Sukses

Eksotisme Tenun Sumba dalam Busana Siap Pakai di Ajang Modest Heritage Indonesia

Dalam perhelatan Modest Heritage Indonesia di Belanda, desainer muda Rizki Permatasari akan mengolah tenun sumba menjadi busana siap pakai yang modern dan praktis.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perhelatan Modest Heritage Indonesia di Belanda, desainer muda Rizki Permatasari akan mengenalkan koleksi terbarunya. Mengusung kain tenun sumba dalam rancangannya, Rizki akan mengolah salah satu wastra Nusantara bernilai seni tinggi itu menjadi busana siap pakai yang modern dan praktis.

“Saya lihat orang-orang luar itu kan mereka sukanya yang santai, praktis, dan nyaman. Modelnya juga nggak terlalu berat. Jadi, saya akan membuatnya menjadi busana kasual,” ujar Rizki di siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Rizki akan menampilkan busana harian sebanyak 6 look dengan tenun Sumba bermotif fauna dan mengombinasikan lurik pada setiap desainnya. Konsep tumpuk atau layering jadi pilihan Rizki untuk tampilan modest wear yang modern.

“Yang akan saya tampilkan nanti ber-layer modelnya. Karena nanti di sana (Belanda) musim dingin. Jadi, disesuaikan juga (desainnya),” ujarnya.

Dalam mengaplikasikan tenun Sumba, Rizki pun mengakui tidak mudah untuk membuat potongan kain tersebut. “Susah memotong karena kita mengikuti motifnya. Saya lebih selektif lagi dalam memilih motif,” tandasnya.

Ajang Modest Heritage Indonesia di Belanda akan berlangsung pada Desember mendatang. Selain Rizki Permatasari, beberapa nama desainer juga terpilih untuk mengenalkan keindahan kain nusantara yang sudah diolah menjadi busana.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.