Sukses

6 Kebiasaan yang Bikin Diet Anda Gagal

Diet Anda gagal terus? Mungkin bukan karena caranya, tapi ada kebiasaan-kebiasaan tak disadari yang Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya kelebihan berat badan terjadi ketika tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori daripada membakarnya. Menurut KlikDokter, Selasa, 23 Oktober 2018, pada 2016 silam, 20,7 persen orang dengan usia lebih dari 18 tahun di Indonesia mengidap obesitas.

Makin banyak orang tak bisa mengendalikan bobot tubuh, maka makin penting untuk lebih mengenal dan mewaspadainya. Salah satu cara efektif yang dilakukan untuk menekan angka berat badan, yaitu dengan melakukan diet. 

Banyak orang berpikir, kegemukan hanya disebabkan makan makanan berlebihan. Namun, kurangnya kemauan dan kontrol diri secara baik juga bisa jadi faktor lain Anda masih belum mendapatkan berat badan ideal.

Sudah berusaha semaksimal mungkin, tapi diet Anda belum juga berhasil? Anda berpikir pasti ada yang salah dalam penerapannya. Eits, belum tentu. Coba perhatikan deretan kebiasaan yang ternyata sanggup menggagalkan diet.

Melewatkan sarapan

Sarapan adalah makanan paling penting sepanjang hari. Melewatkan sarapan cenderung membuat makan lebih banyak saat siang dan malam hari. Rasa lapar ini bahkan membuat Anda ingin makan camilan. Jadi, lebih baik jangan lewatkan sarapan penuh gizi setiap harinya kalau ingin diet Anda berhasil.

Makan sambil melakukan aktivitas lain

Misalnya, makan sambil nonton televisi atau main gawai. Hal itu membuat Anda kurang fokus pada makanan dan menjadi lalai menentukan seberapa banyak makanan yang telah dimakan. Lebih baik, sisihkan waktu 20-30 menit untuk makan dan menikmati santapan agar diet Anda berhasil.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kurang Tidur

Orang dewasa rata-rata butuh tidur berkualitas selama 6 hingga 8 jam per hari agar fungsi tubuh kembali maksimal. Jika tidur tidak sesuai porsi, tubuh akan mudah stres dan akan lebih banyak memproduksi lemak. Otomatis, diet Anda sangat mungkin gagal.

 

3 dari 5 halaman

Tidur di Ruangan Bersuhu Panas

Tekanan suhu cenderung kurang diperhatikan saat tidur. Suhu yang tepat untuk mendukung proses pembakaran lemak adalah 17 derajat celcius. Apabila Anda tidur dengan suhu di bawah 17 derajat, maka pembakaran lemak pun tidak akan berhasil.

4 dari 5 halaman

Olahraga Sebelum Tidur

Hal ini sering dilakukan banyak orang. Namun, jika sedang diet, baiknya tidak berolahraga menjelang tidur karena membuat tubuh semakin stres dan malah membuat makan malamnya jadi tumpukan lemak di dalam tubuh.

 

5 dari 5 halaman

Terlalu Banyak Minum Teh Hijau

Jelas saja, teh hijau memang ampuh untuk menurunkan berat badan. Namun, tak baik juga jika terlalu sering konsumsi teh hijau karena mengandung lebih banyak kafein dibanding segelas kopi. Mungkin Anda dapat minum teh hijau hanya di pagi hari. (Mariany)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.