7 Spot Wisata Jawa Timur Ini Mirip dengan Destinasi Wisata Luar Negeri

Oleh Septika Shidqiyyah pada 17 Okt 2018, 14:29 WIB
Wisata Jawa Timur Mirip Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata lengkap. Wilayah ini menawarkan beragam wisata alam seperti pegunungan, pantai, gua, hingga air terjun. Tak ketinggalan hadir juga wisata budaya lewat festival-festival seni. Sayangnya, tiap menyebut spot wisata di Jawa Timur yang terlintas pasti hanya Bromo saja.

Jika kamu mengira wisata Jawa Timur hanya terpaku di kawasan Bromo saja maka kamu keliru nih. Pasalnya, wisata Jawa Timur nggak cuma punya kawasan Bromo aja yang populer di kalangan traveler. Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki destinasi unggulan masing-masing lho. Nah, menariknya beberapa spot wisata Jawa Timur disebut-sebut mirip dengan destinasi wisata di luar negeri. Nggak percaya? Dihimpun liputan6.com Rabu (17/18/2018) dari berbagai sumber, yuk langsung cek rangkuman berikut ini.

2 of 8

1. Taman Nasional Baluran Dijuluki Little Africa

[Bintang] Jawa Timur
Taman Nasional Baluran, Banyuwangi, Jawa Timur. (Sumber Foto: balurannationalpark.web.id)

Ternyata nggak cuma Afrika yang memiliki padang savana, di jawa timur juga terdapat padang savana yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Namanya Taman Nasional Baluran (TNB) yang terletak di Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih, kab. Situbondo. Taman Nasional Baluran memiliki hamparan padang rumput yang luas.

Baluran mendapat julukan Africa Van Java atau Little Africa. Julukan tersebut memang sangat pantas, karena di dalam TNB terdapat padang Savana yang sangat luas dengan banyak satwa liarnya. Banteng, rusa, ular, kerbau, monyet ekor panjang yang lumayan buas, kerbau dan burung meraj yang indah, semua ada di Baluran. Keberadaan satwa liar ini menjadi ciri khas kawasan konservasi Taman Nasional Baluran.

Luas Taman Nasional Baluran 25 ribu hektare dengan memiliki beberapa jenis hutan, satwa dan tumbuhan dan 40%nya adalah Vegetasi savana. Baluran juga disebut sebagai miniatur hutan Indonesia karena hampir seluruh tipe hutan ada di Baluran. Di dalamnya terdapat Vegetasi Savana, hutan Mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

3 of 8

2. Goa Gong Pacitan Mirip dengan Goa Phong Nha-Vietnam.

Pacitan menawarkan wisata goa yang dikenal dengan nama Goa Gong yang menawarkan pemandangan indah dari stalaktit dan stalamit yang begitu menakjubkan. Goa ini bahkan menjadi salah satu dari tujuh tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Pacitan. Bahkan karena keindahan stalaktit dan stalakmit yang dimiliki membuat Goa Gong menjadi goa terindah se-Asia Tenggara. Goa ini berada diantara gunung-gunung berapi non-aktif yang ada di Jawa Timur seperti Gunung Manyar di sisi utara, Gunung Gede di sisi timur, Gunung Karang Pulut di sisi selatan, dan juga Gunung Grugah di sisi barat. Kedalaman Goa Gong mencapai 256 meter dan dibutuhkan waktu 2 jam untuk menelesuri keseluruhan area goa.

Goa Gong masuk dalam kawasan Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamtan Punung. Dari mulut goa, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dimana terdapat sebuah pagar kristal yang sangat indah, dibalut dengan pancaran lampu yang tidak kalah menarik. Pemandangan di dalamnya tak kalah dengan goa Phong Nha yang ada di Vietnam. Di ujung goa, pengujung juga akan menemukan stalaktit yang sangat besar dan ketika dipukul akan mengeluarkan suara ‘gong’, seperti suara gong dalam gamelan.

