Kelezatan Kuliner dari Lima Kota di Indonesia Ini Dijamin Bikin Ketagihan! Apa Saja?

Oleh Cahyu pada 23 Okt 2018, 11:44 WIB
Diperbarui 23 Okt 2018, 11:44 WIB
Kuliner Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang begitu beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas dengan cita rasa yang berbeda-beda tetapi bisa dinikmati oleh semua pihak. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang mengagumi kenikmatan kuliner Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita pun sebaiknya melestarikan kekayaan kuliner ini dengan mengonsumsinya dan bantu mempromosikannya ke masyarakat luas. Jadi, kalau Anda sedang berlibur ke suatu daerah, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya ya.

Berikut lima makanan khas dari lima kota di Indonesia yang patut Anda cicipi kalau sedang berkunjung ke sana. Intip, yuk!

1. Tahu gimbal Semarang

Rasanya tak lengkap kalau mampir ke Semarang tapi tidak mencoba tahu gimbal. Makanan ini serupa seperti gado-gado dan ketoprak, berisi tahu, kol, lontong atau ketupat, kecambah, dan bumbu kacang. Bedanya, di makanan ini juga terdapat gimbal udang atau bakwan udang dan telur mata sapi.

Di Semarang, Anda bisa mencoba tahu gimbal Pak Man. Tahu gimbal di tempat ini terkenal karena memiliki rasa bawang putih dan bumbu kacang yang kuat.

2. Pecel Kawi Malang

Malang juga terkenal dengan jajanan-jajanan enak. Salah satu makanan khas Kota Apel ini adalah Pecel Kawi. Sesuai namanya, tempat makan Pecel Kawi ini terletak di Jalan Kawi Atas No. 43. Tempat ini sudah jadi kegemaran banyak orang sejak 1975, lho.

Pecel Kawi menjadi spesial dibandingkan pecel-pecel lainnya karena rasa bumbu kacang yang disiram di atas nasi. Hal ini memberikan sensasi rasa unik nan lezat. Kenikmatannya semakin lengkap dengan tambahan peyek yang gurih.

3. Serabi Notosuman Solo

Salah satu makanan paling populer di Solo adalah serabi Notosuman. Rasanya begitu menggiurkan kalau dinikmati selagi hangat. Teksturnya yang lembut di tengah dengan pinggiran renyah membuat Anda sulit berhenti mengunyahnya. Terlebih lagi, harganya tidak terlalu mahal. Satu porsi terdiri 10 buah serabi dijual dengan harga Rp 20.000 untuk topping polos dan Rp 25.000 untuk topping cokelat.

Makanan tersebut juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena ukuran dusnya tidak terlalu besar dan berat. Anda bisa membelinya di bandara atau di tokonya yang beralamat di Jl. Mohamad Yamin No. 28.

4. Rujak cingur Surabaya

Apabila Anda sedang jalan-jalan ke Surabaya, luangkan waktu sejenak untuk menikmati rujak cingur. Uniknya, komponen utama dari rujak ini adalah potongan cingur alias hidung sapi yang sudah direbus. Ditambah potongan tahu, tempe goreng, kangkung, taoge, bengkoang, mentimun, dan siraman bumbu rujak.

Salah satu tempat rujak cingur di Surabaya yang cukup terkenal adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Tempat makan ini menyajikan cingur yang kenyal dan tidak berbau, sehingga Anda tak perlu merasa 'geli' untuk memakannya.

5. Ayam betutu Bali

Anda penyuka kuliner pedas? Kalau iya, berarti Anda tak boleh melewatkan ayam betutu saat berlibur di Bali. Ayamnya sudah direndam dengan bumbu rempah yang memiliki cita rasa pedas. Ditambah lagi, Anda juga akan disajikan pelecing kangkung dan sambal matah yang tak kalah pedas sebagai pendamping.

Anda akan menemukan banyak restoran ayam betutu di Bali. Namun, salah satu tempat yang paling direkomendasikan adalah Ayam Betutu Men. Restoran ini ada di wilayah Gilimanuk, Melaya, dan Jembrana. Anda bisa memilih restoran yang paling dekat dengan tempat menginap.

Nah, menggiurkan sekali kan pilihan kuliner khas lima kota di Indonesia tersebut? Supaya tak penasaran, rencanakan saja liburan ke salah satu kota tersebut mumpung sebentar lagi gajian.

Soal biaya perjalanan, tidak perlu pusing. Sebab, sebentar lagi akan ada promo Online Tiket Week (OTW) dari tiket.com yang akan berlangsung dari 25 - 31 Oktober 2018. Siap-siap deh tersambar harga gledek dari tiket.com. Iya, murahnya bikin kaget banget!

Selain ada harga terbaik yang bisa bikin tiket pesawat murah, Anda juga bisa booking hotel murah dengan diskon hotel hingga 50%. Asyik banget, kan?

Bayangkan saja, dengan promo OTW dari tiket.com, kamu cukup mengeluarkan uang untuk tiket pesawat ke Bali mulai dari Rp 279.000 saja! Selain itu, kamu juga bisa dapat cashback hingga Rp 5.000.000. Simak detail harga-harga lengkapnya di gambar di bawah ini nih.

tiket.com
Promo Online Tiket Week (OTW) dari tiket.com yang akan berlangsung dari 25 - 31 Oktober 2018,

Cara mendapatkan promo ini pun sangat mudah. Install saja aplikasi tiket.com dan Anda bisa langsung mendapatkannya.

Siap-siap kesamber geledek OTW tiket.com dan selamat menikmati lezatnya kuliner Indonesia!

 

 

(Adv)