Sukses

4 Negara ASEAN Ini Akan Adu Cepat di IDBR Tanjung Pinang 2018

Tim Dragon Boat putra Indonesia berlatih untuk International Boat Race (IDBR) 2018 Tanjung Pinang.

Liputan6.com, Tanjung Pinang Kepulauan Riau tidak habis-habisnya menggelar atraksi keren. Kali ini, ada International Dragon Boat Race (IDBR) 2018 di Tanjung Pinang. Event ini dijamin seru. Karena, akan melibatkan peserta dari 4 negara ASEAN. Selain tuan rumah Indonesia, ada Singapura, Malaysia, hingga Brunei Darussalam. IDBR akan digelar selama 2 hari, 19-20 Oktober 2018. Venuenya di Perairan Sei Carang, Tanjung Pinang.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata RI Ni Wayan Giri Adnyani mengungkapkan, IDBR menjadi event dengan experience terbaik.

“IDBR menjadi atraksi terbaik di akhir pekan ini. Semua kontestan terbaik akan berada di sini. Mereka akan mempertontonkan kekuatan untuk menjadi juara. Yang jelas, IDBR 2018 ini memberi experience terbaik bagi para pengunjungnya,” ungkap Giri Adnyani, Selasa (16/10).

IDBR 2018 akan diikuti oleh 44 tim. 10 tim diantaranya berasal dari mancanegara. Malaysia menjadi peserta asing terbesar dengan 7 tim. Sedangkan Brunei Darussalam menurunkan 2 tim. Diikuti Singapura dengan 1 tim.

Sedangkan dari nasional, Jakarta menurunkan 2 tim, Riau 3 tim, dan Jambi 5 tim. Sedangkan sisanya adalah peserta lokal Kepulauan Riau dengan total 24 tim. Dari jumlah itu, slot 14 tim ini diberikan kepada Tanjungpinang. Sisanya, Kabupaten Batam mengirimkan 4 tim, dan Karimun dan Polda Kepulauan Riau dengan 1 tim.

“Ini event besar. Jumlah peserta akan terus bertambah. Sebab, branding besar juga sudah dilakukan pada tiga negara ASEAN tersebut,” terangnya lagi.

Beragam publikasi sudah dilakukan, termasuk memanfaatkan fungsi dari media sosial (medsos). Medsos yang digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, hingga Youtube. Treatment lain juga diberikan dengan membagikan brosur ke kapal-kapal ferry di rute internasional. Penguatan kerjasama juga dilakukan. Pilihannya dengan Bintan Resort Cakrawala (BRC).Branding juga dilakukan BRC.

Demi mengoptimalkan aksesibilitas wisatawan, BRC menyediakan bus-bus gratis. Bus ini akan melakukan antar jemput dengan rute Lagoi-venue IDBR. Bukan hanya itu, IDBR juga dibranding melalui Consumer Selling dan Sales Meeting Hot Deals di Singapura dan Johor Baru (Malaysia).

“Untuk menguatkan branding dan optimalisasi kunjungan wisatawan mancanegara, kerjasama dengan stakeholder pun sudah dilakukan. BRC bahkan menyampaikan langsung event ini kepada setiap wisatawan yang datang ke kawasan Lagoi. Promosi juga dilakukan saat sales mission,” jelas Giri Adnyani lagi. Dukungan besar diberikan Kemenpar. Tindak lanjut lainnya adalah penguatan kerjasama dengan ASITA.

ASITA sudah menyiapkan beragam paket wisata di Tanjung Pinang. Wisatawan akan diajak menikmati beragam destinasi terbaik Tanjungpinang. Sebut saja ada Pantai Impian Tanjung Pinang, Pantai Tanjung Siambang, Bukit Kursi Pulau Penyengat, dan Areca Waterpark. Alternatif lain, Tugu Pensil, Vihara Avalokitesvara Graha, atau Masjid Raya Sultan Riau. Ada juga program city tour bagi para wisatawan. Selain itu, program Hot Deals juga ditawarkan. Paket wisata dikemas dengan cara unik dan harga menarik. Harga murah tersebut merupakan kombinasi dari tiket ferry dengan potongan harga hotel, spa, golf, belanja, dan tur.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh menegaskan, IDBR menjadi event besar dengan harga super ramah.

“Ada beragam paket wisata terbaik yang sudah disiapkan oleh industri. Paket-paket ini pun ditawarkan dengan harga murah. Ada banyak discount dan keuntungan yang didapatkan oleh wisatawan apabila berkunjung ke IDBR. Sebab, ada banyak atraksi yang akan ditampilkan di sana,” tegas Masruroh.

Experience pengunjung semakin lengkap dengan lomba kayak, pameran produk, dan beragam parade budaya. Kuat dengan budaya Melayu, Tanjungpinang ini memiliki budaya unik. Ada Tari Persembahan, Tari Kreasi Jenang Perkasa, Tari Melemang, Tari Makyong, Tari Zapin, atau juga Tari Tandak.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, IDBR momentum terbaik menikmati akhir pekan.

“Segera atur perjalanan Anda menuju Tanjungpinang. Manfaatkanlah beragam program Hot Deals yang ditawarkan. Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari situ. Yang jelas, IDBR ini akan jadi momentum liburan terbaik. Akskesibilitas menuju ke sana mudah. Jalur udara atau laut sama bagusnya. Untuk amenitas juga pilihannya banyak,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sukses membawa Kemenpar menjadi nomor satu dan terpilih sebagai #TheBestMinistryOfTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini