Sukses

Cara Membuat Puding Susu Lengkap Dengan Fla

Puding adalah makanan penutup yang digemari banyak orang

Liputan6.com, Jakarta Kenyang setelah menyantap hidangan utama, tentu paling enak dilanjutkan dengan hidangan penutup atau biasa dikenal dengan dessert. Biasanya hidangan penutup adalah makanan bercita rasa manis dan tidak mengenyangkan. Salah satu hidangan penutup paling favorit segala kalangan adalah puding.

Asal mula kata puding berasal dari bahasa Prancis, yaitu boudin yang berarti 'sosis darah', dari bahasa Latin, botellus yang berarti 'sosis kecil'. Istilah pudding digunakan di Eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Di Inggris, istilah puding sering digunakan untuk hidangan penutup yang terbuat dari telur dan tepung, cara memasaknya dengan cara mengukus, merebus, dan memanggang.

Puding yang rasanya manis biasanya dibuat dengan menggunakan bahan baku susu, tepung maizena, tapioka, atau telur. Umumnya dengan rasa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Jenis puding ini dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Selain itu, juga ada puding susu agar-agar. Jenis ini adalah puding yang terbuat dari campuran agar-agar, susu, tepung maizena, dan telur kocok. Puding agar-agar ini juga lezat dihidangkan dengan saus fla. Bagaimana cara membuat puding susu yang lezat? Simak rangkuman liputan6.com dari berbagai sumber , Sabtu (20/10/2018) di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bahan-Bahan:

1 kaleng kental manis

1 bungkus agar-agar

Gula pasir sesuai selera

Vanila secukupnya

Nata de coco sesuai selera

1 liter susu putih cair

3 dari 7 halaman

Cara membuat puding susu:

1. Setelah menyiapkan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa langsung membuatnya. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, siapkan panci berukuran kecil atau tempat memasak lainnya yag biasa kamu gunakan. Lalu masukan satu persatu semua bahan-bahan yang sudah kamu siapkan tersebut terkecuali nata de coco.

2. Kemudian, nyalakan api kompor dengan api kecil. Kemudian aduk-aduk sampai merata dan gula tidak lengket pada panci. Masak semua adonan selama kurang lebih 15-17 menit. Hingga adonan ini benar-benar mendidih atau matang. Ketika memasaknya pastikan kamu terus mengaduk-ngaduknya dengan perlahan. Jika puding adonan tersebut sudah mendidih, kamu bisa langsung mematikan kompor dan mengangkatnya.

3. Diamkan adonan beberapa saat hingga panasnya berkurang.

4. Apabila adonan sudah hangat, kamu bisa memasukan adonan pada cetakan sesuai dengan selera. Kamu bisa menggunakan cetakan unik agar tampilanya lebih cantik dan menarik.

5. Selanjutnya, simpan atau taburkan nata de coco yang sudah disiapkan di atasnya. Selain nata de coco kamu juga bisa menggantinya dengan toping lain sesuai selera.

6. Apabila puding semuanya sudah selesai dicetak, masukkan ke dalam lemari es atau lemari pendingin. Hal ini bertujuan agar ketika disajikan puding terasa lebih lezat dan menyegarkan.

7. Apabila sudah didiamkan beberapa saat dan puding sudah membeku, kamu bisa langsung mengeluarkannya untuk disajikan di tengah-tengah keluarga.

Nah, tentu membuat puding tidak akan lengkap jika tidak dinikmati dengan fla di atasnya. Cara membuatnya pun sama sekali tidak susah. Bahan yang diperlukan pun mudah didapat. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak di bawah ini.

4 dari 7 halaman

Bahan-bahan fla puding rasa vanila:

300 ml susu cair

60 gram gula pasir

1 kuning telur

Tepung maizena secukupnya

1/2 sdt garam

Essens vanilla

5 dari 7 halaman

Cara membuat fla puding rasa vanila:

1. Campurkan tepung maizena dengan air hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.Rebus susu cair dengan api yang kecil.

2. Masukan gula pasir, kuning telur, garam, essens vanilla, dan larutan tepung maizena ke dalamnya.

3. Aduk hingga merata dan mengental.

4. Jika adonannya sudah meletup-letup, angkat lalu dinginkan dengan cara mengaduk-aduknya kembali.

5. Fla puding vanilla ini bisa langsung dicampurkan dengan puding atau disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas.

Jika menurutmu fla rasa vanila terlalu eneg kamu bisa menggantinya dengan fla rasa buah seperti stroberi, cara membuatnya pun tidak kalah mudah.

6 dari 7 halaman

Bahan-bahan fla puding rasa stroberi:

500 gram stroberi

400 ml air

100 gram gula pasir

Tepung maizena

1 sdt air jeruk nipis atau lemon

7 dari 7 halaman

Cara membuat fla puding rasa stroberi:

1. Larutkan tepung maizena dengan air hingga kental.

2. Blender stroberi dengan 100 ml air.

3. Rebus air dan gula pasir hingga mendidih.

4. Masukan larutan tepung maizena, jus stroberi, dan air jeruk nipis lalu aduk hingga merata.

5. Matikan api lalu aduk terus menerus hingga dingin.

6. Saring hingga bersih dan fla buah kini siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.