Sukses

Budaya Toraja Jadi Inspirasi Rancangan Novita Yunus di Jakarta Fashion Week 2019

Mengintip koleksi Novita Yunus di Jakarta Fashion Week 2019 yang terinspirasi dari pola dan kebudayaan masyarakat Tana Toraja.

Liputan6.com, Jakarta - Lewat 17 koleksi Tojara Kabaro, busana rancanangan Novita Yunus tampil di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, Senin, 22 Oktober 2018. Dengan konsep out of the box, sesuai namanya, koleksi ini merupakn aplikasi dari inspirasi ragam pola dan kebudayaan masyarakat Toraja di Sulawesi Selatan.

Toraja Kaboro merupakan koleksi busana perempuan yang terdiri dari beberapa pakaian santai dan semi formal, di mana pembuatannya memakai teknik bordir dan motif-motif cetak dalam bentuk kaftan, one-piece, kimono, atasan, dan bawahan dengan model pakaian boxyscissord.

Perpaduan koleksi yang tampil di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 ini pun sangat beragam, yakni tenun pada kain sutra, kain sutra dengan tenun motif khas Toraja, kain tenun Sarita dan beberapa kain dengan motif khas Toraja yang biasanya merupakan hewan maupun tanaman.

Warna yang diaplikasikan pada koleksi ini didominasi hitam, putih, dan cokelat yang terinspirasi dari Tongkonan, rumah tradisional masarakat Tana Toraja yang kaya akan ragam filosofi.

Kemudian, untuk melengkapi tampilan akhir di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019, ditambahkan aksesoris seperti tas rotan dari Kalimantan dan kalung dengan setuhan batu onyx yang membuat nuansa tradisional sangat kentara di koleksi rancangan Novita Yunus. (Ega Maharni)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.