Sweater Cashmere, Si Mahal Penghalau Dingin

Oleh Novi Nadya pada 18 Okt 2018, 16:15 WIB
Diperbarui 20 Okt 2018, 11:20 WIB
Sweater cashmere Uniqlo

Liputan6.com, Jakarta - Selain jaket, sweater juga bisa menghalau dingin. Bahan yang digunakan umumnya berupa cashmere dan wol. Dengan padu padan tepat, sweater bisa membuat penampilan Anda jadi lebih modis.

Sebagai basic dan essential item, sweater jadi salah satu koleksi rajutan populer dari retailer asal Jepang, Uniqlo. Brand tersebut baru-baru ini mengenalkan seri terbaru, Extra Fine Merino, berbahan 100 persen cashmere.

Cashmere dikenal sebagai bahan mewah yang mendapat julukan permata serat karena sangat berharga, nyaman, lembut, dan ringan dipakai. Seri Extra Fine Merino jadi koleksi terbaru Knitwear Fall/Winter 2018 yang eksklusif tersedia di Uniqlo Grand Indonesia dan Pondok Indah Mall mulai 1 Oktober 2018.

Liputan6.com berkesempatan mencoba kemewahan dan kenyamanan sweater cashmere yang dijanjikan Uniqlo lewat koleksi terbarunya. Meski model sweater kerah V klasik ini terkesan simpel, pemilihan bahan dan teknologi yang dipakai oleh retailer pemilik konsep lifewear ini selalu up-to-date.

Telah menggunakan bahan cashmere sejak 2003, Uniqlo mengklaim, bahan sweater dihasilkan dari bulu kambing cashmere yang langka dan hanya dicukur setahun sekali. Selain itu, material alaminya diklaim sebagai kualitas terbaik di dunia.

Usai dicoba, sweater ini memang super lembut dan tak menyebabkan gatal-gatal saat dipakai meski tanpa pakaian dalam. Bahannya yang tebal membuat badan tetap hangat dan nyaman seharian meski berada di ruangan ber-AC.

Dengan potongan kerah V, Anda bisa menambahkan scarf untuk dililit di leher bila membutuhkan kehangatan yang lebih, terutama saat musim penghujan. Sementara bila Anda mudah berkeringat, Anda bisa mengatasinya dengan memakai innerwear AIRism dari Uniqlo.

 

2 of 2

Tips Menjaga Cashmere

Sweater Uniqlo
Serat mewah sweater Extra Fine Merino koleksi Fall/Winter 2018 Uniqlo

Bahan cashmere juga membuat air yang tumpah ke sweater lebih mudah kering. Anda cukup menaruh tisu di bagian yang terkena tumpahan agar air mudah terserap. Dengan potongan yang simpel, sweater bisa dipadu-padan sesuai selera Anda.

Misalnya, gaya kasual yang lekat dengan sweater bisa dipadu celana denim vintage dan skinny belt. Namun, gaya formal bisa tercipta lewat penggunaan celana bahan dan kemeja di bagian dalam serta sepatu berhak tinggi.

Karena bahan ini mahal, perawatan yang tepat jadi kunci menjaganya tetap awet. Salah satunya dengan hanya melakukan dry clean. Setelah dipakai, sweater langsung diangin-anginkan untuk menghilangkan kelembapannya. Jangan lupa memberi jeda setelah pemakaian terakhir, sekitar 2-3 hari sebelum dikenakan kembali.

Jika muncul gulungan bulu pada serat cashmere, jangan menariknya. Cara terbaik gunting dan potong satu per satu. Bila disimpan dalam waktu lama, beri kamper atau bahan penyerap kelembapan lainnya agar kualitas bahan ini tetap terjaga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sweater Uniqlo
Sweater Extra Fine Merino koleksi Fall/Winter 2018 Uniqlo
Lanjutkan Membaca ↓