Cara Membuat Roti Goreng Empuk, Tanpa Telur dan Mixer

Oleh Rizky Mandasari pada 24 Okt 2018, 12:48 WIB
Diperbarui 25 Okt 2018, 10:13 WIB
roti goreng

Liputan6.com, Jakarta Roti ini merupakan salah satu jenis camilan dari tepung yang populer dan banyak dijual di pasaran. Dan ternyata tidak sulit lho untuk membuat roti empuk walaupun dari bahan yang sederhana. 

Sama seperti cara membuat cakwe ataupun cara membuat donat, cara membuat roti goreng ini juga sangat sederhana. Pada umumnya roti manis, roti tawar ataupun bread lainnya itu tentu memerlukan oven, tetapi tidak semua orang punya oven sendiri di rumah. Nah ternyata bisa juga kok membuat roti yang digoreng dengan mudah. 

Sebenarnya kalau sudah tahu rahasianya pasti sebagian besar kita akan menyukai kegiatan masak ataupun membuat makanan di dapur sendiri. Selain lebih menyenangkan dan bisa menghilangkan stress tentu akan sangat membantu mengurangi pengeluaran belanja setiap bulan.

2 of 5

Tips Membuat Roti Goreng Supaya Empuk dan Tidak Bantat

Salah satu kunci penting untuk membuat adonan roti ini mengembang sempurna adalah fermipannya. Gunakan fermipan yang kualitas bagus dan masih aktif dengan daya mengempang sempurna. Selain itu adonan roti goreng, baik itu menggunakan mixer atau tanpa mixer harus kalis. Kalau memang ternyata setelah dicampur kelihatan adonan roti yang akan digoreng ini kelihatan lembek, kamu bisa menambahkan atau menabur sedikit tepung supaya pas teksturnya.

Jangan lupa diamkan dahulu dan kalau perlu ditutup pakai kain basah supaya mengembang sempurna. Proses pembiaran atau didiamkan ini selama 2 sampai 3 kali, yaitu setelah kalis, setelah dipisahkan sesuai berat dan besarnya adonan yang akan dibuat dan terakhir setelah diisi dengan coklat, keju ataupun sayurannya sesuai selera.

Sebagai salah satu resep makanan rakyat yang banyak disukai orang, roti yang digoreng ini juga terbuat dari bahan bahan sangat dasar sekali. Bahkan kamu bisa membuat roti goreng tanpa telur lho. Tanpa mixer dan tanpa telur tetapi mengembang dan empuk hasil rotinya setelah digoreng. Penasaran? Simak bahan dan cara membuat roti goreng yang dilansir liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/10/2018).

3 of 5

Bahan Adonan dan Bahan untuk Biang

Bahan Adonan:

- 500 gram tepung terigu segitiga biru

- Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sdm gula pasir

- 1 sdm cake emulsifier SP atau TBM berkualitas bagus

- 3 sdm mentega kualitas bagus

- 1/2 sdt garam 

Bahan Untuk Biang:

- 2 sdt fermipan kualitas bagus

- 2 sdm gula

- 260 ml air hangat kuku, jangan terlalu panas nanti tidak mengembang dan berbuih

4 of 5

Bahan Tambahan

- 50 gram tepung terigu

- Air bersih secukupnya sesuai kebutuhan.

- Tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.

- Abon, keju, nutella, coklat atau lainnya untuk isian secukupnya sesuai selera

 

5 of 5

Cara Membuat Roti Goreng:

1. Pertama ambil gelas kemudian beri air hangat bersama dengan fermipan dan gula pasir kemudian aduk aduk sampai rata. Beri tutup kemudian diamkan sampai berbuih sendiri selama kurang lebih 10 menit.

2. Ambil wadah adonan kemudian tuang garam, cake emulsifer, tepung terigu dan gula pasirnya kemudian aduk sampai tercampur rata.

3. Tuang air fermipan yang sudah berbuih ke dalam wadah tepung kemudian aduk kembali.

4. Masukkan menteganya kemudian aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai tercampur rata kemudian tutup dengan kain sampai mengembang atau kurang lebih selama setengah jam.

5. Setelah itu uleni sebentar saja (kalau perlu bisa diberi sedikit taburan tepung lagi) sampai rata.

6. Bagi dan ambil adonan sesuai besar roti yang akan dimasak (kurang lebih 25 gram sampai 40 gram) kemudian pipihkan dan beri isian sesuai selera.

7. Bentuk kembali dengan rapi (mau bulat, lonjong atau terserah selera) kemudian diamkan kembali sebentar kurang lebih selama 5 menit.

8. Aduk tepung terigu dan air buat celupan.

9. Masukkan adonan yang sudah diisi tadi ke dalam celupan kemudian gulingkan atau beri tepung panir.

10. Siapkan wajan dengan minyak dan api sedang, goreng sampai matang dan berubah warna. Jangan terlalu sering dibalik, cukup sekali saja supaya minyaknya tidak terserap terlalu banyak di dalam rotinya.

11. Tiriskan dan siap untuk disantap.

Lanjutkan Membaca ↓