Sukses

Cara Membuat Saus Telur Asin yang Nggak Amis dan Creamy, Nikmat Disantap dengan Makanan apa pun

Saus telur asin atau dikenal dengan salted egg sauce memang sedang hits saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Makanan dengan saus telur asin saat ini sedang populer. Rasa telur asin kini menjadi tren dalam dunia kuliner. Rasa asin dan gurih dari telur asin memberikan cita rasa yang unik pada beragam jenis makanan. Saus telur asin memang memiliki cita rasa yang begitu khas. Aneka menu bahkan bisa terasa lebih lezat bila diberi saus telur asin ini. Nggak heran banyak orang yang tertarik mengetahui cara membuat saus telur asin.

Bermacam panganan dengan rasa telur asin kini tersedia di banyak restoran hingga snack makanan ringan. Segala macam hidangan berbalut saus telur asin, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, tahu goreng, kulit ikan goreng sampai mi instan dengan saus telur asin selalu diburu banyak orang.

Dengan populernya saus telur asin, restoran yang menyajikan makanan tersebut pun memiliki antrian yang cukup panjang. Daripada repot karena harus mengantre lama demi makanan saus telur asin, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah.

Sebenarnya cara membuat saus telur asin terhitung gampang-gampang susah. Pemilihan bahan yang tepat jadi kunci untuk membuat saus telur asin yang creamy. Kalau bahan-bahan yang kamu gunakan berkualitas terbaik, saus yang dibuat pun bisa bebas dari bau amis. Nah, buat kamu yang tertarik ingin mengetahui cara membuat saus telur asin, berikut ini Liputan6.com rangkum resepnya dari berbagai sumber, Senin (29/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan bahan-bahan

Untuk membuat saus telur asin yang enak, gunakan bahan-bahan terbaik, antara lain:

4 kuning telur asin, dilumatkan

2 sdm susu full cream

2 siung bawang putih, digeprek lalu dirajang

1 sdm mentega

5 lembar daun kari (daun salam koja)

1/2 sdt garam

1 sdt lada

1/2 sdt kaldu bubuk

air secukupnya

3 dari 4 halaman

Cara membuat saus telur asin:

Tumis bawang putih dan mentega sampai harum. Lalu masukkan daun kari. Daun kari ini berguna untuk memberi aroma khas dan mengatasi bau amis telur asin. Taburkan lada dan kaldu bubuk. Aduk sampai rata.

Setelah bumbu tumisan harum, masukkan kuning telur asin yang sudah dilumatkan. Masak dengan api kecil, aduk terus hingga berbusa. Tunggu sampai teksturnya lebih lembut dan creamy.

Lalu tambahkan susu full cream. Susu ini berguna untuk embuat tekstur saus telur asin lebih creamy. Di sini kamu bisa menyesuaikan kekentalan teksturnya. Kalau ingin lebih creamy, bisa ditambahkan susu full cream lagi. Kalau dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air sambil terus diaduk.

Cicipi saus telur asin buatanmu. Jika dirasa kurang asing, tambahkan garam. Jika sudah pas, kamu boleh tidak menggunakan garam. Sesuaikan dengan seleramu.

Saus telur asin ini bisa disajikan dan dihidangkan dengan aneka olahan favoritmu.

4 dari 4 halaman

Tips cara membuat saus telur asin:

1. Haluskan kuning telur sampai benar-benar lumat. Pastikan tidak banyak bagian yang masih utuh. Hal ini penting sebagai cara membuat saus telur asin yang halus dan encer.

2. Kunci penting cara membuat saus telur asin terletak pada komposisinya. Komposisi sempurna untuk membuat saus telur asin yakni penggunaan kuning telur asin dan margarin dalam jumlah sama yakni 1:1. Artinya jika berat kuning telur asin 100 gr maka margarin yang digunakan juga 100 gr. Takaran ini dianggap sempurna karena saus yang dihasilkan tidak terlalu kental ataupun berminyak.

3. Daripada menggunakan minyak, pakai mentega. Pasalnya, mentega akan memberi aroma yang lebih sedap.

4. Kunci saus telur asin yang kering adalah busa yang banyak kala digoreng. Pertama-tama panaskan minyak dan masukkan telur asin yang telah lumat. Aduk terus dalam waktu yang lama sampai saus mengeluarkan busa yang cukup tinggi. Perhatikan juga saat kuning telur dimasak maka akan muncul buih busa yang memenuhi wajan, ini adalah tanda wajar karena jika tidak berbusa tandanya kuning telur dalam keadaan tidak segar.

5. Gunakan api kecil saat membuat saus telur asin. Pasalnya, saus telur asin mudah gosong, apalagi jika kamu membuatnya dalam jumlah banyak sehingga perlu waktu lama untuk membuatnya berbusa. Pastikan selalu gunakan api kecil dan terus diaduk.

6. Jangan terburu-buru menambahkan garam saat membuat saus telur asin. Cicipi dulu sausnya, kuning telur asin punya kadar asin yang berbeda-beda. Ada yang sudah cukup asin, ada yang masih harus ditambahkan garam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini