Sukses

Cara Membuat Risoles Mayonaise yang Gurih dan Super Krenyes

Camilan kekinian yang cocok disantap bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Risoles mayonaise atau sering disebut risol mayo merupakan salah satu variasi dari risoles biasa atau risoles klasik. Jika risoles biasa pada umumnya berisi sayuran atau bahan tradisional lainnya, maka cemilan yang satu ini bisa dibilang sedikit modern. Isian yang digunakan adalah paduan beberapa bahan yang dilengkapi dengan saus mayonaise untuk mendapatkan cita rasa gurih.

Pada dasarnya, cara membuat risoles mayonaise hampir tidak ada perbedaan dengan proses pembuatan risoles biasa pada umumnya. Perbedaan utamanya terletak pada bahan isian yang digunakan. Sementara untuk pembuatan kulit, bisa lakukan seperti biasa layaknya membuat risoles klasik.

Sebagai langkah pertama, untuk membuat risoles tentunya harus mempersiapkan kulitnya terlebih dahulu. Kulit ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan telur dan margarin agar kulit tidak lengket saat dicetak nantinya.

Untuk membuat adonan kulit, di sini kamu harus menggunakan susu cair tawar atau susu UHT. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan air biasa atau bisa juga menggunakan santan encer agar lebih gurih. Namun menggunakan susu cair akan membuat adonan kulit lebih lembut daripada menggunakan air biasa.

Untuk memudahkan, gunakan pan atau wajan datar anti lengket sehingga lebih mudah untuk diratakan. Jika menggunakan wajan anti lengket, tidak perlu mengoleskan minyak atau margarin, karena justru akan membuat kulit risoles bergelembung. Namun jika tidak ada pan, kamu bisa menggunakan wajan biasa dengan cara mengolesinya terlebih dahulu menggunakan minyak atau margarin.

Sebagai bahan isian, kamu bisa menggunakan telur ayam yang sudah direbus bersama dengan sosis dan keju cheddar parut. Selain bahan tersebut bisa juga diganti menggunakan bahan lainnya sesuai selera, misalnya saja udang, daging asap, dan lainnya yang penting sehat dan lezat. Ada tips supaya mayonaise tidak belepotan ketika dipakai. Masukkan ke freezer sesaat sebelum mayo digunakan agar teksturnya mengental, baru siap pakai.

Nah berikut cara membuat risoles mayonaise yang Liputan6.com rangkum, Selasa (23/10/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan yang digunakan:

200 gr tepung terigu serbaguna

350 ml susu cair (+/- 2 gelas sedang)

3 sdm margarin, cairkan

1 btr telur ayam

1/2 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk

minyak untuk menggoreng

3 dari 4 halaman

Bahan Isian:

200 gr mayonaise

6 btg sosis, cincang dadu

5 buah telur rebus, belah 6 bagian

50 gr keju cheddar parut

Bahan Pelapis:

1 btr telur ayam, kocok lepastepung roti kasar secukupnya

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Risoles Mayonaise:

1. Buat kulitnya lebih dahulu dengan mencampurkan tepung terigu, susu cair, telur ayam, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata menggunakan balloon whisk hingga semua bahan tercampur merata dan tidak menyisakan gumpalan.

2. Masukkan margarin cair, kemudian aduk lagi hingga merata. Sesuaikan tekstur adonan dengan menambahkan susu cair secukupnya atau bisa juga ditambah air matang.

3. Setelah adonan siap, diamkan dulu beberapa saat agar adonan benar-benar menyatu, kurang lebih 10-15 menit.

4. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil, tuangkan 1 sendok sayur adonan kemudian lebarkan dengan cara memiringkan pan dengan gerakan memutar. Bisa juga dengan cara diratakan menggunakan sendok sayur dengan gerakan memutar.

5. Tunggu beberapa saat hingga kulit risoles matang. Tandanya yaitu bagian atas kulit mengering atau sudah tidak lengket ketika disentuh. Angkat. Buat lagi kulit risoles hingga semua adonan habis.

6. Sekarang saatnya memberi isian, siapkan bahan isian berupa sosis cincang, potongan telur rebus dan keju cheddar parut, kemudian tata di atas kulit risoles.

7. Gulungkan kulit risoles sesuai kinginan. Bisa digulungkan dengan bentuk bulat memajang atau bisa juga dibentuk segi tiga. Lakukan hingga semua kulit dan isian habis.

8. Celupkan risoles ke dalam kocokan telur, setelah itu gulingkan di atas tepung roti kasar hingga seluruh permukaannya terselimuti.

9. Sampai di sini risoles sudah siap goreng, bisa juga disimpan dalam lemari es untuk digoreng kapan saja.10. Untuk menggorengnya, goreng risoles seperti biasa hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

11. Sajikan risoles mayonaise selagi hangat bersama dengan cabe rawit atau saus sambal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini