Cara Membuat Pancake Sederhana, Enak dan Mengenyangkan Buat Sarapan

Oleh Rizky Mandasari pada 28 Okt 2018, 18:08 WIB
Diperbarui 28 Okt 2018, 18:08 WIB
cara membuat pancake
Perbesar
(sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pancake adalah salah satu kudapan yang sudah sering kita temui di restoran, kafe, ataupun kedai kopi. Hidangan ini seringkali muncul sebagai menu sarapan atau kudapan jelang makan siang.

Pancake atau pannenkoek dalam bahasa Belanda adalah kue dadar yang terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, telur, gula, dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air untuk dijadikan adonan. Adonan tersebut lalu digoreng di atas wajan datar atau pan yang telah diolesi minyak. Biasanya di atas pancake ditambahkan mentega, sirup mapple, selai, atau madu. Untuk variasi, pancake juga bisa dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.

Pancake adalah makanan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Asal usul pancake ini bahkan dipercaya sudah ada sejak masa atau Peradaban Romawi Kuno. Awalnya pancake ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti 'makanan manis', yang dibuat dari terigu, susu, dan bumbu.

Lambat laun, pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Dan sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di wilayah ini, pancake dijadikan sebagai menu khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba.

Pancake ini sering dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup. Namun pada masyarakat Inggris, kudapan manis ini ternyata sering disajikan sebagai menu utama. Yah, sah-sah saja sih kalau memang makanan ini dijadikan sebagai menu utama di meja makan, karena setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menikmati atau memakan pancake ini.

Jika di lihat dari bahan-bahan yang digunakan, makanan-makanan tersebut juga menggunakan bahan yang sama, seperti tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatan adonannya. Yang membedakannya adalah cara pengolahannya saja. Perbedaan cara pengolahan inilah yang menghasilkan produk yang berbeda. Nilai gizi yang dikandung dalam makanan-makanan tersebut pastinya pun akan berbeda.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Berikut cara membuat pancake sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018).

2 dari 6 halaman

Bahan-bahan untuk pancake:

100 gram tepung terigu

250 ml susu cair

Sedikit garam

1 butir telur

Secukupnya margarin untuk olesan

3 dari 6 halaman

Bahan untuk topping:

Sirup mapple

Es krim

Cokelat leleh

4 dari 6 halaman

Peralatan:

Wajan anti lengket atau teflon

Wadah berbagai macam ukuran

Gelas takar

Kuas

5 dari 6 halaman

Bahan-bahan:

Susu cair masukkan ke dalam wadah terpisah.

Tepung terigu, ayak dan masukkan dalam wadah terpisah.

Telur pisahkan bagian kuning dan putihnya. Masukkan masing-masing ke dalam dua wadah yang terpisah.

6 dari 6 halaman

Cara membuat pancake sederhana:

1. Siapkan wadah untuk adonan pancake, masukkan tepung terigu, kuning telur dan garam.

2. Gunakan spatula atau whisk untuk mengaduk-aduk adonan, aduk sampai merata dan benar-benar tercampur. Jika masih ada gumpalan atau gelembung pada adonan, aduk lagi sampai menghilang.

3. Gunakan mixer untuk mengocok putih telur pada wadah yang berbeda. Setel pengatur kecepatan ke mode tinggi pada mixer.

4. Tuangkan adonan putih telur ini ke dalam adonan tepung terigu. Dengan menggunakan spatula, aduk-aduklah adonan hingga merata.

5. Siapkan teflon atau wajan anti lengket di atas kompor yang menyala dengan api kecil, lalu cairkan sedikit margarin.

6. Setelah wajan menjadi cukup panas, tuangkan kira-kira 2 1/2 sendok sayur adonan lalu tutupilah wajan dengan penutupnya.

7. Tunggu sebentar lalu baliklah adonan tersebut. Lakukan sampai matang dan berwarna kecokelatan.

8. Kemudian, angkat adonan dan letakkan di atas piring. Taruh 2 scoop ice cream di atasnya, lalu tambahkan sedikit sirup maple dan lelehan cokelat.

Lanjutkan Membaca ↓