4 of 8

3. Bukit Kapur Madura Indahnya Seperti di Turki

Bukit Kapur Jaddih di Madura merupakan tempat wisata Jawa Timur yang layak untuk kamu kunjungi jika mencari tempat instagrammable. Dahulunya, Bukit Kapur Jaddih atau lebih dikenal dengan nama Bukit Jaddih adalah sebuah penambangan batu kapur putih dan bukan tempat wisata yang dikunjungi banyak wisatawan layaknya sekarang. Samun, sisa-sisa penambangan batu kapur itu membentuk pemandangan menakjubkan yang dapat membius wisatawan. Bukit-bukit penambangan tak hanya menyisakan pahatan atau ukiran saja. Namun, juga menghasilkan gua-gua kecil yang tak kalah menarik. Berkat penampakannya yang unik, spot wisata ini sering disebut mirip dengan Cappadocia di Turki. Bukit yang berada di wilayah Bangkalan ini juga memiliki kolam renang bernama Gua Potte.

5 of 8

4. Patung Budha Empat Wajah Serupa dengan Monumen di Thailand

Selain di Bangkok, patung Buddha 4 wajah juga dibangun di kawasan Pantai Ria Kenjeran, sekitar 8 km dari pusat Kota Surabaya, Jawa Timur. Dibangun sejak 2003 dan diresmikan berdiri pada 2004, Patung Buddha 4 Wajah ini kerap menjadi destinasi wisata alternatif bagi mereka yang ingin merasakan angin pantai sambil menikmati suasana yang hening.

Kompleks Patung Buddha 4 Wajah dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektar dengan bangunan berukuran 9x9 meter. Patung Buddha 4 wajah ini serupa dengan yang ada di Bangkok, Thailand, yang melambangkan wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan dari kejahatan. Patung yang didaulat sebagai patung tertinggi di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia ini dilapisi oleh emas, sehingga nampak berkilau meski dilihat di malam hari.

6 of 8

5. Hutan Bambu di Surabaya serasa di Hutan Bambu Sagano – Jepang

Sepintas melihat Hutan Bambu Keputih bakal mengingatkanmu akan keindahan Hutan Bambu Sagano di Jepang. Dikelilingi pepohonan bambu yang rindang, nuansa asri terasa sekali saat mulai menjelajahinya. Terletak di atas tanah 8,5 hektar, Hutan Bambu Keputih memang tidak terlalu luas. Namun, dengan empat jalur penjelajahan yang berbeda sudah cukup buat pengunjung melepaskan penat di kepala sambil hunting foto.

Menariknya Hutan Bambu Keputih dulunya merupakan tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Sebelum akhirnya disulap oleh Pemprov Surabaya menjadi sebuah hutan bambu serta taman bermain yang dapat digunakan warga berekreasi.

7 of 8

6. Menyusuri Sungai Maron di Pacitan Layaknya Menjelajah Amazon

Pacitan menjadi destinasi wisata Jawa Timur yang sangat populer. Bukan cuma karena memiliki pantai dengan panorama yang indah, namun juga karena adanya Sungai Maron. Sungai ini cukup lebar dan sekelilingnya dipenuhi oleh pohon-pohon yang rimbun. Berkat suasana hijau yang menawan, spot ini disebut juga sebagai Sungai Amazonnya Indonesia.

Sungai maron di Pacitan ini memiliki warna kehijauan. Hal ini lantaran sungai tersebut cukup dalam. Bahkan bagian terdalamnya mencapai 20 meter dan airnya sendiri sangat jernih. Sungai ini memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer. Wisatawan bisa menyusuri sungai ini dengan perahu yang disewakan di sana.

8 of 8

7. Atlantis Land, Disneyland ala Surabaya

Atlantis Land yang berada di kawasan KenPark Surabaya ini terinspirasi dari konsep Universal Studio Singapore dan Disneyland. Taman hiburan seluas 15 hektare ini didesain langsung arsitek asal Australia. Spot wisata Jawa Timur ini terlihat glamour dengan bentuk gedungnya yang mewah layaknya berada di istana negeri dongeng. Bagian Indoor maupun outdoor dilapisi oleh gemerlap lampu-lampu indah disetiap sudut bangunan semakin memberikan kesan megah. Atlantis Land Surabaya sendiri dibuka pada tanggal 23 Desember 2017 lalu.

 

Atlantis Land berlokasi di jalan Kenjeran, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya Jawa Timur. Selain adanya aneka ragam wahana bermain dan pemandangan negeri dongeng yang apik, Atlantis Land juga punya pemandangan indah air mancur pelangi setiap pukul 19.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