Sukses

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana yang Mudah Tanpa Oven

Kue ulang tahun bisa dibuat tanpa oven lho.

Liputan6.com, Jakarta Kue ulang tahun adalah sebuah kue yang disajikan kepada seseorang pada hari ulang tahunnya. Saking istimewanya kehadiran kue ini di hari ulang tahun, banyak orang yang penasaran dengan cara membuat kue ulang tahun. Kue ulang tahun sendiri biasanya dihiasi dengan nama seseorang serta tak ketinggalan ditancapkan lilin di atasnya.

 

Baca juga:

 

Lilin yang ditaruh di atas kue ulang tahun biasanya sama dengan jumlah usia orang yang berulang tahun. Ada juga tradisi untuk meletakkan satu lilin ekstra untuk membawa keberuntungan. Kue ulang tahun biasanya spons dan rasa yang paling populer di kue adalah cokelat.

Sejarah asal-usul mulanya kue ulang tahun dimulai pada zaman Romawi kuno. Kala itu cara membuat kue ulang tahun kue dibentuk bulat dari bahan-bahan tepung, kacang, ragi, dan diberi pemanis dari madu. Kue ini disajikan saat momen-momen khusus.

Perubahan kue ulang tahun mulai terjadi pada abad 17, bentuk kue kurang lebih sama dengan bentuk yang ada sekarang lengkap dengan bagian-bagiannya seperti layer atau dekorasi. Tapi pada masa itu kue ulang tahun tersedia hanya bagi orang kaya saja. Kue ulang tahun akhirnya menjadi merakyat karena adanya revolusi industri, saat bahan-bahan dan peralatan semakin mudah didapat.

Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak toko kue yang menyediakan berbagai macam kue ulang tahun dengan berbagai bentuk dan varian topping yang unik dan menarik atau bahkan bisa diorder sesuai keinginan. Bahkan kini semua orang pun bisa membuat sendiri kue ulang tahun. Pasalnya, kini cara membuat kue ulang tahun bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Bahkan kamu bisa membuat kue ulang tahun tanpa menggunakan oven lho. Nah, berikut ini Liputan6.com Senin (29/20/2018) rangkum dari berbagai sumber, cara membuat kue ulang tahun tanpa oven.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan yang harus disiapkan:

4 butir putih telur

½ sendok teh garam

1 ½ sendok teh emulsifier

150 gram gula pasir

50 gram kacang tanah serbuk

125 gram terigu

25 gram bubuk cokelat

½ sendok teh baking powder

50 ml susu cair

150 gram margarin yang sudah dilelehkan

1/2 sendok teh pasta cokelat

Bahan tambahan atau olesan :

150 gram mentega putih

25 gram margarin

150 gram susu kental manis warna putih

50 gram selai kacang

100 gram cokelat masak yang sudah dilelehkan

 

Baca juga:

 

3 dari 5 halaman

Cara membuat kue ulang tahun tanpa oven:

1. Kocok telur dengan memakai mixer, lalu masukkan garam dan emulsifier. Aduk sampai agak mengembang.

2. Lalu masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga mengembang penuh. Mulai masukkan kacang tanah serbuk. Kocok kembali sampai merata.

3. Kemudian masukkan terigu, cokelat serbuk dan baking powder sambil tetap diayak dan diaduk sampai rata. Masukkan juga susu cair.

4. Masukkan margarin leleh dengan pasta cokelat sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.

5. Siapkan loyang dengan ukuran 20 cm dan tinggi 7 cm. Beri kertas roti di bagian alasnya.

6. Lalu kukus adonan ini sekitar 20 menit. Gunakan api ukuran sedang dan tunggulah sampai matang.

7. Sisihkan kue supaya dingin.

Sambil menunggu kue dingin, kamu bisa sambil membuat olesannya. Berikut cara membuat olesan kue ulang tahun yang sederhana.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 5 halaman

Cara membuat olesan kue ulang tahun

1. Nyalakan mixer dan kocok mentega putih serta margarin sampai warnanya menjadi putih. Masukkan susu kental manis putih. Kocok kembali sampai merata.

2. Masukkan juga selai kacang dan cokelat masak leleh. Lalu aduk lagi hingga merata.

3. Ambil kue yang sudah jadi, potong mejadi 3 bagian rata, ratakan permukaan cake memakai spatula. Kemudian olesi dengan bahan olesan.Kue ulang tahun siap dihias sesuai selera dan disajikan untuk acara ulang tahun.

5 dari 5 halaman

Tips dalam cara membuat kue ulang tahun:

Untuk kamu yang ingin membuatkan kue ulang tahun untuk si buah hati, bisa membuatnya dengan bentuk karakter. Karena bentuk seperti inilah yang menjadi favorit anak. Misalkan saja karakter kesayangan berupa wujud boneka, tokoh kartun atau super hero.

Nah, itu tadi cara membuat kue ulang tahun tanpa oven. Meski caranya sederhana, cara membuat kue ulang tahun tanpa oven ini bisa menghasilkan kue yang tak kalah lezat dari yanga da di toko. Perlu kamu pahami bahwa kualitas rasa yang enak, tergantung dari bahan yang digunakan.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini