Cara Membuat Cupcake Cokelat Kukus yang Enak dan Sederhana, Lembut Banget

Oleh Rizky Mandasari pada 31 Okt 2018, 11:28 WIB
Diperbarui 31 Okt 2018, 11:28 WIB
cara membuat cupcake
Perbesar
cupcake cokelat (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cupcake adalah kue mungil yang dibuat dari adonan kue yang dicetak dalam paper cup atau cup kertas. Bentuk cupcake hampir sama dengan muffin, namun teksturnya lebih ringan. Sebagai variasi olahan cupcake kita dapat menambah isian dalam adonan cupcake. Beraneka ragam hiasan cupcake mulai dari hiasan sederhana hingga hiasan yang memerlukan keterampilan khusus untuk membuatnya.

Hiasan cupcake harus bisa dimakan dan aman pastinya. Bermacam-macam momen dapat dimanfaatkan bersama sajian cupcake mungil dan cantik, misalnya pesta ulang tahun, hari raya keagamaan, pernikahan, hari kelahiran, atau acara lainnya yang dapat mewakili tema acara tersebut. Cupcake juga bisa dijadikan sebagai souvenir, atau hantaran untuk kerabat atau teman.

Menurut sejarah, cupcake pertama kali dibuat pada tahun 1828 (dalam buku 'receipts' karangan E.Leslie) dengan menggunakan cangkir sebagai alat untuk mengukur bahan-bahannya. Alat untuk memanggangnya masih menggunakan tungku, sehingga dibutuhkan waktu cukup lama untuk membuat cupcake. Oleh karena itu kue yang akan dipanggang tidak dicetak pada loyang besar melainkan dicetak pada cangkir agar dapat mempersingkat waktu memanggang.

Pada waktu itu orang akan membuat cupcake menggunakan cangkir dalam membuat resep cake seperti 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung, dan 4 buah butir telur, 1 cangkir susu, 1 sendok teh baking powder.

Pada tahun 1950-an, kue ini mulai menurun popularitasnya dan hanya dianggap sebagai jajanan anak-anak. Tetapi saat ini cupcake sudah mulai kembali booming termasuk di Indonesia. Dengan semakin banyaknya variasi resep dasar adonan dan hiasan cupcake yang semakin kreatif, cupcake dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menggantikan kue tart dalam ukuran besar dan bertingkat.

Pada umumnya, cupcake diolah dengan cara dipanggang menggunakan oven, namun ternyata cukup banyak orang yang membuat cupcake dengan cara dikukus yang mana tidak membutuhkan oven. Selain itu, hidangan yang diolah dengan cara dikukus juga jauh lebih baik dalam segi tekstur akan menghasilkan kue cupcake yang lebih lembut.

Berikut cara membuat cupcake cokelat kukus yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018).

2 dari 3 halaman

Bahan cara membuat cupcake cokelat kukus:

100 gram margarin, dilelehkan

3 butir telur ayam

100 gram gula pasir

50 gram susu bubuk

1 sdt cake emulsifier

1/2 sdt baking powder

100 gram tepung terigu

80 gram cokelat batang, dilelehkan

3 dari 3 halaman

Cara membuat cupcake cokelat kukus:

1. Kocok telur dengan gula pasir hingga mengembang.

2. Masukkan cake emulsifier sambil terus dikocok hingga pucat.

3. Masukkan susu bubuk, baking powder dan tepung terigu sambil diaduk hingga merata.

4. Masukkan juga cokelat dan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata.

5. Tuang adonan kue ke dalam cup yang sudah disiapkan dan dilapisi dengan cup kertas.

6. Kukus hingga kue benar-benar matang lalu diangkat dan sajikan dengan berbagai topping sesuai selera.

Lanjutkan Membaca ↓