Sukses

9 Tempat Wisata Kuliner Hits di Bandung, Manjakan Lidah dengan Makanan Lezat

Setiap sudut kota ini menyimpan kuliner yang menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Bandung adalah salah satu kota wisata Indonesia yang tak pernah sepi pengunjung. Udara yang sejuk, warga yang ramah serta kota yang tertata rapi menjadi magnet tersendiri untuk selalu kembali ke kota ini. Ada banyak tempat wisata Bandung yang cocok dikunjungi untuk menghabiskan hari libur.

Bandung dikenal memiliki beragam tempat wisata yang asyik dan seru untuk dikunjungi. Banyak tujuan destinasi wisata di kota ini yang bisa kamu kunjungi dari bagian utara, selatan, barat dan timur. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, sampai wisata kuliner.

Belum lagi setiap sudut kota ini menyimpan kuliner yang menggugah selera. Banyak tempat restoran yang menyuguhkan menu makanan lezat. Nah, buat kamu pecinta kuliner, coba deh kunjungi tempat-tempat berikut ini yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/10/2018) sebagai tujuan tempat wisata kuliner kalau liburan di Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Food market dengan banyak pilihan makanan

1. Sudirman Street Bandung

Jalan Sudirman Bandung ini punya ragam dan aneka pilihan kuliner yang menggugah selera. Hampir semua jenis kuliner dunia ada di tempat wisata kuliner ini. Kamu bisa mencicipi kuliner Asia, Timur Tengah hingga kulier Eropa. Kawasan ini makin cantik dengan hadirnya beberapa hiasan mural yang lucu. Makin asyik, pedestrian di kawasan Jalan Sudirman sudah lebih lebar dan lapang sehingga benar-benar menjadi surga bagi para pejalan.

2. Paskal Food Market Bandung

Paskal Food Market berlokasi di Paskal Hypersquare, tepatnya di Jalan Pasir Kaliki Nomor 25-27, Bandung. tempat wisata kuliner di Bandung paling hits ini menyajikan beragam menu makanan yang bisa kamu pilih sepuasnya. Tidak kurang dari 1001 menu tersedia di sini dengan tata ruang yang rapi. Salah satu menu yang menjadi favorit adalah Iga Bakar Si Jangkung.

Saat malam hari, tempat ini merupakan tempat yang romantis, karena sebagian penerangan adalah lampu pijar kuning lengkap dengan hiasan obor di bagian outdoor. Paskal Food Market juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang digemari para turis mancanegara.

3 dari 5 halaman

Tempat makan legendaris yang sudah berdiri selama puluhan tahun

3. Toko You Bandung

Toko You adalah satu tempat wisata kuliner legendaris di Bandung dengan nuansa klasik yang sudah ada dari tahun 1947. Tempat makan ini menyajikan berbagai menu khas Indonesia dan Chinese food. Toko You memiliki ciri khas sebagai salah satu resto yang menjual kuliner-kuliner nostalgia tahun 1990-an. Menu favoritnya adalah yamie. Toko You ada di Jalan Hasanuddin No 12 Bandung.

4. Sumber Hidangan

Berdiri sejak tahun 1929 terletak di Jalan Braga No. 20-22, tempat wisata kuliner satu ini merupakan salah satu perusahaan pembuat roti, kue dan aneka kudapan serba manis lainnya. Selain itu, tempat ini juga menjual es krim homemade dengan citarasa yang berbeda dengan es krim yang ada di zaman sekarang. Di sini, kamu masih bisa menemukan camilan khas Belanda. Ada Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes.

Selain menyantap aneka hidangan lezat, kamu juga bisa menikmati interior tempat ini yang akan membuatmu merasa sedang nostalgia zaman dulu. Di sini kamu bisa menemukan barang-barang antik seperti timbangan zaman dulu juga mesin kasir jadul.

5. Warung Kopi Purnama

Tempat wisata kuliner ini sudah menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi semua kalangan. Warung ini sudah berdiri sejak 1930, dan masih eksis hingga sekarang. Awalnya, warung ini bernama “Chang Chong Seng” yang memiliki arti “sekali mencoba, kamu pasti suka”. Warung kopi legendaris ini menyajikan berbagai menu spesial nan unik yang bisa membuatmu tergoda. Mulai dari menu sarapan ala tempo dulu hingga makanan ringan seperti lumpia goreng. Menu yang wajib kamu coba di sini adalah kopi susunya dan roti selai sarikaya. Warung Kopi Purnama alamatnya di Jalan Alkateri No. 22 Braga Bandung.

4 dari 5 halaman

Makan dengan nuansa pedesaan nan sejuk

6. Kampung Daun Bandung

Kampung Daun adalah sebuah tempat wisata kuliner terbaik di kota Bandung, dengan menawarkan konsep galery alami dan cafe atau biasa disebut dengan istilah Cafe and Cultur Gallery. Kalau mau kulineran di tempat wisata romantis di Bandung, kamu bisa berkunjung ke restoran yang ada di Jalan Sersan Bajuri No 88 Bandung ini. Di sini kamu bisa menikmati suasana resto yang didesain dengan ornamen tradisional serta alam pedesaan yang hening, fresh dan berhawa dingin.

Tempat ini nggak cuma menyajikan kuliner khas Pasundan, Jawa Barat saja. Tapi kamu juga bisa menikmati Soto Betawi, Soto Kudus hingga Nasi Liwet Solo. Untuk minumannya pun beragam dari bandrek atau wedang ronde yang menghangatkan badan hingga es cendol atau es cincau.

7. Dago Panyawangan Bandung

Dago Panyawangan merupakan tempat wisata kuliner di Bandung yang wajib kamu kunjungi jika ingin menyantap makanan menu Sunda. Dago Panyawangan salah salah satu tempat makan favorit yang menjadi buruan wisatawan baik dalam dan luar negeri yang menyukai aneka menu kuliner tradisional Sunda. Dago Panyawangan sendiri berlokasi di Jalan Ir. H.Djuanda No.127, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Tempat ini menawarkan suasana rumah makan yang nyaman dengan udara sejuk yang akan membuatmu betah berlama-lama.

5 dari 5 halaman

Kuliner khas bandung banget

8. Roti Bakar Cari Rasa Kosambi

Roti Bakar Cari Rasa Kosambi merupakan roti legendaris yang sudah mengisi perut warga Bandung lebih dari 60 tahun. Dikenal dengan sebutan roti bumbu, roti isi ini sering jadi camilan dan oleh-oleh warga Bandung sejak tahun 1950. Bahkan Roti Cari Rasa diklaim sebagai roti bakar pertama di Bandung. Toko Roti ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No148 (Kosambi) Kota Bandung dan menyediakan lima varian menu dengan berbagai macam ukuran. Di antaranya adalah roti bumbu biasa, roti rasa cokelat, roti campur keju, roti keju, dan roti kornet.

9. Batagor Riri

Salah satu batagor paling enak dan terkenal adalah Batagor Riri. Tempat wisata di Bandung ini sudah ada sejak 1985. Dengan bumbu kacang yang spesial, batagor Riri menjadi idaman para wisatawan. Tidak hanya batagor, di tempat ini juga menyediakan jenis makanan lainnya seperti siomay, mi, bubur ayam dan aneka minuman jus. Batagor Riri ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Bandung. Salah satunya ada di Jalan Burangrang No. 41, Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini