Sukses

Cara Membuat Kentang Goreng Crispy dan Tahan Lama, Bikin Ketagihan

Renyahnya bisa tahan lama

Liputan6.com, Jakarta Kentang goreng adalah camilan yang sering banget kita temui di kafe, restoran, ataupun di pinggir jalan. Panganan satu ini adalah menu wajib yang ada di gerai fast food dengan rasa yang garing dan tekstur renyah.

Tak sedikit orang yang sangat suka dengan camilan ini karena memang bikin ketagihan saat mencicipinya. Selain itu, caranya terbilang mudah lho. Meski kadang-kadang kentang goreng yang kita buat crispy di awal namun tak tahan lama kerenyahannya.

Nah, ternyata untuk membuat kentang goreng yang crispy dan tahan lama ada trik tersendiri lho. Penasaran? Berikut cara membuat kentang goreng crispy dan tahan lama yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kentang Goreng Crispy

Untuk menjadikan kentang goreng renyah tahan lama, ternyata rahasianya cuma tepung. Bisa menggunakan tepung terigu atau tepung maizena. Bagaimana cara membuat kentang goreng seperti ini? Berikut cara membuat kentang goreng crispy yang bisa kamu ikuti.

Bahan-bahan membuat kentang goreng:

2 Buah kentang ukuran besar

1/2 Sdt kunyit bubuk

1 Sdm tepung terigu

2 Gelas air untuk merebus

2 Gelas air es

Garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng secukupnya

 

Cara membuat kentang goreng renyah dan crispy:

1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.

2. Didihkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.

3. Tiriskan kentang dan segera masukkan ke dalam air es.

4. Campur terigu dan garam, kemudian gulingkan kentang di atasnya. Aduk hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.

5. Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga berwarna kekuningan. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.

3 dari 5 halaman

Cara membuat kentang goreng ala gerai fast food:

French fries atau kentang goreng ala gerai makanan cepat saji seperti KFC dan McD biasanya memiliki kerenyahan yang tahan lama dan menguarkan aroma lemak hewani yang sedap. Bagaimana cara membuat kentang goreng seperti ini? Ternyata rahasianya adalah lemak beku. Bisa menggunakan beef tallow (dari sapi) atau lard (dari babi). Berikut cara membuat kentang goreng ala KFC yang renyah.

Bahan-bahan:

200 Gram beef tallow atau lemak daging sapi beku (bisa diganti dengan palm shortening)

2 Buah kentang ukuran besar

1 1/2 gelas air

1/4 Cangkir sirup jagung (bisa diganti dengan 1/4 cangkir gula yang dilarutkan dengan 1 sdm air hangat)

1/4 Sdt kaldu sapi blok (opsional)2 Sendok teh garam

4 dari 5 halaman

Cara membuat kentang goreng ala KFC:

1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.

2. Campurkan sirup jagung dan air, kemudian masukkan kentang ke dalamnya. Dinginkan selama sekitar 30 menit.

3. Panaskan minyak goreng, kemudian tiriskan kentang dari larutan gula. Setelah itu goreng kentang selama 1 sampai 2 menit.

4. Tiriskan minyak dari kentang goreng, kemudian dinginkan kentang di dalam lemari es selama 15 menit.

5. Panaskan kembali minyak goreng dan tambahkan lemak daging sapi. Setelah itu goreng kentang selama 5 menit atau sampai kuning keemasan.

6. Tiriskan minyak dari kentang goreng, kemudian taburi garam dan merica sesaat sebelum dihidangkan.

5 dari 5 halaman

Cara membuat saus kentang goreng

Kentang goreng atau french fries paling nikmat disantap dengan saus. Bisa menggunakan mayones seperti di Prancis atau menggunakan saus keju seperti Richeese. Cara membuat saus keju seperti ini sebenarnya juga tidak sulit, kok. Berikut cara membuat saus keju yang paling sederhana.

Bahan:

100 Gram keju quickmelt diparut

130 ml susu cair tawar

20 Gram bumbu kentang bubuk rasa keju

50 ml air

1 1/2 Sdm tepung maizena

1 Kuning telur

 

Cara membuat saus keju untuk kentang goreng:

1. Rebus susu dan keju quickmelt dengan api kecil.

2. Kocok kuning telur, maizena, dan air, kemudian masukkan ke dalam rebusan susu. Aduk rata sampai semuanya mengental.

3. Masukkan bumbu kentang bubuk rasa keju ke dalam saus, kemudian aduk sampai meletup-letup. Segera angkat dan tunggu sampai dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini