Cara Membuat Pie Susu Bali Tanpa Oven, Mudah dan Lezat Menggoda

Oleh Rizky Mandasari pada 28 Okt 2018, 13:20 WIB
Diperbarui 28 Okt 2018, 13:20 WIB
Resep Pie Susu Khas Bali untuk Temani Minum Teh di Sore Hari
Perbesar
Nggak perlu ke Bali, kamu bisa kok bikin pie susu sendiri. Ini caranya! (sumber: bintang)

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang kue pie susu yang sudah sangat terkenal sekali dengan rasanya yang enak, manis dan lezatnya kan. Atau mungkin kamu merupakan salah satu oranng yang ketagihan dengan kue khas Bali ini?

Ada banyak sekali penjual kue satu ini yang sudah cukup terkenal dan mempunyai banyak pelanggan. Beberapa di antaranya dijual dengan harga yang cukup lumayan menguras kantong. Tetapi kalau kamu ingin berhemat, ternyata cara membuat pie susu ini terbilang mudah lho.

Memang, tiap penjual mempunyai bahan campuran yang khusus untuk membuatnya lain daripada yang lain. Untuk itu, kamu bisa mencoba mengkreasikannya sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih lezat dan gurih. Kalau kamu tidak suka manis, sebaik nya beberapa bahan yang mengandung kadar gula cukup besar, seperti susu kental manis bisa sedikit dikurangi. Atau kamu ingin mencoba rasa baru? Penambah rasa seperti cokelat, keju, durian atau yang lain bisa dimasukkan ke dalam nya untuk variasi rasa yang lebih menarik.

Nah tapi masalahnya adalah nggak semua orang memiliki oven untuk memanggang kue ini. Tapi tenang saja, untuk membuat pie susu tanpa oven juga bisa kok. Cukup dengan teflon, kamu bisa membuat pie susu khas Bali di rumah dengan mudah.

Penasaran? Berikut cara membuat pie susu Bali tanpa oven yang Liputan6.com lansir, Minggu (28/10/2018).

2 dari 5 halaman

Bahan - bahan untuk membuat kulit pie:

500 gram tepung terigu

5 butir telur, kuningnya saja

3 sdm gula halus atau gula pasir

150 gram margarin, lalu cairkan

3 dari 5 halaman

Cara membuat kulit pie:

1. Masukkan 5 butir kuning telur dengan 3 sendok makan gula halus ke dalam mangkok, lalu kocok sampai merata, dan sisihkan.

2. Masukkan 500 gram tepung terigu dan 150 ml margarin cair ke dalam adonan telur tadi lalu uleni dengan menggunakan sendok hingga adonannya kalis dan mudah untuk dibentuk.

3. Persiapkan cetakan pie lalu olesi dengan margarin tipis-tipis agar kue pie mudah di keluarkan setelah pie matang nanti.

4. Ambil adonan pie sedikit, lalu bentuk bulat seperti bakso kecil, kemudian pipihkan di dalam cetakan menggunakan kedua jempol dengan cara ditekan-tekan.

4 dari 5 halaman

Bahan-bahan untuk membuat isian pie:

4 butir telur, kuningnya saja

180 ml susu kental manis

3 sdm tepung maizena

120 ml air

5 dari 5 halaman

Cara membuat isian pie:

1. Masukkan 4 butir kuning telur dengan 180 ml susu kental manis ke dalam wadah, lalu kocok hingga rata.

2. Larutkan 3 sendok makan tepung maizena ke dalam 120 ml air, lalu tuangkan ke dalam adonan telur tadi, dan kocok kembali hingga rata.

3. Kemudian saring adonan tersebut supaya adonan isiannya lembut.

4. Setelah itu tuangkan adonan isian ke dalam cetakan pie hingga hampir penuh.

5. Letakkan beberapa kue pie di atas teflon yang sudah dipanaskan, dan panggang selama kurang lebih 35 menit di atas api kecil, kemudian tutup dan lapisi tutupnya dengan kain.

6. Jika pie susu sudah matang, jangan langsung di keluarkan dari cetakan, tunggu dingin dulu.

7. Pie susu tanpa oven kini siap untuk disajikan dengan 1 cangkir teh.

Lanjutkan Membaca ↓