Sukses

DIY: Pembersih Karpet dari Bahan Alami

Jangan cuci pakai air! Buat sendiri bahan alami pembersih karpet, yuk!

Liputan6.com, Jakarta - Anda ingin beberes rumah di libur akhir pekan kali ini? Dari sekian banyak agenda, membersihkan karpet yang sudah mulai berdebu dan tak nyaman diinjak mungkin jadi salah satunya. Kalau iya, Anda mungkin ingin menyimak pembahan satu ini.

Pasal, Anda ternyata bisa membuat sendiri pembersih karpet dari bahan alami. Tak hanya lebih aman karena tak mengandung bahan kimia, namun bisa jadi menghemat pengeluaran di waktu-waktu genting seperti ini.

Dengan bahan-bahan yang cukup mudah ditemukan dan cara membuat terbilang praktis, Anda sudah bisa memiliki pembersih karpet sendiri. Simak bahan dan langkah-langkah pembuatannya seperti dikutip dari diynetwork.com, Sabtu (27/10/2018).

Bahan-bahan pembersih karpet:

Gelas ukur

Sendok

Blender

Sikat

Vacuum cleaner

Bubuk pembersih:

2 cangkir soda kue

1/2 mangkok tepung kanji jagung

1/2 cangkir tepung jagung

1 sdm boraks

1 sendok teh kayu manis

2-3 daun salam kering

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Pembuatan

Langkah 1

Masukkan semua bahan bubuk pembersih ke dalam blender. Blender agak lama agar mendapatkan hasil yang sangat halus. Pastikan daun salam sudah benar-benar menjadi serbuk halus. Kemudian, masukkan semua bahan yang sudah diblender ke dalam wadah kaca yang bisa ditutup dengan baik.

Langkah 2

Taburkan campuran bubuk pembersih karpet dan pastikan merata. Jangan sampai terkena air karena malah akan membuat karpet jadi kotor.

Langkah 3

Diamkan serbuk pembersih karpet dalam jangka waktu yang lama (kalau bisa semalaman). Lalu, bersihkan bubuk pembersih yang ada di atas menggunakan vacuum cleaner. Voila, karpet Anda sudah bersih dan siap digunakan kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.