin beberapa warna berbeda pada kue macaroon, maka adonan dibagi di dalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang ingin dibuat.

4. Tuangkan pewarna makanan yang sudah disiapkan sesuai selera ke dalam adonan di masing-masing mangkuk, lalu aduk rata.

5. Kemudian masukan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang.

6. Buatlah bulatan-bulatan yang sama, jangan lupa beri jarak sekitar 2 cm antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel.

7. Selanjutnya taburkan icing sugar di atas adonan, lalu diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.

8. Kemudian panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang. Lalu angkat, dinginkan kue macaroon.

9. Terakhir oleskan satu bagian kue macaroon dengan bahan olesan yang sudah dibuat sebelumnya, lalu tutup kue macaroon yang memiliki warna sama. Bentuk hingga menyerupai burger.

10. Sajikan macaroon bersama kopi atau teh untuk camilan di sore hari.

Lanjutkan Membaca ↓