Sukses

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer, Lembut dan Anti Gagal

Cocok sekali untuk teman minum teh atau kopi.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa macam variasi bolu kukus yang kita kenal di Indonesia. Selain terkenal karena kelezatan dan kelembutan tekstur kuenya, kue bolu juga cukup mudah cara membuatnya.

Salah satu variasi bolu yang cukup terkenal adalah bolu pisang kukus. Seperti namanya, kue bolu pisang ini sebenarnya prosesnya sama seperti cara membuat bolu yang biasa, tetapi ditambah dengan campuran bahan pisang yang membuat bolu pisang lembut ini mempunyai citarasa yang khas dibandingkan dengan kue bolu dan jenis kue pisang yang lain.

Bolu pisang dengan cara dikukus ini mungkin memang kurang populer dibandingkan dengan bolu panggang atau jenis bolu kukus yang lain. Tetapi kalau masalah rasa, kue pisang ini tidak kalah lezat lho dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Selain cocok sekali untuk teman minum teh atau kopi, kue bolu juga biasanya sering digunakan untuk hidangan di saat ada acara penting, seperti pesta pernikahan, ulang tahun atau di saat ada acara rapat rapat di kantor.

Untuk hasil yang lezat, sebaiknya kamu bisa menggunakan pisang yang sudah masak betul dan rasa dasarnya juga manis, seperti pisang raja atau pisang ambon. Jenis pisang lain sebenarnya juga bisa digunakan dalam cara membuat kue bolu pisang ini, tetapi hasilnya nanti tidak selembut menggunakan kedua jenis pisang di atas. Sebelum digunakan, buah pisang yang akan digunakan untuk membuat resep bolu pisang kukusnya tak harus benar-bena halus supaya teksturnya pisangnya terasa saat kue bolu kukusnya sudah jadi.

Ingin tahu cara membuat bolu pisang kukus sederhana yang enak, lembut, tanpa menggunakan mixer? Berikut cara membuat bolu pisang kukus tanpa mixer di rumah seperti liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (27/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan-bahan:

- 3 Buah pisang ukuran sedang

- 150 Gram tepung terigu serba guna

- 150 Gram minyak goreng

- 2 Butir telur

- 6 Sdm gula pasir

- 1/2 Sdt soda kue

- 1/2 Sdt baking powder

- 1 Sdt vanili bubuk

- 1/4 Sdt garam

- Gula halus secukupnya

3 dari 3 halaman

Cara membuat bolu pisang kukus:

1. Lumatkan pisang dengan garpu. Tidak perlu sampai halus untuk mempertahankan tekstur.

2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukan pisang lumat ke dalam kocokan telur, tambahkan minyak goreng, dan aduk hingga tercampur rata.

3. Ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, bubuk vanili, dan garam. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur dan pisang.

4. Aduk lipat dengan spatula seperti mengaduk adonan semen agar hasil akhir kue tidak bantat.

5. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng. Tuang adonan ke dalam loyang, kemudian ketuk-ketuk agar permukaannya rata.

6. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan, kemudian masak adonan bolu pisang dengan api sedang selama 30 menit. Bungkus penutup kukusan dengan kain agar uap air tidak menetes ke adonan kue.

7. Tusuk kue dengan lidi untuk memastikan kematangannya. Jika sudah benar-benar matang, angkat dari kukusan dan tunggu sampai mendingin.

8. Keluarkan bolu pisang dari loyang. Taburi gula halus, kemudian sajikan utuh atau dalam keadaan terpotong-potong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.