Sukses

Cara Membuat Salad Buah Yoghurt untuk Diet, Sehat dan Enak

Yuk langsung membuat salad buah.

Liputan6.com, Jakarta Kata salad berasal dari bahasa Latin ‘sal’ yang memiliki arti ‘garam’. Pada waktu itu garam merupakan bumbu yang paling penting untuk memberikan rasa di setiap makanan. Sedangkan kata ‘sal’ diserap ke dalam Bahasa Perancis kuno yang menjadi kata salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Ingris menjadi salad atau sallet.

Jadi konon katanya, pada zaman dahulu saat membuat salad untuk dessert atau hidangan penutup setelah makan besar atau utama adalah hanya sayuran yang dipotong-potong atau diiris-iris lalu dibumbui sedikit garam. Berbeda dengan sekarang yang bebas mengkombinasikan antara salad buah dan salad sayur dengan saus lezat yang dapat diracik sendiri sesuai selera.

Salad buah sendiri merupakan makanan segar yang terbuat dari berbagai macam buah segar dan biasanya disajikan sebagai dessert atau hidangan penutup. Berbeda dengan salad biasanya yang terbuat dari sayuran, jenis dessert ini terbuat dari berbagai macam buah.

Persamaan dari kedua jenis makanan penutup ini adalah proses cara bikin saladnya. Keduanya menggunakan saus mayonaise sebagai bahan untuk mencampur bahan utamanya. Selain itu kalau suka juga bisa juga menggunakan yoghurt buat yang ingin melakukan diet.

Baik salad buah atapun salad sayur keduanya mengandung berbagai macam vitamin, antioksidan dan berbagai kandungan baik lainnya. Makanya jenis makanan ini sangat pas sekali untuk disajikan setelah makan berat atau istilah kerennya dessert. Berbagai kandungan vitamin yang ada di resep salad buah memang bagus sekali untuk kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Salad Buah

Bukan hanya itu saja lho, dessert yang rasanya segar, nikmat dan lezat ini bagus sekali untuk program diet sehari-hari. Karena memang biasanya salad sangat rendah lemak dan karbohidrat. Banyak di antara kita yang biasanya hanya membelinya. Padahal harga satu porsi makanan dessert ini biasanya lumayan mahal bukan. Nah untuk itu, hari ini kita akan memberikan resep cara membuat salad buah yang sehat dan lezat yang mudah dan praktis dibikinnya.

Pada dasarnya sebenarnya jenis dessert dari buah ini dibagi menjadi 2 berdasarkan dressingnya, yaitu yang ringan yang terbuat dari minyak zaitun atau perasan air jeruk. Jenis lainnya yaitu yang berat atau mengandung lemak karena menggunakan mayonaise sebagai dressing-nya.

Sebenarnya semuanya tergantung selera masing masing juga, mau mencoba resep salad mayoniase atau resep salad buah yang ringan. Nah akhir-akhir ini bahkan muncul satu jenis baru, yaitu salad yoghurt. Dari namanya sudah terbayang bukan kalau cara buat salad buah yang terakhir ini menggunakan yoghurt atau susu yang sudah difermentasikan dengan proses khusus. Dan tentu saja, salad buah yoghurt ini lebih sehat dibandingkan menggunakan mayonaise.

Berikut cara membuat salad buah yoghurt untuk diet yang sehat dan enak seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin (22/10/2018).

3 dari 5 halaman

Bahan Salad Buah

Buah-buahan:

- 200 gram buah apel

- 200 gram buah mangga

- 200 gram anggur merah

- 200 gram kiwi

Dressing

- 2 sdm yoghurt plain

- 1 sdm madu- 1/2  sdt zest kulit jeruk

4 dari 5 halaman

Cara membuat :

1. Cara membuat salad buah sederhana untuk diet yang pertama adalah mencuci semua buah segar dengan air mengalir.

2. Kupas dan potong buah apel dan mangga berbentuk dadu dengan ukuran sekitar 2 x 2 cm.

3. Rendam buah apel yang sudah dipotong ke dalam air biasa atau air es agar warnanya tidak berubah kecokelatan.

4. Potong buah anggur merah menjadi dua dan hilangkan bijinya.

5. Potong buah kiwi berbentuk bulat dengan pisau khusus.

6. Buat dressing dengan campurkan semua baan dressing ke dalam satu wadah dan aduk rata.

7. Setelah semuanya siap maka masukkan semua buah ke dalam mangkuk dan campurkan dengan dressing yoghurt yang sudah dibuat sebelumnya.

8. Salad buah siap dikonsumsi.

5 dari 5 halaman

Kombinasi Buah Yang Berbahaya

Selain buah, sebenarnya salad sayur untuk diet juga sangat baik dikonsumsi untuk menu diet. Namun kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi buah dibandingkan sayuran untuk diet. Tetapi sayangnya belum banyak yang tau mengenai bahaya mengkonsumsi buah secara bersamaan teradap kesehatan tubuh. Berikut beberapa kombinasi buah yang justru berbahaya untuk dikonsumsi secara bersamaan.

1. Hindari campuran buah dengan makanan tinggi karbohidrat.

Mencampur buah-buahan yang memiliki asam tinggi dan asam rendah dengan makanan tinggi karbohidrat atau sumber karbohidrat untuk diet seperti labu, jagung, dan roti membuat susah dicerna di dalam tubuh. Dengan begitu pencernaan akan bekerja lebih berat. 

2. Campurkan buah manis dengan buah manis pula.

Buah manis yang dimaksud adalah buah yang tidak mengandung asam sama sekali seperti pisang dan mangga matang. Buah-buahan itu sebaiknya tidak dicampurkan dengan buah yang memiliki rasa asam. Jika dicampur maka justru akan memperlambat pembentukan glukosa  dan memungkinkan terbentuknya racun. Namun untuk diet disarankan tetap mengkonsumsi buah-buahan dengan citarasa yang tidak terlalu manis untuk menghindari konsumsi gula yang berlebihan.

3. Buah netral dengan buah netral.

Cara membuat salad buah untuk diet juga bisa dengan mengkombinasikan buah netral. Buah netral yaitu buah yang kaya akan protein, mineral, minyak, dan vitamin seperti buah alpukat, kacang-kacangan, dan papaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini