Cara Membuat Donat JCo ala Rumahan, Empuk dan Anti Gagal

Oleh Rizky Mandasari pada 20 Okt 2018, 16:03 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:50 WIB
Donat

Liputan6.com, Jakarta Donat merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di dunia. Donat sendiri awalnya sudah ada di Amerika Serikat, Inggris, hingga Belanda pada tahun 1800-an. Saat itu, donat disebut dengan roti goreng yang identik dengan bentuk bulat yang memiliki lubang di tengahnya. Biasanya donat akan diberi toping berupa rasa yang manis seperti gula, jeli, maupun selai.

Di Indonesia, tak sedikit pengusaha kuliner yang berinovasi dengan membuat roti goreng berlubang ini. Mereka meramu sendiri camilan satu ini dan dijual dengan harga yang lumayan. Salah satu donat terkenal enak di Indonesia adalah JCo. JCo merupakan sebuah restoran yang menyajikan varian rasa donat, yogurt, hingga kopi. JCo sendiri mulanya didirikan seorang pengusaha donat di Lippo Karawaci pada tahun 2006 silam.

Varian rasa donat di JCo sendiri cukup beragam, seperti heaven berry, choconutzy, green tea, dan banyak lagi lainnya. Selain itu juga JCo mulai menginovasikan agar donat tak selalu identik dengan bentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Beberapa varian menu donat di JCo sendiri banyak yang tak memiliki lubang di tengahnya.

Namun kini kamu tak perlu pergi jauh ke mal dan antre untuk menikmati donat JCo lho. Dirangkum Liputan6.com, Sabtu (20/10/2018), kini kamu bisa mencobanya sendiri membuat di rumah. Begini cara membuat donat ala JCo.

2 of 4

Bahan-bahan membuat donat ala JCo:

300 gram tepung terigu tinggi protein, bisa pakai segitiga biru

2 sdt ragi instan (fermipan)

1/2 sdt garam

2 sdm gula pasir

2 sdm susu bubuk 1/4 sdt ovalet (boleh tidak pakai)

1 butir telur

100 ml air es

50 gram margarin

3 of 4

Cara membuat topping donat:

Dark Chocolate secukupnya

Cokelat Putih sesuai selera

Pewarna Makanan sedikit

Mentega secukupnya

Meses Warna sesuai selera

Kacang Tanah Goreng

Kacang Almond

4 of 4

Cara membuat donat ala JCo:

1. Pertama-tama campurkan tepung terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk dan garam.

2. Selanjutnya masukkan telur, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai adonan menjadi kalis.

3. Masukkan margarin sambil diuleni, lalu tutup dengan kain basah dan diamkan kurang lebih selama 1 jam sampai adonan mengembang menjadi 2x lipat.

4. Setelah mengembang kemudian tinju atau kempiskan adonan agar udaranya keluar, kemudian uleni lagi sebentar. Bagi adonan menjadi bulatan @30 gram, lalu diamkan selama 15 menit.

5. Langkah berikutnya goreng dalam minyak panas dengan menggunakan api kecil. Angkat, tiriskan.

6. Setelah agak dingin, hias dengan topping sesuai selera, sajikan.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by