Sukses

Cara Membuat Bakso Sendiri di Rumah Lengkap Dengan Kuahnya, Mudah dan Sehat

Cara membuatnya cukup mudah kok.

Liputan6.com, Jakarta Bakso adalah salah satu makanan Indonesia yang paling digemari oleh seluruh kalangan. Mulai anak-anak hingga orang dewasa. Menurut KBBI, bakso merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat.

Di Indonesia sendiri banyak macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Bahkan kini bakso tidak lagi hanya bulatan daging namun bisa diisi dengan macam-macam. Bisa diisi telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Cara membuat bakso sendiri merupakan seni kuliner yang berakar dari budaya kuliner masyarakat tionghoa. Buktinya berada pada penamaan makanan satu ini: bak-so. Bakso memiliki makna harafiah yakni 'daging giling'. Dikarenakan Indonesia yang memiliki mayoritas masyarakat beragama muslim, cara membuat bakso di Indonesia biasanya menggunakan daging yang halal, misal daging sapi, ayam, kambing, ataupun ikan.

Di Indonesia ini, Solo dan Malang cukup terkenal sebagai pusat makanan bakso. Itu juga mengapa banyak pedagang yang menjual bakso malang maupun bakso solo.

Cara penyajian bakso pun beraneka ragam, ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar, ada pula yang dipenyet dengan sambal. Selain isi dan cara penyajian, bentuk dan ukuran bakso sangat bervariasi. Tidak hanya bulatan, banyak penjual bakso yang kemudian berinovasi ada yang kotak, berbentuk hati, hingga barbel.

Semakin banyaknya persaingan tentu banyak pula pedagang yang berusaha menekan biaya produksi serendah-rendahnya dengan bahan-bahan berbahaya. Tentunya hal tersebut kadang membuat kita khawatir saat akan membeli bakso. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya kita membuat bakso sendiri di rumah. Selain sehat, caranya juga mudah kok. Berikut Liputan6.com sajikan cara membuat bakso di rumah, Jumat (19/10/2018). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan-bahan untuk membuat bakso:

1. Daging sapi giling 1kg

2. Tepung kanji 50 gram

3. Telur 1 butir4.

4 siung bawang putih yang dihaluskan.

5. Garam 1 sdt

6. Lada bubuk 1 sdt

7. Es batu 40 gram, hancurkan

8. Air kurang lebih 2 liter.

3 dari 5 halaman

Cara membuat:

1. Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan.

2. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

3. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

4. Rebus air dalam panci sampai mendidih

5. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.

6. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.

7. Lanjutkan hingga semua adonan habis.

8. Jika bakso telah mengapung maka bakso telah matang. Angkat. 

 

Bakso yang enak tentunya harus dibarengi dengan kuah gurih nan lezat. Cara membuat kuah bakso yang lezat bisa kamu simak di bawah ini.

4 dari 5 halaman

Bahan-bahan kuah bakso:

1. Air 3 liter

2. Garam 2 sdm

3. Tulang sapi 200 gr

4. Bawang merah 5 siung, goreng dan haluskan.

5. Gula pasir 2 sdt

6. Kaldu sapi instan 2 sdt

7. Lada bubuk 1 sdt

8. Bawang putih 7 siung, goreng dan haluskan

9. Daun bawang 4 batang, iris tipis

Artikel menarik lainnya.

5 dari 5 halaman

Cara membuat kuah bakso:

1. Rebus air hingga mendidih.

2. Masukkan tulang sapi

3. Masukkan semua bumbu.

4. Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan daun bawang. 5. Tunggu 3 menit, kuah bakso siap dihidangkan.

Itulah cara membuat bakso di rumah beserta kuahnya. Tanpa bahan pengawet, tentunya sehat dan lezat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini