Sukses

Cara Membuat Seblak Ceker, Pedasnya Nampol

Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan.

Liputan6.com, Jakarta Seblak adalah makanan Indonesia, merupakan makanan khas dari Sunda, Jawa Barat yang bercita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, atau olahan daging sapi, dimasak dengan bumbu tertentu. Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seblak disajikan di rumah makan dan warung, serta dijajakan di gerobak pedagang keliling. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan.

Walau terkenal di Jawa Barat khususnya Bandung, namun beberapa sumber menyebutkan Seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu krupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an. Seblak juga sudah ada di daerah Cianjur bagian selatan sejak dari sebelum kemerdekaan.

Saat ini cara membuat seblak memiliki dua jenis yaitu seblak kering dan seblak basah. Cara membuat seblak kering sebenarnya mirip dengan kerupuk pedas pada umumnya. Seperti basreng (bakso goreng), ceker goreng, makaroni, kerupuk pedas, kerupuk mie pedas dan lain sebagainya.

Sedangkan cara membuat seblak basah, dibuat dengan kuah pedas gurih dengan aroma kencur yang khas. Varian seblak pun kini sudah bermacam-macam, tak hanya mi dan kerupuk basah saja, namun bisa ditambah sayap ayam, sosis, bakso, makaroni, tulang ayam, dan tentu saja yang paling favorit adalah ceker ayam. Nah, bagaimana cara membuatnya, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Jumat (19/10/2018), ini dia resepnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan seblak ceker:

1 kg ceker ayam

1 buah telur ayam

1 buah bawang bombay, iris sesuai selera

3 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

1 ruas lengkuas, geprek

2 gelas air mendidih

Bumbu yang dihaluskan:

5 buah cabe merah tanjung

10 buah cabe rawit

3 siung bawang merah

1 siung bawah putih

3 ruas kencur

2 butir kemiri

1/2 sdm garam

Sedikit penyedap rasa

1 sdt gula pasir

1 sdm kecap manis

3 dari 5 halaman

Cara membuat:

1. Ceker ayam dicuci bersih menggunakan garam dan cuka atau bisa diganti dengan perasan jeruk nipis. Bilas kembali lalu rebus dengan diberi 1 ruas jahe geprek dan beri garam sedikit. Rebus sampai empuk.

2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, masukkan telur ayam dan diorak arik, masukkan irisan bawang bombay, daun salam dan daun jeruk. Tumis-tumis sebentar.

3. Masukkan ceker ayam yg sudah direbus, kemudian masukan 2 gelas air, beri garam, gula pasir, penyedap rasa, kecap manis. Jangan lupa dicicipi rasanya.

4. Bila ingin tambahan topping, bisa masukkan bakso atau mi yang sudah direbus sebelumnya.

Nah, buat kamu yang ingin membuat seblak kering sebagai camilan, bisa juga kok! Berbeda dengan seblak basah, seblak kering merupakan varian seblak yang renyah dan garing seperti kerupuk pada umumnya. Cara membuat seblak kering tentu berbeda dari seblak basah. Seblak basah menggunakan kerupuk yang harus direndam terlebih dahulu. Sedangkan pada seblak kering, kerupuk digoreng langsung dengan bumbu.

Seblak kering bisa saja disebut dengan kerupuk yang berbumbu. Oleh karena itu seblak kering cenderung dapat tahan lebih lama jika dibandingkan dengan seblak basah yang hanya bertahan beberapa jam saja. Nah, di sini ceker juga bisa dibuat menjadi seblak kering lho. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

4 dari 5 halaman

Bahan-bahan membuat seblak kering:

1.Kerupuk bawang

2.Ceker sesuai selera

3.Bawang merah 2 siung

4. Cabe rawit 5 buah. Jika ingin lebih pedas bisa ditambahkan sesuai selera.

5. Kencur 2 ruas.

6. Minyak untuk menggoreng

Baca juga info terkait di sini.

5 dari 5 halaman

Cara membuat seblak kering:

1. Bersihkan ceker kemudian rebus atau juga bisa dipresto agar tulangnya empuk.

2. Angkat ceker, kemudian goreng ceker hingga garing dan krispi.

3. Haluskan atau uleg bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan kencur hingga halus.

3. Tumis bumbu yang telah halus sampai beraroma harum baru masukkan kerupuk mentah. Aduk hingga kerupuk merekah dan tercampur dengan bumbu.

4. Setelah kerupuk merekah, masukkan ceker yang sudah digoreng tadi.

5. Angkat lalu tiriskan dan kemudian masukkan pada wadah tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini